--> Skip to main content

Biaya Revalidasi Sertifikat Pelaut di Pertamina Maritime Training Centre Jakarta

Proses Revalidasi BST Di PMTC Jakarta

Revalidasi sertifikat sudah biasa dilakukan oleh seorang pelaut dan saya pribadi memiliki profesi itu, dan sudah 3 kali melakukan Revalidasi, yang terbaru di bulan Oktober saya Revalidasi BST (Basic Saftey Training) di Pertamina Maritime Training Centre di jakarta.

Untuk Revalidasi di PMTC sekarang harus praktek dan mengikuti assessment dan ini merupakan perbedaan revalidasi di Pertamina Training Centre di banding tempat diklat lain.

Pada proses pendaftaran revalidasi, yang pertama kita siapkan yang pasti sertifikat yang akan di revalidasi sperti contoh pengalaman pribadi revalidasi BST dimana sertifikat BST saya keluaran dari PMTC namun tetap harus mengikuti praktek dan assessment yg pada revalidasi sebelumnya belum ada keharusan atau aturan ikut praktek dan evaluasi praktek hanya setor sertifikat yg akan di revalidasi, yang penting keluaran Pertamina.

Yang harus kita siapkan sebelum mendaftar di PMTC cukup simple dan sesuai pengalaman yang saya persiapkan hanya:
  • BST dan Fotocopy (yg akan di revalidasi) 
  • EKTP dan fotocopy 
  • Sertifikat Kesehatan yg masih berlaku 

Dan untuk proses pendaftaran revalidasi, sebisa mungkin kita datang ke PMTC pagi hari pada hari dan jam kerja (senen-jumat)
1. Datang ke PMTC dan sudah menyiapkan berkas serta dana pendaftaran sekitar Rp. 600.000,- (keluaran Pertamina), bila bukan keluaran Pertamina siapkan dana lebih dari 600 ribu, nambah sekitar 200 ribu lebih.

2. Ada banyak loket yang ada di PMTC, yang pertama kita tuju ruang pendaftaran sebelah bank BRI, masuk dan lapor mendaftar ke depan pintu masuk dan siapkan berkas yang saya sebut diatas kemudian mengisi formulir Biodata peserta seperti gambar dibawah ini;

3. Setelah berkas di cek dan lengkap lanjut setor berkas ke loket sebelahnya untuk input data dan di upload berkas revalidasi seperti terlihat di gambar berikut:

Tanda Bukti Upload Pertamina Maritime Training Centre
Data yg di upload;
  • Biodata Revalidasi BST 
  • BST 
  • Kesehatan R-BST 
  • KTP
Tanda bukti upload ke server local Pertamina Training Center di atas hanya sebagai keterangan bahwa sudah melaksanakan upload dan hanya digunakan untuk verifikasi saja.

Berkas setelah di upload kemudian melakukan pembayaran biaya diklat revalidasi, ikuti petunjuk dan arahan dari petugas loket.

4. Kita diberi bukti pendaftaran berupa biaya diklat pendaftaran sebesar Rp. 451.000,- yang harus di bayar sebagai biaya pendaftaran di loket yang telah di tunjuk.

Bukti Pendaftaran Peserta Training
5. Setelah melakukan pembayaran di loket yang telah ditentukan, sebesar Rp. 451.000,-

ada tambahan biaya yaitu biaya penunjang revalidasi BST, sebenarnya ini biaya untuk foto yang di akhir proses pendaftaran.


biaya penunjang tersebut seharga Rp. 149.000,- jadi kalo ditotal semua biaya Revalidasi (yg keluaran PMTC) Rp. 451.000,- + Rp. 149.000,- total Rp. 600.000,-

Setelah pembayaran semua selesai, kuitansi terakhir yang untuk biaya penunjang Revalidasi seharga 149 ribu di tunjukan ke loket 8 (tempat foto khusus revalidasi) untuk melaksanakan sesi foto (foto untuk di Setifikat yg di revalidasi).

Bila semua telah di lalui prosesnya, tinggal besoknya atau di hari aktif untuk melakukan praktek (BST), dan kita di haruskan datang lebih pagi lebih awal sebelum jam 7, kumpul di depan kolam renang PMTC.

Praktek Revalidasi BST di Laksanakan di Pertamina Plumpang (Maritime Training Center /HSE Training Center /Lembaga Sertifikasi Profesi), Jam 7 pagi kita meluncur ke Plumpang dengan menggunakan bus yang telah disediakan oleh pihak PMTC.

Untuk Praktek sendiri Materi nya tentang fire fighting dan penjelasan tentang klasifikasi kebakaran dan sesi terakhir assessment. setelah itu selesai kembali ke PMTC Rawamangun, tidak sampai jam 12:00 sudah tiba di lokasi awal (PMTC).

Dan jangan lupa bagi kawan pelaut yang sudah mendekati joint atau onboard segera minta surat keterangan telah mengikuti revalidasi di gedung PMTC depan.
Gambar terakhir diatas adalah surat keterangan telah mengikuti revalidasi, untuk Sebagai bukti kita telah melaksanakan revalidasi ke kantor Pelayaran di mana kita akan joint.

Hasil fisik dari revalidasi paling cepet 5 hari kerja dan untuk pengambilan fisik Setifikat bisa di wakilkan dengan membawa surat kuasa diatas materai, di pengumuman sendiri pengambilan sertifikat paling lambat 3 bulan dari tanggal online sertfikat.

Itulah sekilas info seputaran revalidasi di Pertamina Maritime Training Center Rawamangun Jakarta. terima kasih telah berkunjung.
- Salam Pelaut Jaya -

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar