--> Skip to main content

MANAJEMEN PERAWATAN DAN PERBAIKAN (2)

Perawatan dan Perbaikan Mesin ( Part 2 )

1).Perawatan adalah:Suatu usaha /kegiatan yang digunakan untuk mempertahankan kondisi suatu material /baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak tetap dalam kondisi baik.
tujuannya perawatan:karena adanya kerusakan yang terjadi pada suatu material baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak.
Sebelumnya: Manajemen Perawatan dan Perbaikan part 1

2).Perbaikan adalah : Suatu pekerjaan/kegiatan yang dilakukan terhadap suatu fasilitas /peralatan untuk mencegah kondisi tehnik awal /semula dengan melakukan penggantian suku cadang kemudian memproses kembali material yang telah seperti fatique,keropos ,berubah struktur.

3).Perawatan terjadi karena:
  • usia yang bertambah dari suatu material /pesawat.
  • Karena ausnya bagian2 kontruksi /perlengkapan yang mangakibatkan berkuangnya kemampuan suatu material.

4).Perawatan kerusakan:
Suatu usaha yang dilakukan untuk memperkecil kerusakan dan beban kerja dari suatu pekerjaan perawatan yang diperlukan.

5).Perawatan perbaikan :
Suatu usahan/kegiatan yang dilakukan pada suatu peralatan yang sudah tidak terpakai tetapi masih dapat digunakan diperbaiki hingga dapat dipergunakan seperti semula.

6).Perawatan pencegahan :
Suatu usaha yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan.

7).Perawatan berkala :
Usaha yang dilakukan  secara periodik/berkala dengan melakukan penyetelan2/pengantian ,hal ini biasanya dilakukan sesuai jam kerja mesin /kalender suati intruction book.

8).Yang dimaksud dengan pemeliharan:
a.Pemeliharaan terprogram :
Pemeliharaan yang harus  dipersiapkan sebelumnya termasuk angarannya.
b.Pemeliharaan Icidental:
Pemeliharan yang diakibatkan keruakan yang selanjutnya mendapatkan penanganan perbaikan.
c.Pemeliharaan perbaikan :
Perbaikan/rehap dr kondisi/perbaikan setelah kerusakan berat.
d.Pemantauan kodisi:
Pemantauan yang berdasar dr hasil pengukur fisik/kemampuan/perhitungan/putaran mesin/suhu tekanan dan lain lain.

9).Penyebab mesin induk diesel berasap tebal dan cara mengatasinya :
  • Adanya Ring oli piston aus/patah.
  • Stelan klep isap dan buang terlalu renggang/rapat.
  • Pembakaran tdk sempurna
  • Minyak lumas ikut terbakar
  • Kekurangan oksigen
Cara mengatasinya :
  • Stel ulang klep isap dan buang
  • Periksa ring piston
  • Test injector.

10).Kegunaan lembaran harian pemeliharaan,utk setiap bulannya dari tahun yang berjalan:
Untuk mengetahui kemajuan dan kekurangan apa yang terjadi pada permesinan dan sebagai tanggung jawab kita apabila terjadi sesuatu pada apa yang telah kita lakukan.
a.Pekerjaan harian:
Pekerjaan yang dilaksanakan biasa sesuai dengan pekerjaan harian yaitu sker klep,skir pengabutan,membersihkan kamar mesin dan lain lain.
b.Pekerjaan Mingguan :
Pekerjan yang dilakukan setiap minggu seperti tes mesin sekoci,tes pemadam kebakaran ,tes kemudi darurat dan lain lain.
c.Pekerjaan bulanan :
Pengecekan tangki2 bahan bakar.
d.Pekerjaan 3 bulanan:
Pengecekan cooler air tawar,air laut,filter cooler.
e.Pekerjaan 6 bulanan :
Pengecekan saringan air laut, separator, kemudi, generator M/E, A/E.
f.Pekerjaan tahunan :
Persiapan docking/over houl.

11).Langkah2 Rencana perawatan agar hasil kerja sesuai harapan:
a.Membuat Rencana perawatan dan langkah2 yang harus dilakukan perencanaan yang matang menhasilkan pekerjaan yang optimal.
b.Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan rencana.
c. Membuat catatan2 dan pelaporan pelaksanaan pekerjaan untuk  mengetahui kekurangan-kekurangan dan memantau kondisi yang ada.
d. Melaksanakan perbaikan-perbaikan dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan hasil pencatatan dalam rencana.

12).Yang dimaksud dengan :
a. Maintenance :Suatu kegiatan dalam rangka perawatan yang dilaksanakan terhadap seluruh objek baik tehnik maupun non tehnik.
b. Running Repair :Perbaikan yang dapat dilakukan pada suatu objek diluar waktu docking.
c. Operation :Menjalankan suatu objek  secara baik dan benar secara prosedur.
d.Docking repair :Perbaikan dan perawatan yang dilakukan diatas galangan /dalam masa docking.

13).Tujuan umum Sistim Perawatan terencana diatas kapal anda(Plan maintenance system) dan mengapa perlu adanya system perawatan terencana tersebut?
  • Untuk memperoleh pengoperasian kapal yang teratur,serta meningkatkan keselamatan awak kapal,muatan dan peralatanya.
  • Untuk memperhatikan jenis-jenis pekerjaan yang paling mahal/penting yang menyangkut waktu operasi, serta sistem perawatan dapat dilaksanakan secara teliti.
  • Untuk menjamin kesinambungan pekerjaan perawatan
  • Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang berat.

Sumber: Materi diklat Upgrading ATT IV/III
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar