--> Skip to main content

Panduan mengisi eHAC Indonesia bagi Pelaut Domestik

Cara mengisi data aplikasi eHAC Indonesia untuk Pelaut Domestik 

Cek suhu crew kapal oleh petugas KKP

Protokol Kesehatan diatas kapal 

Di masa pandemi sekarang, protokol kesehatan berjalan di seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali untuk para pekerja yang di laut (Pelaut), kegiatan transportasi angkutan dari tempat satu keempat lainnya menjadi potensi untuk menyebarnya virus. 

Setiap tiba kapal di pelabuhan tujuan, yg pertama di lakukan adalah kapal harus sudah clear untuk karantina, petugas karantina dalam hal ini KKP setempat melakukan pengecekan langsung ke atas kapal untuk melihat dan mengecek kondisi keadaan Crew di atas kapal, apakah ada potensi penyebaran virus atau negatif. 

Untuk memudahkan petugas KKP dalam mengecek dan memonitor keadaan kesehatan diatas kapal yg beroperasi, Crew kapal melakukan pengisian data di aplikasi eHAC Indonesia yg bisa di unduh di playstore smartphone Android.

Berikut Proses mengisi data di aplikasi eHAC bagi pelaut yg sering saya lakukan:
  1. Pastikan sudah terinstall aplikasi eHAC dan sudah terdaftar dengan email pribadi di smartphone, jika belum terpasang aplikasinya silahkan buka playstore dan cari aplikasi eHAC Indonesia lalu download. 
  2. Buka aplikasi eHAC dan Login jika sudah punya akun dan jika belum memiliki akun silahkan daftar dengan menggunakan email yg dimiliki, buat password baru. 
  3. Pengalaman pribadi bekerja di kapal yg di charter oleh Pertamina, menjadi suatu kewajiban dan kebiasaan di masa Pandemi untuk mengisi data kedatangan di aplikasi eHAC setiap kali tiba di pelabuhan tujuan sebelum kapal sandar di jetty dan di laporkan ke KKP setempat, Petugas karantina /KKP di pelabuhan tujuan datang ke kapal dan mengecek semua Crew untuk di lakukan cek suhu dan minta data eHAC dengan scan barcode hasil pengisian data kondisi di eHAC aplikasi. 
  4. Masuk /login ke aplikasi eHAC, di layar beranda aplikasi eHAC geser, pilih menu pengunjung di tengah bawah, ada 3 pilihan yaitu HAC, Data Profil dan Panic - pilih menu HAC. 
  5. Tekan menu HAC kemudian pilih menu + eHAC di pojok kanan bawah seperti gambar ss di bawah ini, kemudian akan muncul 2 pilihan yaitu eHAC Indonesia (warna orange) dan eHAC domestik Indonesia (warna hijau). Klik eHAC domestik Indonesia bila kita berada di pelayaran domestik /dalam negeri. 
  6. Step 1 -> Isi data arrival /kedatangan : tujuan provinsi, tujuan Kabupatèn /Kota, tujuan kecamatan, alamat tujuan, nomer telpon kita, menggunakan kendaraan (pesawat, kapal laut /Ferry, angkutan darat umum, mobil pribadi, motor pribadi dan angkutan lainnya) pilih kapal laut/ ferry, no pesawat /kendaraan (isi dengan nama kapal), no kursi (isi dengan nama kapal). Isi semua kotak isian dengan benar dan aktual sesuai trip kapal kemudian tekan lanjutkan. 
  7. Step 2 -> isi data asal kedatangan kapal (kapal tempat kita onbaord) isi dengan benar asal provinsi, asal Kabupaten /Kota, asal kecamatan dan alamat (isi pelabuhan sebelumnya). Setelah kotak isian asal kedatangan terisi semua lanjutkan ke step 3.
  8. Step 3 -> mengisi data keluhan (keluhan saat ini) ada 11 keluhan di daftar aplikasi yg bisa di pilih bila kita merasa ada  keluhan di salahsatu daftar tersebut seperti: demam, batuk/ pilek, sesak napas, badan lemah, diare, kejang, kaku kuduk, mata memerah, mata menguning, kulit ruam kemerahan dan pilihan terakhir lainnya, bila kita tidak ada keluhan di antara daftar tersebut, pilih/ checklist di pilihan 11 yaitu lainnya dengan mengisi keterangan seperti "tidak ada".
  9. Langkah terakhir tinggal klik Submit 
  10. Hasil Data eHAC kita yg sudah diisi dari step 1 - 3 akan terekam dan tercatat di aplikasi dan siap di setorkan ke KKP dengan memberikan Screenshot barcode hasil pengisian data atau di print ke file pdf dengan memilih gambar print untuk membuat file data pdf nya. 
  11. Done (Selesai) 
Postingan diatas adalah sedikit gambaran protokol kesehatan yg di lakukan Pelaut yg sedang bekerja di atas kapal dan kapal sedang dalam operasi, setiap ada petugas KKP atau pihak darat yg naik kekapal harus di lakukan protokol kesehatan seperti cek suhu, semprot disinfectan dan selalu memakai masker yg standar WHO. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar