Soal Jawab Dinas Jaga Ujian Akhir Diklat
UAD A
1.Prinsip yang berlaku untuk tugas jaga pada umumnya :
- pengetahuan dan ketrampilan sesuai tanggung jawab
- kesiapan fisik dan mental
- pengaturan dan kelengkapan dalam menjalankan tugas.
2.Yang disiapkan dalam rencana pelayaran (Voyage planning) :
- Mengadakan diskusi/rapat kecil pada masinis I – masinis IV
- Pembagian tugas jaga masinis mengenai peralatan yang akan di operasikan
- Memberikan tanggung jawab kepada masinis mengenai jaga dan keselamatan selama kapal berlayar.
3.Standard tentang kebugaran (fitness) untuk menjalankan tugas jaga sebagai perwira atau sebagai bawahan :
Yaitu waktu istrahat minimal 10 jam dari periode jaga 24 jam/hari, dan kalau dibagi dua waktu istrahat salah satu diantaranya 6 jam kecuali dalam keadaan darurat.
4.Yang diartikan dengan :
a.Tugas jaga Mesin
tugas jaga mesin adalah tugas jaga yang dilakukan dikamar mesin baik kapal dipelabuhan maupun sedang berlayar.
b.Perwira yg bertanggung jawab atau melaksanakan tugas jaga mesin
Mengerti dalam pengoperasian mesin ,pesawat-pesawat bantu serta jam jaganya masing-masing.
5. Criteria yang harus menjadi pertimbangan jika memutuskan komposisi tugas jaga mesin termasuk bawahan yang memenuhi syarat :
- Harus memilki pengetahuan yang memadai tentang fungsi dan cara kerja permesinan diatas kapal dan bagian-bagian yang terkait
- Mengerti tugas dan tanggung jawab yang telah ditetapkan
- Mengerti prinsip tugas jaga yang aman
- Memiliki pengetahuan dan ketrampilan yg memadai dalam penanggulangan keadaan darurat dan pencemaran lingkungan laut.
UAD B
1.Dalam melaksanakan tugas jaga kamar mesin, dalam hal apa perwira tugas jaga mesin harus segera memberi tahu KKM :
Pada saat terjadinya perubahan parameter dan nilai yang mencolok dari suatu tugas jaga.
2.Saudara sebagai perwira jaga mesin,dalam melaksanakan tugas jaga mesin pada saat itu ada KKM,bagaimana tanggung jawab saudara :
Sebagai perwira tugas jaga mesin maka tetap bertanggung jawab atas hal-hal yang terjadi selama jam jaga sekalipun ada KKM.
3.Yang dimaksud dengan :
a.Jaga Khusus yaitu: Tugas jaga yang dilakukan oleh awak kapal yang bersifat khusus yang didalam pelaksanaannya tidak lagi mengacu kepada pembagian tugas dan jadwal yang ditetapkan tetapi mengacu kepada kegiatan yang dilakukan.
(kapal dalam perbaikan/perawatan/ perawatan digalangan kapal/dok).
b.Jaga Darurat yaitu : Tugas jaga yang dilakukan oleh awak kapal pada saat dalam keadaan darurat atau dilakukan tindakan penyelamatan (cuaca buruk,kandas, terbakar, perbaikan dilaut/kapal tidak bertenaga).
c.Jaga rutin yaitu : Tugas dinas jaga yang dilakukan oleh awak kapal yang bersifat rutin baik dilaut maupun dipelabuhan sesuai pembagian tugas dan jadwal yang ditetapkan didalam pengoperasian kapal.
4.Pengaturan tugas jaga :
- Pagi hari 08:00-12:00 = Regu A
- Siang hari 12:00-16:00 =Regu B
- Sore hari 16:00-20:00 = regu C
- Malam hari 20:00-24:00 = Regu A
- Larut Malam 00:00 – 04:00 =Regu B
- Dini Hari 04:00-08:00 = Regu C
5.Pengoperasian mesin secara manual selama berlayar meliputi :
> Mesin induk,generator ,pompa pendingin permesinan,ketel uap,filter, mesin kemudi,pendingin ruangan (AC) dan system kemudi.
Yang perlu dicatat adalah :
Temperatur,tekanan, putaran dll.
UAD C
1.Selama berlayar pengoprasian permesinan secara manual dikamar mesin meliputi yang harus dicatat didlm laporan tugas jaga dan kapan dilakukan pencatatan:
- Suhu gas buang,minyak lumas ,bahan bakar,air pendingin ruangan mesin,ruangan pendingin makanan.
- Tekanan minyak lumas , bahan bakar,air pendingin udara bilas,udara pneumatic,udara pejalan,udara ketel.
- Putaran poros engkol/propeller,altenator.
- Jumlah volume bahan bakar,minyak lumas air ketel.air tawar.
- Perbaikan/pergantian suku cadang,pengunaan permesinan, pembungan air got dll
2.KEADAAN DARURAT : adalah keadaan dimana prinsip keselamatan jiwa,barang dan lingkungan menjadi lebi utama daripada kelancaran atau efisiensi pengoperasian kapal.
3.Sebelum mengambil alih tanggung jawab tugas jaga mesin apa yang harus dilakukan oleh perwira pengganti :
> Mengontrol semua pesawat-pesawat yang bekerja mengenai suhu Normal, kelainan suara dll
> Melumasi bagian-bagian pesawat/mesin yang bergerak.
> mengatur suhu bahan bakar,pendingin dan minyak lumas yang masuk ke mesin induk (Yang masih menggunakan system manual)
> Memperhatikan Level dari tangki bahan bakar, jika kurang agar segera di transfer/diisi.
> memperhatikan secara umum keadaan kamar mesin
4.Yang dilakukan perwira mesin apabila kapal berlabuh jangkar di perairan terbuka
Perwira tugas jaga mesin harus menjamin bahwa :
- suatu tugas jaga mesin yang yang efesien
- pemeriksaan secara berkala terhadap mesin penggerak dan cadangan
- mesin induk dan mesin bantu dijaga agar tetap siap siaga sesuai perintah anjungan
- langkah untuk mencegah pencemaran laut oleh kapal harus dipatuhi dan dilakukan
- semua sistem pengendalian kebakaran dan pemadam selalu siap.
5.yang dilakukan perwira tugas jaga mesin di perairan Jarak tampak terBatas :
> perwira jaga mesin harus menjamin bawa tekanan udara permanen / tekanan uap selalu tersedia untuk kperluan navigasi. Dan perintah-perintah dari anjungan yang berkaitan dengan perubahan kecepatan mesin selalu dilaksanakan secepatnya dan motro bantu yang diugunakan untuk olah gerak selalu siap.
UAD D
1.Yang dimaksud dengan jaga laut, berapa lama pelaksanaannya:
Jaga laut adalh jaga yang dilakukan selama kapal berlayar.
Pada umumnya Dilaksanakan selama 24 jam secara bergantian (setiap regu dipimpin satu perwira mesin).
2.Yang dimaksud dengan jaga pelabuhan dan berapa lama pelaksanaannya :
Jaga pelabuhan : Yaitu tugas jaga pada saat kapal berada dipelabuhan baik sandar ataupun labuh jangkar
3.Pembagian tugas jaga dalam beberapa kelompok
Regu A (Masinis III):
- 08.00 – 12.00
- 20.00 – 24.00I
- 00.00 – 04.00
- 12.00 – 16.00
- 16.00 – 20.00
- 04.00 – 08.00
4.Pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap anggota tugas jaga mesin :
pengetahuan dan ketrampilan sesuai tanggung jawab
> kesiapan fisik dan mental
> pengaturan dan kelengkapan dalam menjalankan tugas.
Mengerti dalam pengoperasian mesin ,pesawat-pesawat bantu serta jam jaganya masing-masing.
5.Persiapan meninggalkan pelabuhan;
- Perwira jaga & anggota bawahan standby pada posisi masing-masing
- Memastikan generator utama dan bantu serta peswat bantu lainnya bekerja dengan baik
- Menunggu informasi dari anjungan
- setelah selaseai olah gerak, semua pengoperasian permesinan di kemablikan pada posisi semula.
6.apa yang harus dilakukan pada waktu tugas jaga mesin di daerah Perairan dekat pantai atau perarian yang padat lalu lintas:
- perwira jaga mesin harus menjamin bahwa cadangan tenaga mesin harus cukup siap untuk keperluan olah gerak,keperluan kemudi utam dan kemudi darurat dan peralatan bantu lainnya harus siap untuk pengoperasian mendadak.
- Menganganti bahan bakar dari FO ke DO dan waktu stand by di control room engine bila mana sewaktu ada order dari anjungan.