--> Skip to main content

Revalidasi Sertifikat Pelaut

7 Sertifikat COP tidak Perlu Di Revalidasi

Banyaknya berbagai sertifikat ketrampilan (COP) pelaut membuat sebagian besar pelaut mengeluhkan hal ini, karena dengan harusnya memiliki berbagai sertifikat membuat biaya yang harus di keluarkan oleh para pelaut tidak sedikit.

Apalagi setelah memiliki banyak sertifikat tidak berimbang dengan gaji yang diterima ketika sudah onboard, beruntung bagi mereka yang bekerja onboard di perusahaan besar dan menggaji dengan standar gaji yang layak, membuat sertifikat sesuai tuntutan penunjang ketrampilan di suatu jenis kapal tidak terlalu menjadi beban dan masalah.

Informasi ini sudah lama beredar dan benar adanya setelah saya tanya ulang di suatu badan diklat ketrampilan pelaut, kurang lebih sudah 1 tahun peraturan ini berlaku sejak di tetap kan pada tanggal 18 oktober 2018. lihat gambar pengumuman langsung dari KemenHub DirJen PerLa di bawah:

Surat Edaran Pelaksanaan Revalidasi Program Diklat Kepelautan

Informasi pengumuman ini sedikit mengurangi beban pelaut dan menjadi kabar yang baik, pengumuman diatas tentang Pelaksanaan Revalidasi Program Diklat Kepelautan dan berdasarkan ketentuan Table B-1/2 Liat of Certificate or documentary evidence required under the STCW Convention yang terdapat pada buku STCW 2010 Edisi tahun 2017.

Di bawah ini informasi pengumuman yang di terbitkan oleh PIP Semarang (Politeknik Ilmu Pelayaran) yang berisi tentang beberapa sertifikat yang tidak perlu di revalidasi:
Pelaksanaan Revalidasi Program Diklat Kepelautan
Beberapa sertifikat yang tidak perlu di revalidasi anda 7 sertifikat yaitu diantaranya:
  1. Crowd Management Training (CMT)
  2. Crisis Management & Human Behavior Training (CMHBT)
  3. Medical First Aid (MEFA)
  4. Medical Care (MC)
  5. Ship Security Officer (SSO)
  6. Security Awareness Training (SAT)
  7. Seafarers with Designated Security Duties (SDSD)
Itulah informasi yang sangat bermanfaat bagi pelaut dan saya baru sempat mempostingnya.

Beberapa minggu ini saya telah melakukan revalidasi 5 sertifikat dan ada sertifikat SAT yang akan menginjak 5 tahun (habis masa berlakunya) tetapi seperti info di atas untuk SAT tidak perlu di revalidasi.

Sekedar info seputaran revalidasi sertifikat, satu sertfifikat yang perlu revalidasi adalah BST keluaran Pertamina dan untuk Revalidasi BST keluaran pertamina dan di revalidasi di pertamina juga (PMTC) biaya Rp. 600.000,- dan dengan rincian sebagai berikut:
  • Biaya pendaftaran Training Revalidasi Rp. 451.000,-
  • Biaya penunjang Revalidasi BST Ro. 149.000,-
Jadi total biaya revalidasi : Rp. 600.000- dan praktek & assesment 1 hari di Pertamina Plumpang.

4 Sertifikat yang lain keluaran STIP dan BP3IP, Saya revalidasi di PolTekPel Banten dulu bernama BP2IP Tangerang, untuk biaya rincian sebagai berikut:
  • Biaya Pendaftaran: Rp. 100.000,-
  • Biaya Revalidasi per sertifikat: Rp. 280.000,-
  • Biaya ke absahan per sertifikat: Rp. 25.000,- (jika sertifikat bukan keluaran PolTekPel Banten)
  • Biaya lain-lain Rp. 112.000,- di koperasi (scan dokumen, CD Softcopy dokumen, fotocopy warna, Foto hitam putih)
Itulah sedikit pengalaman tentang revalidasi sertifikat COP yang pernah saya urus smoga anda manfaat bagi pengunjung blog.

Salam Pelaut Jaya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar