--> Skip to main content

Ilmu Bangunan Kapal

BANGUNAN KAPAL

1. Ilmu bangunan kapal terdiri dari :
disain, bentuk, dan kostruksi serta pengperasiannya.

2. mengapa ilmu bangunan kapal perlu dipelajari. : disebabkan perkembangan teknologi semakin maju dimana semakin berkembang. Pula akan kebutuhan sarana angkutan kapal yg sesuai, sehingga di dapat disain dan konstruksi yg baik serta mencapai standarisasi keselamatan dan keamanan  yg telah di sepakati.

3.Hal-hal yang erat kaitannya degan pengoperasian sebuah kapal , yang perlu di pelajari.:
Bentuk kapal dan disainnya,                                
-bentuk pengapalan muatannya,                           .
-trayek2 yg akan dilaluinya,                                
-jenis pekerjaan yg akan di lakukan kapal tsb,  
-hal 2 yg menentukan keselamatn kapal tsb dll
-untuk tujuan apa kapal tersebut di buat,
-hal yg masih berfungsi dengan baik pd kapal tsb
-mengenal ukuran dan kapasitas angkutnya

4. Mengapa bagian2 tertentu sebuah kapal perlu dikenal dan di ketahui fugsinya oleh seorang mualim.:
karena hal pengenalan adalah dasar dari pengetahuan pekerjaan untuk tingkat selanjutnya bagi seorang mualim yg bilamana mualim tsb tidak mengetahui fungsi2 dasar bagian2 tsb dapat berakibat buruk pada keselamatan dan pekerjaan tsb.sehingga dapat menimbulkan kerugian baik perorangan maupun perusahaan..

5.maksud2 mengetahui ukuran2 pokok sebuah kapal : maksud mengenal Ukuran pokok sebuah kapal  memang di perlukan agar dapat mengetahui besar kecilnya sebuah kapal , kapasitas daya angkutnya , untuk penghitungan perbandingan biaya pelabuhan, sehingga di harapkan dapat  mengkalkulasi  hal yg perlu di perhitungkan.

6. Tipe sebuah kapal yg di bangun sangat erat hubunganya dengan jenis muatan yg akan di angkut..:  karena dengan mengetahui tipe kapal tsb maka kita dapat mengetahui jenis –jenis muatan yang akan diangkut, sehingga di dapat penataan ruang yang baik serta penanganan yg sesuai sehingga tidak merusak muatan dan di upayakan meminimalkan kerugian yg dpt di timbulkan.

7.Maksud perlu mengetahui system pembuangan palka / got palka sebuah kapal tujan :
-cara pemasangan terapan ganda sehubungan dengan system palka yg bersangkutan .
-mengetahui bagian2 mana pada geladak  atau dalam palka yang boleh di padati dengan muatan dan bagian mana yang dilarang.
-Mengetahui batas bagian yg boleh di padati dengan muatan berat , pd bagian mana tidak boleh dan lain

8. Menurut apakah ukuran-ukuran pokok sebuah kapal di hitung.
 Menurut ukuran secara  membujur , melintang,maupun berikut tonagenya , untuk mengetahui  besar kecilnya sebuah kapal , besarnya daya angkut, besar nya  bea – bea , sarat maksimum-minimum sebuah kapal, besarnya kapasitas palka

9. Yang dimaksud dgn kemudi berimbang dan semi barimbang :
- Kemudi berimbang :- Kemudi yg daun kemudinya sebagian berada di belakang  poros putar (75-70%) dan sebagian kecil berada di depan poros putarnya (25-30%).
- Kemudi semi barimbang :- Kemudi yg sebagian daun kemudinya berada di depan poros putar (lebih kecil dr 20%)dan sebagian (80%)berada di belakang porors putar.

10.Syarat yg hrs dipenuhi oleh sekat pelanggaran :
- Bagian kpl barang letaknya minimal 5% dr LBP dan kpl penumpang 5% + 10 kaki.
- Menggunakan plat yg 24% lebih tebal dibandingkan dr sekat kedap air biasa.
-Plat bagian bwh hrs dipertebal 0,1/2,5mm.
-Potongan baja siku penguat dipasang di muka sekat.
- Potongan baja siku penguat dipasang vertikal,tetapi bagian dipasang horizontal.
-Jarak antara siku baja penguat lebih kecil yaitu 24” / 610 mm.

11.Yg di maksud dengan :
-Memanjang ialah  jarak membujur sebuah kapal hitung dari   bagian dengan linggi sampai pada sisi belakang poros kemudi  atau tengah tengah cagak kemudi  pada kapal yg tidak memiliki poros kemudi..Panjang ini tidak kurang dari 96 persen dan tidak lebih 97 persen panjang pada sarat musim panas maksimum dan merpakan panjang yg oleh biro klasifikasi  dimana kapal tsb di keluarkan
-Melebar ialah lebar kulit kapal bagian dalam terbesar yg di ukur dari bagian sebelah dalam kulit kapal lebar ini jg merupakan lebar menurut ketentuan biro klasifikasi di mana kapal tsb di class kan.
-Dalam ialah jarak tegak yg di nyatakan dalam meter pada pertengahan panjang kapal di ukur dari bagian atas lunas sampai bagian atas balok geladak dari geladak jalan terus teratas.

12. Apakah yg di maksud dgn  ;
A .  Lebar extrim : jarak melintang dari suatu titik terjauh di sebelah kiri sampai titik terjauh di sebelah kanan Badan kapal , di ukur pada lebar terbesar dan sejajar lunas. Dalam hal ini kulit di hitung, dan merupakan lebar kapal terbesar  registered breadth
B.   Lebar dalam ( moulded breadth ) lebar kapal di hitung dari sebelah dalam kulit kapal lambung yg satu  sampai ke sebelah dalam lambung lainnya ,di ukur pada lebar kapal terbesar dan sejajar lunas Dapat jg lebar bagian luar gading2 lambung yg satu sampai ke bagian luar gading2 lambung lain. Di ukur pada lebar kapal terbesar dan sejajar lunas. Lebar dalam merupakan lebar menurut biro Klasifikasi di mana kapal tsb di kelaskan . Lebar dalam jg d sebut lebar ranangan, dimana tebal kapal tidak di hitung.
 C.Lebar terdaftar (registered breadth) lebar seperti yg tertera di dalam sertifikat kapal itu, Panjangnya sama dengan lebar dalam ( moulded breadth )
D.Lebar tonnase ( tonnase breadth ) lebar kapal dari bagian dalam wilah keringat lambung yg satu sampai ke bagian dalam wilah keringat lambung lainnya , di ukur  pada lebar terbesar dan sejajar lunas.
13. Terdiri dari apa sajakah ukuran tegak sebuah kapal
-  sarat kapal , jarak tegak yg di ukur dari titik terendah badan kapal sampai garis air jarak ini sering disebut jarak Moulded.
 - Lambung bebas( free board) ialah jarak tegak dari garis air sampai geladak lambug bebas atau garis deck.
- Dalam ialah jarak tegak yg di ukur dari titik terendah badan kapal sampai ke titik sampai ke titik di geladak lambung bebas tsb. Dgn kata lain dalam merupakan jumlah sarat kapal dan lambung bebas. Jarak ini merupakan dalam menurut biro klasifikasi di mana kapal tsb di kelaskan
-Dalam tonnase ialah dalam yg di hitung mulai dari alas dasar dalam sampai geladak lambung bebas.
14. Keuntungan dan kerugian kpl sambungan dgn lambunagnya dgn las dan keeling :
a. Keuntungannya :
- Memperoleh sambungan yg agak kaku fungsinya utk memperkecil getaran dibagian tertentu.
- Tidak menembah berat.
- Kekuatan sambungan cukup besar yaitu 80-100%.
- Mempunyai permukaan sambungan yg rata.
- Mudah memperoleh sambungan yg kedap air /minyak.
- dpt dilakukan didlm air.
-Tdk ramai dan bising.
- Mudah dikerjakan ditmp sempit.
b.Kerugiannya:
- Terlalu byk tegangan didlm material.
- Dpt trj perubahan bentuk krn hal diatas.
- Sulit menentukan mutu pekerjaan las yg baik.

15. Yg dimaksud dgn ”Man hole: :
- Setiap ruangan & tangki dikpl yg hrs berada dlm keadaan tertutup kedap air/minyak memiliki lubang ditmp jalan keluar masuk.

16. Yg dimaksud dgn Gading2 besar (web Frame) :
- Gading2 yg ukurannya lebih besar dibanding Gading2 lainnya,letaknya pd lambung dimana balok geladak ditempatkan terputus-putus krn adanya lubang palka,dikamar mesin,diburitan maupun ditmp yg memerlukan  kekuatan
Fungsinya:
- Bersama dgn balok gelodok dan wrang membentuk sebuah bingkai kekuatan melintang kpl.
- tmp melekatnya lajur plat kulit kpl.
- Memberi bentuk pd lambung kpl.

17.Penyambungan plat geladak secara las dan keeling :
Pemasangan scr las :
-Dgn mengelas ujung plat dgn plat lainnya yg semakin merendah ke tepi biar air dpt mengalir ke tepi.
Pemasangan scr keeling :
- Ujung plat yg dipasang saling meninduh dan mengarah keluar agar air dpt mengalir ke pinggir.

18. Perbedaan penataan lensa dan ballas:
-Pompa lensa digerakan dgn tenaga sendiri saja dan lebih kuat.
- Lemari pembagi pipa pd penataan lensa non return klepnya pd penataan ballas tdk ada.
- Ujung pipa hisap pd penataan lensa memiliki kotak saringan.
- Pada pipa ballas tanpa saringan dan melebar.

19. Syarat kemudi menurut solas 1974 :
- Harus cukup kuat agar dpt menahan tekanan air dan ombak.
- Daun kemudi dan haluan kpl harus menyimpang kesisi yg sama dgn arah putaran roda kemudi sat cikar.
- saat di cikar kecepatan kapal tdk boleh berkurang banyak.

20. Jelaskan ,Kontruksi melintang dan membujur sebuah dasar berganda :
- Bagian dr lunas kpl yg memiliki sebuah geladak/lantai diatas wrang sehingga terdapat ruang antara lunas dan lantai tsb.Ruang tsb berfungsi sbg penyimpan air ballas dan minyak.

21. Fungsi geladak dilapisi kayu :
- Agar geladak tdk licin ,agar rapi dan mudah perawatannya.
Cara pemasangannya :
- sebelum kayu geladak dipasang maka geladak dan kayunya dilubangi gunanya utk memasukan baut kayu geladak,kemudian dikencangkan dari bawah dgn memakai ring dan mur antara kayu yg satu dgn yg lain diberi pakal.

22. Yg dimaksud dgn plat intan :
-Plat yg digunakan utk menghubungakan dua buah plat yg tdk sejenis.
Diletakan diantara dua buah plat yg tdk sejenis.

23. Kegunaan sekat kedap air :
- Mengisolasi kebakaran agar tetap di suatu ruangan.
- Membagi kapal menjadi beberapa ruangan.
- merupakan kekuatan melintang kapal setempat

24. Fungsi dari :
Shaft tunnel yaitu :
- Agar poros baling2 berada didlm sebuah ruangan yg kedap air.
- Tempat lewatnya poros baling-baling.
- Utk mencegah masuknya air kedlm palka jika ada kebocoran pd packing belakang.
Stern tube yaitu :
-Sbgi tmp utk melakukan perawatan terhadap poros baling2 dan tmp jalannya pendingin poros baling2.
- Melindungi poros baling2 dan menjaga tetap kedap air pd tempat dimana poros memotong kulit kapal.
- Melindungi tail shaft tdk aus dan berputar pd tempatnya.

25. Cara pembrian tanda dan nomor pada gading-gading :
Dimana pemberian tanda / nomor dgn angka dimulai dr belakang ke depan.
-Penomoran dimulai dr bidang tegak belakang (cagak kemudi ) sbgi gading nol dan gading buritan.
-Gading sebelah dpn nol diberi nomor urut (+) ; 1,2,3 dst,dan gading sebelah belakang gadi8ng nol diberi no urut (-) : 1,2,3,4,5 dst atau dgn huruf a kecil : a,b,c,d dst.

26.Bilges keel (lunas got) kegunaannya:
- Lunas yg dipakai /dipasang disisi kiri dan kanan luar bilik dimaksudkan utk menahan oleng kpl dan dipasang hanya sampai ½    dibagian tengah kpl.


27. Kegunaan tangki dasar berganda :
-Bila kpl kandas dan mengalami kebocoran masih ada ruangan yg kedap air.
-Sebagai ruang muatan cair,air tawar,bahan bakar,ballas dsb.
- membantu stabilitas kapal.
- menambah kekuatan melintang kpl.
Kontrusinya terdiri dari :
-sistem kontruksi kerangka melintang dgn wrang2 penuh dan wrang2 terbuka.
-Sistem kontruksi kerangka membujur dgn wrang2 penuh dan wrang2 terbuka.
-Dasar berganda dikontruksikan dibawah lantai muatan do depan ceruk haluan.

Maksud tangki dasar berganda :
- bagian dr lunas kpl yg memiliki sebuah geladak/lantai tepat diatas wrang,sehingga terdapat ruang antara lunas dan lantai tsb,ruang tsb berfungsi sbgi tangki penyimpanan air ballas dan minyak.

28. Kegunaan sekat kedap air :
- Mengisolasi kebakaran agar tetap di suatu ruangan.
-Membagi kapal menjadi beberapa ruangan.
-merupakan kekuatan melintang kapal setempat

29.Syarat yg hrs dipenuhi oleh sekat pelanggaran :
- Bagian kpl barang letaknya minimal 5% dr LBP dan kpl penumpang 5% + 10 kaki.
- Menggunakan plat yg 24% lebih tebal dibandingkan dr sekat kedap air biasa.
-Plat bagian bwh hrs dipertebal 0,1/2,5mm.
-Potongan baja siku penguat dipasang di muka sekat.
- Potongan baja siku penguat dipasang vertikal,tetapi bagian dipasang horizontal.
-Jarak antara siku baja penguat lebih kecil yaitu 24” / 610 mm.

30. Cara pembrian tanda dan nomor pada gading-gading :
Dimana pemberian tanda / nomor dgn angka dimulai dr belakang ke depan.
-Penomoran dimulai dr bidang tegak belakang (cagak kemudi ) sbgi gading nol dan gading buritan.
-Gading sebelah dpn nol diberi nomor urut (+) ; 1,2,3 dst,dan gading sebelah belakang gadi8ng nol diberi no urut (-) : 1,2,3,4,5 dst atau dgn huruf a kecil : a,b,c,d dst.

31.Bilges keel (lunas got) kegunaannya:
- Lunas yg dipakai /dipasang disisi kiri dan kanan luar bilik dimaksudkan utk menahan oleng kpl dan dipasang hanya sampai ½    dibagian tengah kpl.

32. Kegunaan tangki dasar berganda :
-Bila kpl kandas dan mengalami kebocoran masih ada ruangan yg kedap air.
-Sebagai ruang muatan cair,air tawar,bahan bakar,ballas dsb.
- membantu stabilitas kapal.
- menambah kekuatan melintang kpl.
Kontrusinya terdiri dari :
-sistem kontruksi kerangka melintang dgn wrang2 penuh dan wrang2 terbuka.
-Sistem kontruksi kerangka membujur dgn wrang2 penuh dan wrang2 terbuka.
-Dasar berganda dikontruksikan dibawah lantai muatan do depan ceruk haluan.

@. Cara pemberian nomor dan tanda pd kulit kapal (dgn gambar)
-dimulai dr plat pengapit lunas yaitu plat lajur sepanjang kiri kanan lunas datar sebagai lajur a,lajur-lajur lainnya ditandai dr bawah ke atas pd tiap2 sisi A,B,C dst kecuali l,pemberian  nomornya secara berurutan dr belakang kedepan/dr depan ke belakang.
Mis : Plat F kiri 6-100-118 artinya plat F dilambung kiri,nomor 6 diantara gading2 no .110 s/d 118.

33. Birio klasifikasi Indonesia :
-Menetapkan dan menyempurnakan perbagai aturan dan persyaratan bagi kontruksi bangunan kapal.
-Menetapkan/memberikan klas pada sustu kapal.
-Mengeluarkan sertifikat bagi kapal.
-Melakukan pengawasan pada perbaikan dan docking kapal.

34. Yg dimaksud dgn pintu kedap air :
-Pintu baja yg digunakan utk menutup kedap air pintu2 dikapal yg menghadap ke luar (yg menghadap ke udara luar) pintu2 tertentu di kapal.
Jenis2 pintu kedap air sesuai klasnya:
- Type berengsel : Hanya diperkenankan ditempat geladak yg memiliki bagian terrendah yg jaraknya minimum 7 kaki diatas garis air.
- Type geser (manual) :dpt ditempatkan dimana saja.
- Type geser (power operated ) Dpt ditempatkan dimana saja.

35.Yg dimaksud dgn :
@Weight displacement (berat benaman):
-Berat kapal berserta seluruh isisnya.
-Berat air yg dipindahkan oleh badan  kapal yg terbenan.
@Volume displacement
-Volume air yg dipindahkan oleh badan kapal yg terbenan.
@Light displacement
-Berat badan kapal (hull,super structure,mainengine,auxiliary
engine,deck,machineries,out fittings/invetarisir tidak tetap (sekoci,jangkar,tali dll.)
@Dead Weight
-Dwt/daya angkut : Berat total dari Cargo,Crew and its effect, F.W,bunker< Provisions,lub oil, spare part& tool, Boiler water,ballas water.
@Nrt ( Net Tonnsge)
-Volume/ isi sebuah kapal dikurangi dgn jumlah isi ruangan2 yg tdk dpt dipakai utk mengisi muat
@Length displacement
-Jmlh berat kpl dan semuanya yg ada pd kpl tersebut pd saat kpl tersebutkosong tanpa muatan
@Loaded displacement
- Jumlah berat kpl dan semuanya yg ada pd kpl tsb pd saat kpl tsb dimuati maksimum sampai mencapai batas yg diijinkan.
@GRT
-Volume/isi sebuah kpl dikurangi jumlah ruangan tertentu utk keamanan kpl.
@Moulded Breadth
-Lebar kpl dihitung horizontal melintang dr tepi dlm gading kanan s/d gading kiri kpl terlebar.
@Extreme Breadth
-Lebar kpl dihitung horizontal melintang dr tepi luar plat kulit lambung kanan sampai lambung kiri dibagian terlebar.

36. Kegunaan BKI Utk kepentingan :
a.Pemilik kapal lebih terjamin kelayak lautanya.
b.Pemilik muatan lebih terjamin muatannya.
c.Pemerintah lebih terjamin keselamatan crew dan penumpangnya.
d.Asuransi Mempermudah dan memperingan pemberian polis asuransinya.

37.Yg dimaksud dgn :
a. Gading Haluan :
-Gading ini terdapat didepan sekat pelanggaran kearah lingi depan dan menghadap ke depan dengan sudut > 90 derajat.
b.Gading Agung :
-Gading ini terdapat dibagian kapal yg terlebar,dibagian plimsoll Mark dan merupakan gading yg terbesar dgn sudut > 90 derajat.
c. Gading Buritan :
-Gading ini terdapat dibelakang After peak Bulkhead.Hanya ada satu pasang ,satu dikanan dan satu dikiri,keduanya dihubungkan oleh plat yg namanya Heksplat (balok buritan).
Plat ini tersebut tabung poros daun kemudi diikatkan yaitu pd bagian belakang plat.Gading ini adlh gading nomor nol.
d.Gading cermin :
- Semua gading yg terdapat dibelakang gading buritan (gading no Nol) dan diberi tanda menurut abjad ke arah buritan.
e.Gading simpul :
-Gading ini terdapat diantara gading nomor nol dan sekat buritan,sepanjang tabung poros baling.
f.Gading sarang  terdapat di:
-Kamar mesin dan deep tank yitu pd setiap 5 sampai 6 jarak gading.
-Pada bagian kapal yg lemah .
-Dihadapan haluan.
-Melengkapi plat siku membujur kapal.
-Melengkapi gading melintang.
1.Ukuran pokok sebuah kapal :
a.Ukuran membujur/memanjang
b.Ukuran melintang/melebar

38.  Cari dan jodohkan  kelompokm A dan kelompok B!
Jawab :
a.Stern tube : menembus after peak tank
b.Carling : antara dua bulkhead
c.Cast iron chock :di pasang antara engine bed plate dan top tank
d.Deep tank  : semi balance
e.Cargo hold : untuk muatan cair
f.Rudder  : trauson stern
g.Linggi buritan (stern ): bagian dari hatch coaming
h.Chain locker : tempat menyimpan rantai jangk
i.Bulkhead  : sekat kedap air
j.Double bottom tank : tempat penyimpanan bahan bakar atau ballast

39.Apakah tugas biro klasifikasi dan sebutkan 5 buah biro ini dan di mana pusatnya ?
-B K I:  Biro Klarifikasi Indonesia  :  BKI                           berpusat di Jakarta
-N K K:  Nippon Kaiji Kyokai : NK                                      berpusat  di Jepang
-K R S:  Korean Register  : KORSEL                                   berpusat di Korea
-L R:  Lloyd Register of Shipping  : INGGRIS   berpusat di Inggris
-A B S :  American Bureau Shipping  : USA  berpusat di USA
Tugas  dari biro tsb adalah  badan swasta yg bertugas untuk mengkelaskan kapal2 di Negara itu dan kelas kapal berlaku untuk 4 tahhun.


40.Apakah yang di maksud dgn istilah di bawah ini :
a.Sistem penataan lensa : penataan yg terdiri dari pompa bilge, distributor box, dan multilasi pipa2 yg berfungsi untuk membuang air yg tidak berguna pada ruang muatan.
b.System penataan ballast : penataan yg terdiri dari pompa dan pipa2 ballast yg berfungsi untuk membuang dan mengisi air ballast sebagai keseimbangan sebuah kapal
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar