--> Skip to main content

Berat Benaman Kapal

DISPLACEMENT

Displacemen,yaitu tonnage kapal adalah berat zat cair yg dipindahkan oleh bagian kapal yg terbenam P dalam air.

Guna untuk mengetahui besar kecilnya sebuah kapal, mengetahui besarnya daya angkut kapal dan mengetahui besarnya titik berat kapal.

Isi tolak merupakan jumlah dari berat seluruh kapal beserta isinya atau berat kapal kosong dengan inventaris tetap ditambah berat muatan,air tawar,ballast ,stores dan berat perlengkapan /inventaris tak tetap.

Istilah – istilah yang digunakan dalam stabilitas:
a. Light Displacement
Light Displacement adalah berat kapal pada waktu kapal dirancang dengan kedalaman light draft,berat tersebut terdiri dari lambung, permesinan suku cadang, dan air di dalam ketel ( ¾ dari isi ketel boiler)

b. Load Displacement
Load displacement adalah berat kapal pada waktu kapal mengapung dengan draft summer ( draft pada musim panas ) berat tersebut terdiri dari muatan, dan operation load.

c. Displacement
Displacement adalah berat seluruh kapal termasuk semua berat yang diatasnya pada suatu saat, dari semenjak bagian kapal terapung sehingga memindahkan sejumlah berat air, yang artinya bahwa displacement  sejunlah berat air yang dipindahkan sama dengan berat kapal. Simbol yang digunakan adalah  ∆

d. Deadweight
Dead weight adalah berat muatan, persedian ( store ), Bahan baker dan lain- lain yang terdapat diatas kapal. Perbedaan istilah dari light displacement dan Displacement adalah pada waktu kapal mengapung dengan kedalaman/ darft tertentu.

Contoh:
Kapal yang panjangnya 64m, maximum lebarnya 10m, mempunyai sarat kosong (light draft) dari 0,5 m dan sarat muatan penuh adalah 4m. Block coefficient of fineness adalah 0,6 pada light draft dan 0,75 pada load draft. Hitunglah deadweightnya.
Light Displacement = L x B x draft x Cb m.kubik
= 64 x 10 x 1,5 x 0,6
= 576 m.kubik
Load Displacement = L x B x draft x Cb m.kubik
= 64 x 10 x 4 x 0,75
= 1920m.kubik
Deadweight = Load displ. - Light displ.
= (1920 - 576) m. kubik
= 1344m.kubik
= 1344 x 1,025 ton
= 1377ton

Tons Percentimeter immersion ( TPC )

TPC adalah Berat sejumlah muatan yang harus di muat atau dibongkar dari kapal untuk merubah sarat/draft rata- rata yang terapung di air laut sebesar 1 cm.

Contoh:
Kapal yang panjangnya 64m, maximum lebarnya 10m, mempunyai sarat kosong (light draft) dari 0,5 m dan sarat muatan penuh adalah 4m. Block coefficient of fineness adalah 0,6 pada light draft dan 0,75 pada load draft. Hitunglah deadweightnya.

Light Displacement = L x B x draft x Cb m.kubik
= 64 x 10 x 1,5 x 0,6
= 576 m.kubik 
Load Displacement = L x B x draft x Cb m.kubik
= 64 x 10 x 4 x 0,75
= 1920m.kubik 
Deadweight = Load displ. - Light displ.
= (1920 - 576) m. kubik
= 1344m.kubik
= 1344 x 1,025 ton
= 1377on

Di ukur dengan satuan Metric Ton ( MT) dari berat air tawar 1 M3  ( Meter Cubic), 
1 ton = 1000 kg
1.000.000 gram = 1  M3 (Meter Cubic),

Panjang
Satuan panjang meter 1 meter ( M ) = 10 decimeter(Dm ) = 100 centimeter (Cm) = 1000 milimeter (mm)

Volume
Satuan yang dipakai adalah  cubic meter ( M3 ) or Cubic centimeter (Cm3 )

Tekanan
Satuan yang dipakai adalah tones per square metre (tones f/ m2)  atau killogrammes per square centimeter (kg f/ cm2)

Berat Jenis
Definisi adalah massa/ berat per unit volume atau dapat diartikan bahwa berat terhadap 1 cubic meter atau cubic centimeter dapat  dituliskan sebagai :
Grammes per cubic centimeter (grs/Cm3)
Killogrammes per cubic metre (kg / M3)
Tonnes per cubic metre (Tonnes / M3)

Relative Density ( Specific Grafity )
Relative density bisa Specifik Grafity adalah rasio antara berat jeniszat terhadap berat jenis air tawar :

Item                      Fw          SW
Density (Grs/Cm3)      1.000       1.025
Density ( kg / M3 )      1.000       1.025
Relative density           1.000       1.025
Weight per cubicmetre 1.000       1.025 Ton
Weight per cubic metre1.000       1.025  Kg
Volume per ton             1.000       1/ 1.025 

Hukum Archimedes
Menjelaskan bahwa suatu bangunan baik sebagian atau seluruhnya yang terapung pada cairan/ air akan memindahkan/ kehilangan berat/ massa sama dengan  berat / massa cairan yang dipindahkan sesuai dengan bagian bangunan yang terapung.

Misalnya : 
Berat jenis air tawar adalah 1.000 kgs/cu.m, ketika bangunan terapung di dalam air tawar maka berat/ massa yang dipidahkan adalah 1.000 kgs pada setiap1 cu.m air sesuai dengan bagian yang terapung. Pada waktu sebuah kotak dengan ukuran 1 cu.m dan berat 4000 kgs yang terapung pada air tawar maka massa/ berat yang dipindahkan adalah 1000 kgs.

Sebuah benda dengan berat 4000 kgs dengan volume 8 cu.m, semua terendam dalam air tawar sehingga volume yang terendam 8 cu.m air tawar jadi massa / berat air adalah 8000 kgs yang merupakan gaya keatas.sedang resultant gaya  yang hilang adalah 4000 kgs. Pada waktu benda tersebut mulai mengapung keatas maka gaya apung sama dengan massa/ berat benda tersebut yaitu 4000 kgs, sehingga untuk mendapatkan berat/ massa itu harus volume yang mengapung adalah 4 cu.m dalam hal ini adalah volume yang mengapung adalah setengah dari volume benda tersebut,

Sebuah kotak mengapung di air tawar bagian yang terapung setengah dari volume kotak tersebut jika benda seberat 1000 kgs dimuat diatas deck sehingga berat/ massa kotak tersebut menjadi 5000 kgs dan daya apung keatas 1000 kgs, dan akan bergerak ke bawah
Secara terus menerus sampai titik apung sama dengan massa/ berat kotak tersebut, pada waktu volume yang terapung 5 cu.m dari air dan titik apungnya 5000 kgs.
Selanjutnya: Berat Benaman 2
Sumber: Materi Diklat Pelaut
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar