--> Skip to main content

Auxiliary Machinery di kapal

Auxiliary machinery

DIESEL GENERATOR ENGINE

Jenis Generator yaitu :
Generator AC dan
Generator DC.

JENIS-JENIS DARI PADA MESIN GENERATOR.
Generator utama dan bantu adalah ditempatkan dikamar mesin bersama-sama dengan panel/ papan penghubung (switch board) untuk melayani/menyalurkan tenaga ke-motor-motor bantu, mesin-mesin dek, motor-motor, peralatan penerangan, peralatan radio, peralatan nautika, pe-manas-pemanas dan pengatur udara (A.C). Jadi Generator adalah sangat penting untuk mesin-mesin listrik pada keseluruhan mesin-mesin bantu.

Mesin Generator digolongkan dalam mesin diesel, turbin uap dan mesin uap. Umumnya satu diantaranya digunakan pada hal-hal yang berhubungan dengan mesin utama. Pada beberapa kapal turbin, namun turbin uap dfpakai untuk mesin dinamo utama. Dan motor diesel untuk
mesin dinamo pembantu.
1.Mesin utama (Main engine)
2.Mesin dieset (Diesel engine)
3.Turbin uap (Steam turbine)
4.Mesin dinamo (Dynamo engine)
5.Mesin diesel (Diesel engine) Turbin uap (Pembuang gas ketel) (Steam turbine /Exhaust gas boiler)
6.Turbin uap (Steam turbine) Mesin uap (Steam engine) Mesin diesel (Diesel engine)

PERENCANAAN DARI PADA MESIN GENERATOR
(FEATURES OF GENERATOR ENGINE).
a.Tanpa perlengkapan gigi pembalik (reversing gear) konstruksi dan penanganannya adalah mudah apabila dibandingkan dengan mesin utama. Tetapi dikehendaki per tanggung jawaban pada mesin utama. Yang penting dari pada generator cenderung pada keadaan perluasan dari pada perlistrikan dan otomatisasi dari pada mesin-mesin bantu, dan ada generator yang rusak mengakibatkan kerugian dan bencana.

b.Mesin putaran tetap (Constant - speed engine).
Dalam mehgatur untuk mencapai tegangan tetap yang menyangkut generator D C atau menjaga frekwensi pada generator A C, kecepatan putaran tetap, dijalankan pada putaran tinggi dari pada mesin utama. Umumnya generator mesin diesel bekerja dengan hubungan langsung dari pada dinamo, seperti dalam turbin, tahap tunggal, kecepa­tan reduksi dapat dilakukan dalam kapal-kapal kecil, generator digerakkan oleh mesin utama juga dipakai dalam pelayaran.

c.Dapat disesuaikan untuk menyamai pekerjaan/diparalel.
Memparalelkan dua atau lebih generator adalah seringkali dilakukan, dimana putaran mesin harus disesuaikan.
Untuk mempertemukannya dikehendaki menurut keadaan yang memuaskan.
1. Bentuk putaran sudut.
2. Ukuran bermacam-macam putaran tertentu.
3. Pengatur sensitif tertentu.

TURBIN DINAMO AC (750 KW TURBIN KONDENSAT).
(AC DYNAMO TURBINE (750 KW CONDENSED TURBINE)

1.Pintu pemasukan uap utama (Main steam inlet port).
2.Katup pengatur uap (Steam regulating valve).
3.Peralatan keselamatan untuk putaran lebih. (Safety device for overrspeed).
4.Tangki persediaan minyak lurnas. (L.O. sump tank)

SUMBER TENAGA DARURAT. (EMERGENCY POWER SOURCE).
Peraturan perlengkapan kapal di Jepang semua kapal mengikutinya dalam pelayaran Internasional akan dilengkapi dengan sumber tenaga darurat. Sumber tenaga darurat adalah dinamo dan batrei. Sebagian besar kapal-kapal, dinamo 'dipakai sumber tenaga yang teratur dan batrei melayani untuk sementara.

1.GENERATOR DARURAT (EMERGENCY GENERATOR).
Genertor ini umumnya dipasang bersama-sama dengan panelnya diatas dek. Sebagai penggerak awal (Emergency switch board). Umumnya dipergunakan mesin-mesin diesel yang memper­gunakan pendingin udara. Untuk start, mempergunakan batrei atau udara kompresor dipakai pengendali dalam sistim otomatik (beberapa contoh dari pada cara menggerakkan). Dalam hal darurat, jika generator dalam kamar mesin tidak dapat dipergunakan oleh karena bocor dan lain-lain, fungsi generator darurat yaitu membangkitkan tenaga. Jauhnya sumber saluran tenaga kelampu-lampu kapal, lampu kode, pembersih dikamar mesin dan diatas dek dekat lifeboat, peralatan stop kontak, penggerak pintu kedap air, pompa air got darurat, peralatan kode bahaya, per­alatan alarm untuk meninggalkan kapal dan lain-lain.

2.BATERAI DARURAT (EMERGENCY BATTERY).


Baterei ini diletakkan pada tempat yang sama seperti generator darurat. Apabila sumber tenaga utama dalam keadaan rusak, baterei darurat dipergunakan sebagai sumber aru sementara sampai generator darurat dijalankan, dan memberikan tenaga ke semua peralatan yang disebut diatas (1) generator darurat atau pada pencegahan sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar