--> Skip to main content

Mesin Penggerak Utama Kapal

Tanya Jawab/Rangkuman MPU ( Motor Penggerak Utama Kapal )



1.Motor:
Pesawat yang usaha panasnya didapat dari pembakaran Bahan Bakar di dalam mesin itu sendiri/Suatu pesawat yang dapat mengubah tenaga/energi menjadi tenaga gerak.

2.Mesin uap:
Pesawat dimana usaha panasnya didapat dari pembakaran Bahan Bakar diluar mesin itu sendiri.

3.Jelaskan perbedaan motor diesel 4Tak & 2Tak?
Motor Diesel  4Tak
->4 kali langkah torak,2 kali putaran poros engkol,dan 1 kali langkah usaha.
Langkah-langkahnya:
A.Langkah hisap:
Torak bergerak dari TMA( titik mati atas )menuju TMB(titik mati bawah),klep isap terbuka,udara masuk kedalam cylinder.

B.Langkah Kompresi:
Klep hisap dan klep buang tertutup rapat,torak bergerak dari TMB menuju ke TMA,udara didalam Cylinder dimampatkan sehingga tekanan udara dan suhunya meningkat.

C.Langkah Usaha:
5° s/d 10° sebelum torak mencapai TMA oleh pengabut/injector dikabutkan BBM dan bercampur dengan udara yang bertekanan serta bersuhu tinggi sehingga terjadilah pembakaran/ledakan.Pengabutan berlangsung sampai 10°sesudah TMA.Selanjutnya ledakan tersebut berfungsi sebagai tenaga untuk mendorong torak dari TMA ke TMB guna memutar poros engkol.

D.Langkah Buang:
Torak bergerak dari TMB menuju TMA utk mendorong gas sisa pembakaran keluar Cylinder,Klep gas buang terbuka penuh.

Motor Diesel 2Tak:
->2 kali langkah torak,1 kali putaran poros engkol,dan 1 kali usaha.
Langkah-langkahnya:
A.Torak bergerak dari TMB menuju TMA pada saat itu terjadi proses pembilasan gas buang sekaligus pengisian udara kedalam cylinder dan diteruskan dengan proses kompresi.
B.10° sebelum TMA sampai degan 10° sesudah TMA  dikabutkan BBM sehingga terjadilah pembakaran didalam ruang kompresi.Torak bergerak dari TMA menuju TMB sebagai langkah usaha yang bertenaga untuk memutar poros engkol.

Perbandingan Motor Diesel 4Tak dan 2Tak:
Pemakaian Bahan Bakar Minyak:
-Motor Diesel 4Tak karena pembakaran lebih sempurna maka pemakaian BBM lebih irit
-Motor diesel 2Tak karena pembakaran kurang sempurna maka pemakaian BBM lebih boros.
Daya mesin:
-Motor Diesel 4Tak daya mesinnya lebih kuat
-Motor Diesel 2Tak daya mesinnya lebih besar
Putaran mesin:
Motor Diesel 4Tak putaran mesinnya lebih cepat dibanding Motor diesel2Tak.

4.Apa keuntungan dan kerugian Motor diesel 2Tak di banding Motor Diesel 4Tak?
Keuntungan Motor Diesel 2Tak:
Tenaga motor lebih besar,Konstruksinya lebih sederhana,perawatan lebih mudah,personil yang menjalankan lebih sedikit dan mudah di start
Kerugiannya:Pemakaian BBM lebih banyak,getaran lebih besar,suhu yang dihasilkan lebih tinggi,pembilasan kurang sempurna pada ruang Cylinder.

5.Jelaskan perbedaan motor Diesel & bensin menurut cara penyalaan BBM:
-Motor Diesel:
Udara dimamapatkan sampai 38 Atm,temperatur 600°C sebelum TMA,BBM(bahan bakar minyak)dikabutkan dan bercampur dengan udara bertekanan serta suhu yang tinggi.maka terjadilah pembakaran
-Motor Bensin:
BBM yang dikabutkan dicampur udara didalam karburator,dialirkan keruang bakar,dengan tekanan 5-7 kg/cm3,dengan temperatur 200°C karena bunga api listrik,maka terjadilah pembakaran.

6.Langkah-langkah persiapan pengoperasian Motor diesel:
->Cek oli,Cek BBM,Cek botol angin untuk start engine,Cek kesiapan mesin dengan di toren,Melumasi alat-alat yang bergerak.
Bila motor induk mati(Black out):
->Tanki harian BB kosong.Cara mengatasinya isi kembali tanki BB (bahan bakar).
->Ada udara pada system BB,Cara mengatasinya cek/cerat priming BB.
->Tanki harian BB banyak air sehingga pada system BB banyak air.Cara menanganinya Buang air didalam tanki harian,buka cerat air,priming BB.

7.Jelaskan perbedaan system pembuangan gas dalam Cylinder pada Motor diesel 4Tak dan 2Tak dari segi peralatan dan fungsinya:
-->Dari segi peralatannya:
MD(Motor Induk) 2Tak lebih sederhana karena tidak perlu katup buang/hisap dipasang pada Cylinder head.
->Prosesnya:
Pembakaran motor 2tak lebih cepat prosesnya dibanding motor 4Tak.
->Fungsinya:
Motor 2Tak tidak cocok digunakan pada motor diesel putaran sedang dan tinggi.
Perbedaan MD 2Tak & 4Tak megenai system pemasukan udara kedalam Cylinder:
->Dipandang dari peralatannya: MD 4Tak tidak memerlukan auxiliary blower untuk menjalankan diesel saat akan dijalankan ,sedangkan MD 2Tak pada saat akan dijalankan diperlukan tekanan udara dari Auxiliary blower(kalau tidak ada tidak dapat hidup)
->Dipandang dari Prosesnya:
Pembilasan pada MD 4Tak udara bilas masuk melalui klep isap dipasng di Cylinder head sedang pada MD 2Tak udara bilas masuk melaui lubang-lubang bagian bawah Cylinder sehingga memungkinkan pembilasn keliling,pembilasan searah,dan pembilasan melintang.

8.Sistem/defenisi Pembilasan adalah:
->Suatu proses dimana udara bersih dari luar di alirkan kedalam cylinder untuk menekan keluar gas bekas yang berada didlm cylinder.
->Fungsi pembilasan:
Untuk membuang gas bekas di ruang cylinder,untuk mengisi cylinder dengan udara baru,mendinginkan cylinder.

9.Macam-macam pembilasan:
A.Pembilasan Melintang(Sulzer):
Dimana proses pembilasan melintang ke samping dengan adanya udara baru yang menekan masuk pada 2 sisi lubang pembilasan.
B.Pembilasan memutar(MAN):
Pembilasan uadara memutar keatas kepala cylinder dan ditekan oleh udara baru yang masuk,hal ini terjadi karena lubang pembilasan berdampingan pada satu,atas dan bawah.
C.Pembilasan membalik(MOTOR STORK):
Pembilasana udara menjadi memutar didalam ruang bakar karena system aliran lubang masuk didesain miring menghadap arah keatas,pada 2 sisi kiri dan kanan.
D.Pembilasan memanjang(MOTOR B&W):
Pembilasan terjadi hanya searah saja,udara gas buang akan keluar kearah atas karena kontruksi 1 sisi lubang masuk disamping sedangkan lubang keluarnya diatas dengan memerlukan katup buang.
Pembilasan memanjang lebih bagus dari pada yang lainnya karena:
-Udara pembilasan pembilasan bergerak 1X langkah torak sedangkan type yang lainnya 2X langkah torak.
-Udara pembilasan bergerak/mengalir dari bawah keatas sehingga pembilasan mencapai lebih dari 90% karena tidak adanya sudut-sudur mati.
-Dengan diameter yang sama dan daya yang sama maka langkah torak dapat diperbesar sehingga Rpm lebih kecil,yang berarti slip-slip baling2 lebih kecil dan pemasukan BBM lebih hemat.
-Jarak lubang udara bilas terhadap lubang gas buang cukup jauh sehingga tidak terjadi ketegangan BBM pada liner maka cylinder liner lebih awet.

10.Apa yang dimaksud Timing diagram:
Dalam mendapatkan daya dan pembakaran yang sempurna maka untuk mendapatkan hasil yang optimal diperlukan pengaturan yang tepat,untuk itu diberi timing diagram pada motor diesel.
Timing diagram waktu saat penyemprotan dan dilaksanakan pembukaan serta periode pembakaran katup-katup pada mesin-mesin 2 tak & 4 tak.

11.Sebutkan beberapa cara untuk menjalankan /start:
->Dengan  motor listrik/dynamo start aliran didapat dari Accu dihubungkan dengan kabel melalui kunci kontak,kemudian ke dynamo strat,kemudian menggerakan motor.
->Dengan cara mekanik/di engkol dikompresikan dimasukan kemudian dengan motor di engkol sampai kencang,setelah dikompresinya  dilepaskan kemudian motornya akan hidup.
->Dengan cara menghubungkan dengan kopling biasa dengan motor bantu mesin dihidupkan dulu baru dihubungkan dengan kopling motor akan hidup.
->Dengan udara perjalanan yang bertekanan.
botol/bejana udara dibuka,kemudian ditoren terlebih dahulu baru katup udara dibuka kemudian motor hidup.

12.Persyaratan kapasitas bejana udara untuk start Motor Induk:
-12 kali berturut turut bagi Motor Diesel induk tanpa kopling pembalik arah putaran.
-6 kali berturut turut bagi Motor Diesel induk dilengkapi pembalik putaran arah.

13.Fungsi Pelumasan:
-Memperkecil koefisien gesekan yang terjadi sehingga bergerak yang bergesekan tidak cepat aus.
-Sebagai pendingin dalam mesin diesel di mana pemuaian dipindahkan melalui hantaran pelumas.
-Membersihkan bagian baguan dalam mesin dari jelaga dan macam macam metal sendimen.
-Meredam bunyi
-Melincinkan benda yang bergerak.
Jenis jenis yang pelumas yang dipakai Motor Diesel:
SAE 40,30,90,120,68,10.

14.Nama-nama peralatan yang mendukung system pelumasan pada Motor Diesel:
-Tank service,Filter oil,Cooler,pompa air.
Bagian-bagian yang perlu pelumasan:
-Crank shaf,gear,Conecting rod,piston,Rocker arm,main bearing,thrust bearing.

15.Penyebab kerusakan minyak pelumas tidak dapat dipakai lagi:
-Kekentalan sudah melampui standart yangg telah ditentukan.
-titik nyala sudah menurun melampaui batas karena tercampur dengan Bahan Bakar.
-Mengandung deposit logam yang berasl dari material mesin.
-Kadar air melampaui batas.

16.Perawatan terhadap minyak lumas yang harus di jaga:
-Jumlah/volume,jika sewaktu jaga ternyata kurang agar segara ditambah agar tidak cepat menjadi encer dan menghitam.
-Viscosity apabila sudah terlalu encer/jam kerjanya sudah habis agar segera diganti yang baru.
-Jangan sampai tercampur dengan air tawar/air laut ataupun Bahan bakar/solar.

17.Minyak bercampur dengan air:
Mengakibatkan terjadinya proses korosi.
Minyak bercampur dengan BBM:mengakibatkan turunnya kadar kekentalan sehingga hilangnya film minyak dan metal metal akan segara hancur.

18.Gejala-gejala bahwa minyak pelumas sudah menjadi rusak:
-Minyak pelumas berwarna keputih-putihan seperti susu dimungkinkan tercampur dengab air tawar,agar diperiksa keadan cylinder liner(mungkin ada kebocoran)/air tawar pendingin ijektor/untuk kapal lama agar diberikan system teleskop pendingin torak.
-Minyak pelumas berwarna kehijauan seperti lumpur cair,dimungkinkan tercampur dengan air laut,agar diperiksa got kamar mesin,mungkin banjir dan masuk ke LO sump tank/perikasa Lo cooler mungkin bocor.
-Minyak pelumas dalam sump tank terlalu banyak tetapi encer dan berbau solar,agar diperiksa pengabutan bb/injector yang mungkin  bocor pada nozlenya selanjutnya minyak tidak terbakar dan mengalir kekotak engkol ditarik oleh crap oil ring.
-Minyak cepat berwarna hitam dan cepat encer di mungkinkan ring ring torak yang sudah lemah/aus/bocor ataupun jumlah/volume minyak lumas dalam sump tank sering kurang dan bertambah jumlahnya.

19.Tuliskan persyaratan yang ideal untuk suatu pelumasan Motor Diesel?
-Memenuhi kekentalan,tidak boleh berlendir
-Tidak boleh asam
-Tidak boleh bercampur dengan gondorukem
-Kekentalan tidak boleh terpengaruh oleh suhu keliling
-Harus mencekat pada permukaan logam dan dapat Membentuk selaput minyak yang tipis
-Harus bebas emulsi karena tercampur air
-Harus netral dan bebas okasidasi
-Harus tahan suhu extstrim dan tidak boleh menguap/terbakar.
-Minyak tidak boleh mengandung air kotoran/mungkin sedikit mengandung belerang dan arang.

20.Ada 2 macam pendinginan:
1.Pendinginan terbuka:
Pendinginan Motor Diesel dengan media air laut secara langsung.
Keuntungannya:
-System cukup sederhana,tidak perlu tanki exspansi,cooler,sehingga biaya lebih murah.
-Medi pendingin/air laut selalu tersedia.
Kekurangannya:
-Pada suhu lebih dari 50°C akan terjadi kerak ekrak garam yang akan memepersempit pipa.
-Resiko terhadap proses korosi sangat besar sehingga motor akan lebih cepat rusak.
-Resiko berlayar didaerah dingin maka pengaturan suhu air masuk motor sulit diatur karna suhu air laut terlau rendah sehingga cylinder liner dapat retak karena perbedaan suhu yang tinggi antara didalam cylinder liner dan suhu air laut diluar cylinder liner.
2.Pendinginan tertutup:
Motor diesel didinginkan dengan media air tawar dan selanjutnya air tawar yang keluar dari cylinder head didinginkan melalui cooler air tawar dengab pendingin air laut.
Keuntungannya:
-Dengan media air tawar,maka resiko terhadap korosi dapat diceagah/dihindari.
-Pengaturan suhu masuk dan suhu keluar dari air pendingin lebih mudah diatur lewat cooler
Kekurangannya:
-Ketergantungan terhadap persediaan air tawar pendingin
-Sistem penataan pipa menjadi lebih mahal karana adanya cooler,Tanki exspansi dan pipa.

21.FW(fresh water) cooling ada 2 buah kran air laut:
-Sea chest atas:
dibuka saat kapal memassuki areal pelabuhan/alur sungai karena dikahawatirkan adanya lumpur yang akan terhisap oleh pompa air laut pendingin.
 -Sea chest bawah:
Dibuka saat kapal telah berlayar dilaut bebas dengan maksud isapan pompa akan lebih kuat dan kapasitas pompa akan lebih maksimum.

22.Fungsi Exspansi tank:
Untuk ruang berkembangnya air tawar pendingin ketika panas agar pipa-pipanya tidak pecah.
Selain itu berfungsi sebagai pengontrol jumlah/Volume air berkurang sekaligus untuk menambahnya.

23.Apa yg dimaksud pembakaran?unsur-unsur komposisi Bahan Bakar?
Pembakaran:
Reaksi kimia dari komposisi2 BB thd O2.
Unsur-unsur komposisi Bahan Bakar:
-87% zat arang
-13% zat air
-Zat arang(carbon) dengan unsur kimia( C )
-Zat air(Hidrogen)unsur  kimianya H2
-Zat lemas(Nitrogen)N2
Zat belerang(sulfur)S

24.Perawatan terhadap system BBM:
-Menjaga kebersihan minyak BB dari adanya kandungan air maupun endapan dengan menggunakan oli separator dan filter.
-Menjaga tidak ada udara dalam system.
-Menjaga tidak ada kebocoran.
-Memberi zat kimia/chemical pada saat kapal bunker melalui instalasi khusus.
-Memanaskan BB sebelum masuk kemesin dengan system coil.

25.Penyebab asap Motor Diesel menjadi warna:
Hitam:
Terlalu banyak Bahan Bakar yang disemprotkan waktu penyemprotan BB tidak tepat,tekanan lawan gas buang besar,kekurangan udara baru,kondisi mesin itu sendiri.
Putih:
Air ikut terbakar,kompresi rendah,kadar oktan Bahan Bakar rendah,kesalahan pengabutan.
Abu-abu:
Kebanyakan minyak dalam saringan udara,kesalahan pemasangan ring minyak.

26.Fungsi gavernor pada Motor diesel:
->Supaya motor bekerja pada putaran teratur sesuai yang dikehendaki sehingg bila terjadi penambahan/pengurangan beban maka putaran motor dengan cepat disesuaikan.

27.Langkah-langkah yang dilakukan governor:
-Governor mengurangi pemberian BB dengan jalan menarik rack pada pompa injection untuk injector sehingga putaran mesin berkurang jika tiba-tiba terjadi perubahan beban.
-Jika terjadi over speed maka governor akan mematikan mesin dengan cara menarik rack injection pump Bahan bakar untuk injector ke posisi nol.

Sumber: Materi diklat Upgrading ATT III
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar