--> Skip to main content

Cara Cek Online Sertifikat COP Pelaut

CARA CEK ONLINE SERTIFIKAT KETRAMPILAN PELAUT ( COP)  


Setelah tampilan baru database online pelaut untuk pengecekan sertifikat online banyak perubahan terutama untuk mengakses data sertifikat pelaut.

Bagi yang mengecek dengan memasukan kode pelaut 10 digit nanti yang tertampil di website pelaut adalah ijasah/sertifikat kompetensi terakhir berikut sertifikat endorsementnya/pengukuhannya dan sertifikat BST ( Basic Safety Training ),untuk sertifikat ketrampilannya ( cop ) di cek sesuai nomor sertifikat yang tertera di pojok kanan atas masing masing sertifikat ( cop ).

Hal ini kadang merepotkan dan membingungkan bagi rekan pelaut yang ingin mengecek sertifikat ketrampilannya ( cop ) setelah ambil diklat dan ingin mengecek apakah sudah online atau belum,lain hal nya kalau sertfikat sudah ditangan.

Karena setelah kita diklat ketrampilan di suatu badan diklat pelaut yang ada diindonesia rata rata yang terbit onlinenya dulu baru fisiknya terbit.

Mungkin ini sedikit memberi solusi,saya akan menshare cara mengecek online masing masing sertifikat ketrampilan apabila fisik sertifikat belum di tangan atau sedang menunggu terbitnya sertifikat setelah kita melaksanakan diklat ketrampilan pelaut tertentu dari pada kita mengecek.langsung ke badan diklat yang akan memakan biaya dan waktu,untung kalo sertifikatnya sudah jadi kalau belum maka akan jadi sia sia kedatangan kita ke badan diklat yang kita ikuti suatu diklatnya.

Pertama tama kita harus mengetahui atau menahami dari pada pengkodean di nomor sertifikat pelaut yang kita punya.

Kode sertifikat ketrampilan pelaut:
BST: 01
SCRB: 04
MEFA: 07
AFF: 06
MC: 08
BOCT: 39
AOT: 41
BRM: 23
SSO: 24
SAT: 31
SDSD: 32
BLGT: 37
ABLE: 34
ERM: 27
Crisis Manajemen: 17
Crowd Manajemen: 13
ACT: 40

Kode Badan diklat:
STIP JAKARTA: 01
BP3IP JAKARTA: 02
PIP SEMARANG: 03
POLTEK SURABAYA: 05
PMTC-PERTAMINA: 07
BP2IP Tangerang: 24



Mudah-mudahan bermanfaat buat rekan pelaut semua dan yang punya kepentingan.

Baca Juga : Diklat di Pertamina Training Center 2019
-Salam Pelaut-
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar