--> Skip to main content

Manajemen Perawatan dan Perbaikan


Perawatan dan Perbaikan mesin (kisi-kisi part 1)

1).Hubungan antara IMO dan Manajemen Perawatan dan Perbaikan

IMO membuat aturan2 yaitu mengeluarkan International Convention SOLAS 1974/78 dan SCTW 78/95 yang intinya  memberi ketentuan2 standart pokok keselamatan di laut, baik dengan kecakapan dan kemampuan sumber daya manusianya.
sehingga dapat menekan penghematan dan adanya korban jiwa manusia.

2).The marine safety committee  komite yg menangani pekerjaan yg berhubungan dengan keselamatan pelayaran dan lindungan lingkungan.3 konvensi yg di hasilkan bagi kepentingan pelayaran dan layak laut:
Tiga konvensi yg di hasilkan msc yaitu :
  • International Convention  SOLAS 1978/95 tentang upaya 2 keselamatan di laut.
  • International Convention  SOLAS Consolidated 2001 tentang kelanjutan& penyempurnaan  dari SOLAS 1974/95  dengan tambahan prosedur mengenai survey pembagian ruangan ,stabilitas konstruksi permesinan,pemadaman,alat keselamatan, komunikasi radio dan lain lain.
  • International Convention on Standart of Training,Certification,and Watchkeeping for Seafearers,1978’ tentang peningkatan kemajuan sumber daya pelaut dengan standart minimum pelatihan kecakapan dan sertifikasi untuk semua nakhoda, perwira kapal,dan abk.

3).SOLAS 1974/78 mepunyai hubungan erat sekali dengan perawatan dan perbaikan mesin kapal & merupakan bagian yg tidak dapat terpisahkan.
  • SOLAS telah memberikan petunjuk petunjuk dengan mengeluarkan ketentuan2 standart yg telah di patuhi negara2 anggota, yang isinya memahami tentang struktur serta pemahaman  perawatan permesinan dan keselamatan pelayaran ,salah satunya pemahaman pengertian efisiensi dari keuntungan2 yg dapat di capai oleh perusahaan . jadi jelas sangat erat sekali hubungan antara solas 74/78 dgn perawatan dan perbaikan mesin.

4).Dalam SOLAS Consolidation Edition 2001 tersebut,terdapat chapter2 yg berhubungan erat dengan perawatan dan perbaikan kapal Sebutkan chapter dan jelaskan maksud dan tujuannya?
  • Chapter II-1  tentang kontruksi,subdivision stabilitas , machinery dan electrycal instalasi.yang mempunyai tujuan pemeriksaan dan sertifikasi  lambung kapal,perlengkapan dan perawatan2 yg di lakukan demi penghematan dan keselamatan dari kapal tersebut.
  • Chapter II-2  tentang fire protection,fire detection,dan fire extinction yang mempunyai tujuan  pencegahan bahaya kebakaran yg mungkin terjadi,penanganan bahaya kebakaran dgn perlengkapan 2 seperti safety dan pompa2 pemadaman, serta alarm2 tanda bahaya kebakaran  serta system2 pengamanan.
  • Chapter IX tentang manajemen dan pengoperasian kapal yg mempunyai maksud  di penuhinya standar2 keamanan yg di perlukan di atas kapal serta standart perawatan kapal agar dapat lebih efisiendan dapat di operasikan lebih lama sehigga dapat lebih menguntungkan dan maksimal.

Data – data yg harus ada sebelum melakukan pekerjaan perawatan mesin :
Nama pabrik mesin,tipe - tenaga (hp), jumlah silinder, diameter silinder, langkah torak, putaran mesin, tahun pembuatan, no seri, no mesin,terakhir general overhaul  - jam kerja setelah overhaul, klasifikasi, nama kapal, bendera kapal

5).SCTW 1978/ Amandemen 95 mempunyai hubungan dengan keberhasilan perawatan dan perbaikan mesin di kapal, Jelaskan hubungan kecakapan / kemampuan sumber daya pelaut dgn perawatan dan perbaikan mesin.    
Dalam hubunganya dgn SCTW 78/95, diperkenalkan tentang standart minimum pelatihan kecakapan  dan sertifikasi untuk Nakhoda,perwira kapal, serta abk, yg jg memuat standar pengawasan. Dengan adaya pengetahuan dan pemahaman dari sumber daya pelaut di harapkan mampu melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab serta mengerti dengan perawatan dan perbaikan mesin yg di harapkan perusahaan pelayaran agar dapat mengefisiensikan kapal sebagai asset utama pelayaran. Adapun dengan semakin berkembangnya kompetensi sumber daya pelaut maka akan semakin dapat memahami kemungkinan 2 terjadinya hal2 yg dapat menimbulkan semacam kecelakaan dan kerusakan yg di timbulkan.

6). Standart perawatan dan perbaikan yang perlu di perhatikan :
  • Instruction book
  • jurnal log book    
  • manajemen perawatan  
  • plant maintenance system
  • Instruction book ialah buku petunjuk manual untuk panduan seorang masinis dgn spesifik menurut pabrik pembuat .
  • journal log book merupakan petunjuk2  dgn data2 yg terjadi pd system sehingga kita dapat mengambil kesimpulan2 dan tindakan yg akan kita perbuat.
  • plant maintenance system artinya perencanaan2 yg telah di buat dgn mengacu pd data2 yg ada dgn benar ,tepat waktu,dan memperkecil biaya perawatan .
Manajeman perawatan adalah program2 yg telah di  buat untuk perencanaan pengoperasionalan sehingga dapat memberi kan hasil optimal dan berpotensi.

7).Apa yg di maksud dengan perawatan berencana pada perawatan dan perbaikan mesin ?
Adalah perawatan dengan penentuan perawatan yg sdh di program dalam prosedur perawatan melalui instruction book,utk di laksanakan dgn benar,tepat waktu,dan berapa biaya perawatanya utk mempertahankan agar pengoperasionalan kapal dapat lancer dan tdk mengakbatkan delay  dan  memperpanjang usia pakai alat tsb (lifetime).Sehingga di dapatkan penghematan 20% dan keuntungan 2 lain di dapatkan .

8).Apa yang di maksud dengan perawatan insidentil dab berencana
a.Isidentil: Pemeliharaan yg diakibatkan  kerusakan yg selanjutnya mendapatkan penanganan perbaikan.
b. berencana :
suatu usaha utk mencegah kerusakan/ bertambahnya/ utk menemukan dlm tahap dini.

9).Tujuan umum perawatan prbaikan dan jelaskan mngapa perlu adanya system perawatan tsb?
  • utk mngoptimalkan daya dan hasil guna material sesuai fungsi
  • mencegah kerusakan berat secara mendesak
  • mengurangi jumlah perbaikan
  • Semua itu dilakukan agar kapal slalu dlm kondisi baik.

10).Perawatan dan perbaikan TOP OVER HAUL (2000-4000 jam kerja) bagian2 yg diperiksa sebagai berikut:
  • Kepala silinder
  • Rocker arm
  • Push rod
  • Ex-in valve spindle valve
  • Fuel oil injector set
  • Bushing batang klep
  • Indicator cock set
  • Savety valve
  • Air starting valve
  • Injection pump
>>komponen yg harus diperiksa didalam ruang engkol
  • Split pen
  • Linier bagian bawah
  • Poros engkol
  • Connecting rod
  • Piston bagian bawah
  • Linier bagian luar
  • Minyak lumas
  • Mur dan baut pengikat
11). perawatan dan perbaikan MAJOR OVER HAUL komponen yg dibuka,diperiksa,( 8000-1600)
  • Semua material yg dikerjakan pd saat TOP OVERL HAUL
  • Cylinder linier
  • Piston dan ring piston
  • Conecting rod
  • Metal duduk
  • Pompa bahan bakar
  • Poros engkol
  • Metal jalan
Sumber: Kumpulan Materi diklat Upgrading ATT-IV / III
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar