PELAUT/SEAFARERS adalah julukan untuk orang yang bekerja di lautan/samudra. Mungkin banyak kawan kita yang bertanya-tanya bagaimana menjadi seorang pelaut??? Ya cara menjadi pelaut tidaklah instan kawan, banyak yang harus dilakukan. Bisa lewat jalur akademis maupun jalur umum. Disini saya akan membahas tentang lewat jalur umum, karena para kawan yang lewat jalur akademis tentunya sudah tau donk prosedurnya.
INI YANG HARUS DI PERHATIKAN UNTUK MENJADI PELAUT PEMULA :
Pertama kawan-kawan yang ingin menjadi pelaut adalah mempersiapkan mental dahulu. Karena dilaut kita akan jauh dari keluarga, dan bagi yang sudah berkeluarga tentunya harus jauh dari anak istri.Kedua kita harus mempersiapkan sertifikat-sertifikat kepelautan yang diakui INTERNATIONAL MARITIME ORGANISATION (IMO).
-UNTUK KEKAPAL IKAN kita cukup mempunyai sertifikat BST (BASIC SAFETY TRAINING) dan buku pelaut. Untuk bisa kekapal ikan luar negri kita bisa menambah dokumen paspor. Banyak kawan kita yang sebelum kekapal niaga biasanya kekapal ikan dahulu untuk mencari modal membuat sertifikat kepelautan yang lebih lengkap. Banyak perusahaan yang menyalurkan kita kerja dikapal ikan asing. Tentunya yang non pengalamanpun bisa join, dan untuk salary tiap kebijakan perusahaan atau negara domisili berbeda-beda. Untuk kawan yang mau joik kekapal ikan asing, saya mohon agar selektif untuk join, karena maraknya agen-agen penyalur nakal.
-UNTUK KEKAPAL PESIAR sertifikat yang harus dipenuhi adalah BST (BASIC SAFETY TRAINING), Buku pelaut, SSAT, CCM, kadangkala memakai sertifikat PSCRB, tergantung kebijakan.
-UNTUK KEKAPAL PENYEBERANGAN sertifikat yang harus di punyai adalah BST,Buku pelaut,PSCRB,MFA,AFF,SAT, CCM, COC (ABLE SEAFARERS DECK/ENGINE WATCHKEEPING) dan RATING DECK/RATING ENGINE. Dokumen: buku pelaut.
-UNTUK KEKAPAL CARGO/CURAH/CONTAINER sertifikat yang harus dibutuhkan hampir mirip dikapal penumpang, cuma tidak memakai CCM.
-UNTUK KEKAPAL TANGKER OIL/GAS/CHEMICHAL sertifikat yang harus dilengkapi adalah BST,Buku Pelaut PSCRB,MFA,AFF,SSAT,BOCT/BLGT, COC (ABLE SEAFARERS DECK/ENGINE WATCHKEEPING) dan RATING DECK/RATING ENGINE.
-UNTUK KEKAPAL TUGBOAT sertifikat yang dibutuhkan adl BST,Buku Pelaut, SSAT, AFF COC RATING DECK/RATING ENGINE. itu untuk tug boat yang pada umumnya. karena kapal tugboat hanya memiliki ukuran kecil kebanyakan.
Untuk kekapal luar negri dokumen dan sertifikat yang harus di tambah adalah seperti: Paspor, SDSD, Yellow fever, MCU, SID dll. semua tergantung dari kebijakan masing-masing.
Sebenarnya banyak jenis-jenis kapal yang ada di operasikan. Saya cuma bisa menjelaskan sedikit dan yang pada umumnya.
Ketiga: kita harus banyak relasi tentang job,kepelautan dll. karena kebanyakan orang mempunyai sertifikat lengkap tetapi mereka tidak juga naik kapal. Faktor yang menyebabkan adalah kurangnya relasi kepada kawan-kawan pelaut,kita bisa mencari relasi lewat forum-forum grup yang ada di medsos. Banyak kawan kita yang mengandalkan broker dan memilih instan. Maka dari itu, saya mohon untuk para kawan-kawan pelaut marilah kita kompak dan bergaul agar banyak relasi-relasi.Keempat: mari kita dalami bahasa inggris, karena banyak kawan pelaut kita yang bekerja dikapal asing, mereka harus bersaing dengan pelaut fhilipin atau negara lainnya. Pelaut dari negara kita terkenal pada ketrampilannya yang cepat bisa, cuma kalah dibahasa. Jika bahasa inggris kita lancar dan di bekali pengalaman yang ada, saya yakin kita cepat di panggil untuk join.Kelima: tidak menyerah untuk mencari info-info job, menyebarkan CV, mencari pengalaman di kapal walaupun digaji sedikit. mendatangi kantor-kantor crewing atau agency. dan yang paling penting adalah SABAR, karena sekarang susah untuk bisa masuk diperusahaan yang bonafide, serta sabar juga jika kebijakan sertifikat di rubah-rubah sehingga kita merogoh kocek lagi yang tidak sedikit jumlahnya.
Sekian dari saya, tidak bisa panjang lebar menjelaskan semuanya. apabila kawan kita ada yang menambahkan info lainnya saya persilahkan.