--> Skip to main content

Cara Mematikan Komputer dengan keyboard

Cara mematikan Laptop Otomatis Tanpa Software

Para perwira mesin atau dek di kapal untuk sekarang ini tidak akan asing akan perangkat komputer dan laptop, karena alat tersebut sangat membantu kita dalam melakukan laporan ke kantor.

Jadi pelaut sekarang sangat di tuntut mengikuti perkembangan teknologi yang terus berubah dan berkembang tak terkecuali perkembangan di dunia maritim, laporan laporan kerja (paper work) yang dulunya di kirim via pos atau faximlile sekarang beralih ke E-mail dan format laporan yang dulunya sebatas dengan tulis tangan ataupun laporan dengan mesin ketik sekarang beralih ke Microsoft Office yang merupakan aplikasi yang wajib ada di komputer kapal.

Laporan kerja yang sering kita kerjakan di kapal biasa menggunakan MS Office Word maupun MS Office Excel, dan tentunya untuk mengerjakan laporan yang berupa hitungan sangat mudah dan sesuai jika kita memanfaatkan MS Office Excel.

Lepas dari itu semua jika kita mengerjakan suatu laporan kerja di kapal, karena mungkin terlalu banyak yang harus di laporkan adakalanya sampai kita lupa untuk mematikan laptop ataupun komputer. Kembali sesui judul topik, saya akan share tips sederhana bagaimana cara mematikan laptop secara otomatis atau kita kasih timer shutdown tanpa menggunkan aplikasi tambahan.

Langkah langkah mematikan laptop atau komputer otomatis tanpa software:
  1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk masuk ke menu RUN.
  2. Setelah masuk di menu RUN, pada kotak isian ketik shutdown -s -t 30, lihat gambar di bawah ini:
    cara matikan laptop otomatis
  3. lalu enter bila sudah sesuai gambar di atas dimana shutdown -s -t 30 mengartikan perintah shutdown otomatis setelah 30 detik kedepan, -s (shutdown), -t (time), 30 (30 detik) dan angka ini bisa kita rubah rubah sesuai kebutuhan kita.
  4. Nanti akan ada peringatan shutdown otomtatis lalu klik close, maka dalam hitungan 30 detik sesuai yang kita tentukan laptop akan mati sendiri.
Jika kita ingin membatalkan karena salah setting atau akan meneruskan pekerjaan dengan laptop bisa dengan cara sebagai berikut:
  1. Seperti biasa kita gunakan menu RUN dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan.
  2. Kemudian ketikan perintah dalam kota isian RUN dengan shutdown.exe-a.
  3. akhiri dengan enter maka settingan yang 30 detik tadi akan di batalkan.
Tips sederhana yang pernah saya coba di atas dengan menggunakan laptop bersistem operasi windows 7 dan hanya memfungsikan keyboard tanpa menggukan mouse atau touchpad, semoga ada manfaat dan menambah sedikit pengetahuan, kita sebagai pelaut sebisa mungkin tidak gaptek dengan perkembangan teknologi terutama di komputer.

Terimakasih telah berkunjung, Salam Pelaut jaya.







Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar