--> Skip to main content

Merkah Kambangan

PLIMSOLL MARK

Maksud merkah kambangan

Merkah kambangan atau sering juga disebut sebagai merkah benaman adalah sebuah tanda pada kedua lambung kapal untuk membatasai sarat maksimum sebuah kapal demi keamanan, dengan demikian menjamin agar kapal tersebut masih mempunyai daya apung cadangan yang cukup sehingga menjamin pula keamanan selama pelayarannya. Tanda ini biasanya dicat putih atau kuning dengan dasar gelap atau di cat hitam dengan latar belakang warna muda. Semua garis- garisnya mempunyai tebal 1 “ atau 25 milimeter.
Tanda ini dibuat dengan maksud agar setiap kapal membatasi jumlah berat muatan yang diangkutnya sesuai dengan jenis kapal dan musim yang berlaku dimana kapal tersebut berlayar.

Garis dek (Deck Line)

Garis dek atau geladak harus ditentukan terbih dulu sebelum kita memasang markah kambangan (tanda plimsoll) pada lambung kapal. Garis dek merupakan sebuah garis datar yang sisi atas dari geladak lambung bebas (free board) ditengah panjang garis muat kapal. Garis dek panjangnya 12 “ atau 300 mm merupakan perpotongan kulit kapal dengan lambung bebas di midship. Garis dek pd kpl dgn geladak kayu berbeda dengan garis dek pada kapal yg geladaknya baja. Letak dari garis dek tergantung dari bentuk kapal.

Gambar dan Ukuran Merkah Kambangan

Tanda ini terletak tepat tega lurus dibawah garis air dek. Jarak antara bagian atas garis dek sampai ke pusat lingkaran disebut lambung bebas minimum (minimum free board). Setelah lambung bebasnya ditentukan buatlah lingkaran merkah kambangan dengan jari ½ panjang garis dek ( 6 “ ). Setelah lingkaran ketemu buatlah garis yang / garis dek sepanjang 18 “ atau 450 mm melalui pusat lingkaran. Buat gris lain setbal 1 “ atau 25 mm dari garis yang melalui pusat lingaran tadi sama panjang dan // dengan garis dek. Garis tegak samping yang jaraknya 21 “ atau 540 mm kerah depan lingkaran.

Perpotongan garis melalui pusat lingkaran dengan garis tegak lurus disebut S, merupakan tanda sarat untuk musim panas (Summer Draft) T dan W (Tropis dan Winter) di tarik // garis melalui S pada jarak masing- masing 1/ 48 x sarat musimpanas dihitung dari S atau ¼ “ tiap 1 (satu) kaki saratmaksimum panas.
WNA (Winter North Atlantik) = musim dingin antlantik utara berlaku untuk kapal- kapal yang melayari atlantik utara pada lintang 36 derajat keatas di atlantik utara, dengan panjang ≥ 250 “ atau 100 meter.
Kalau kapal panjangnya > 300 “ tidak diharuskan memasang WNA, tetapi boleh memakai dengan jarak 2 “ atau 51 mm dari W. WNA utk kapal tangki dihitung 1 “ untuk setiap 100 kaki panjang kapal.
Jarak S ke F (Fresh water = air tawar) = W/ 40 TPC
Jarak dari F ke TF (Tropis Fresh Water Allowance) = 1/ 48 sarat musim panas


Tanda Plimsoll merupakan garis horisontal yang menembus lingkaran. Tanda ini dicantumkan tegak lurus dibawah tengah² garis geladak sedemikian rupa sehingga jarak antara dari sisi atas kedua garis sama dengan Lambung Timbul Musim Panas (Freeboard Summer). Ketebalan garis² pd tanda Plimsoll tsb adalah setebal 25 mm.
Di sisi samping dr tanda Plimsoll terdpt beberapa garis lambung timbul yg menunjukkan tinggi maksimum garis muat bagi keadaan tertentu sesuai dengan daerah pelayaran dimana kapal tersebut berada dan dengan sendirinya dapat diketahui batasan maksimum daya angkut kapal itu demi untuk menjaga keamanan kapal, muatan dan keselamatan Jiwa manusia di laut.

Tanda-tanda dan singkatan pada Plimsoll Mark:
TF=Tropic Fresh water            
F=Fresh water
W=Winter
S=Summer
T=Tropic
WNA=Winter North Atlantic

Jarak antara tanda-tanda Sarat  :
Jarak S-T = 1/48 bagian Sarat Summer
Jarak S-W = 1/48 bagian Sarat Summer
Jarak S-F = Fresh Water Allowance (FWA)
Jarak T-TF = Fresh Water Allowance (FWA)

Fresh Water Allowance
Fresh Water Allowance: besarnya perubahan sarat kpl yang terjadi jika kpl yg mengapung disuatu perairan laut yang memiliki berat jenis 1025 kg/m³, berpindah tempat ke perairan yang memiliki berat jenis 1000 kg/m³ atau sebaliknya.

FWA = W / 40 TPC
W = Displacement pada sarat Summer (Summer Displacement)
TPC = Ton per centimetre Immersion
W1L1 = Grs air kpl mengapung di SW
W2L2 = Grs air kpl mengapung di FW
Volume di bawah garis W1L1 = V Meter Kubik
Volume di bawah garis W2L2 = V + v  Meter Kubik
Berat benaman=Volume benaman x Bj air dimana kapal mengapung
Berat benaman di Laut=Berat benaman di Air Tawar
Vol. benaman di Laut x Bj air Laut=Vol. benaman di Air Tawar x Bj air tawar

V x 1.025 = (V + v) x 1.000
1.025 V = 1.000 V + 1.000 v
25 V = 1.000 v
V = 40 v
v = V/40

Misalkan berat air laut dengan  volume  v m³ =  W ton, dan berat air laut  dengan volume V m³ = w ton, maka akibatnya (analog) w = W/40.
W adalah berat air laut dengan volume v yaitu bagian kapal yang dibatasi oleh W1L1 dan W2L2 dimana W1W2 ~ L1L2 = FWA
Jadi   :
W = FWA x TPC
w = W/40
FWA x TPC = W/40    
FWA = W / 40 TPC 

Dock Water Allowance
Dock Water Allowance yaitu besarnya perubahan sarat kpl yang terjadi jika kpl yang mengapung disuatu perairan laut yang memiliki berat jenis 1025 kg/m³, berpindah tempat ke perairan yang memiliki berat jenis lebih besar dari 1000 kg/m³ terapi kurang dari 1025 kg/m³ atau sebaliknya.

DWA = FWA X (1.025 – D ) / (1.025 – 1.000) 
D =  Density dimana kapal mengapung
DWA : FWA= (1.025 – 1.010) : (1.025-1.000)
DWAx(1.025 – 1.000) : FWA x  (1.025-1.010)
DWA= FWA x (1.025-1.010) / (1.025-1.000)
DWA = FWA x (1.025-D ) / (1.025-1.000)

ZONA PELAYARAN
PWN=Periodic Winter North
S = 16 April s/d 15 Okt
W = 16 Okt s/d 15 April
PWS = Periodic Winter South
S = 16 Okt s/d 15 April
W = 16 April s/d 15 Okt

Contoh: 
1).Jika diketahui Sarat Summer  6,5 meter. Hitunglah berapa Sarat Tropic ?
Jawab : 
Sarat Summer =  6,500 meter
Koreksi S ~ T = ( 1/48 x 6,5 ) =  0,135 meter +
Sarat Tropik =  6,635 meter.

2). Jika diketahui Sarat Tropic = 7,0 meter. Hitunglah berapa Sarat Winter ?
Jawab : 
T = S + 1/48 S
T   =  S + 1/48 S
T   =  1 + 1/48 S
T   =  49 . S
         48
S   =  48 . T = 6,857
          49

Sarat Summer = 6,857 meter
Koreksi S ~ W ( 1/48 S ) =  0,143 meter (–)
Sarat Winter =  6,714 meter

Sumber: Materi Diklat Pelaut
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar