MAIN DIESEL ENGINE
- Langkah Torak yaitu;Bila torak bergerak dari TMA ke TMB atau sebaliknya.
- TMA=TDC=Top Dead Centre yaitu;Batas terakhir dari torak saat berada di posisi puncak.
- TMB=BDC=Bottom Dead Centre yaitu;Batas terakhir dari torak saat berada di posisi bawah.
2.Tenaga Indicator yaitu;Adanya tenaga untuk mendorong torak=Ni.
3.Tenaga poros yaitu;Tenaga untuk memutar poros engkol=Ne.
4Tenaga gesek yaitu;Tenaga yg hilang karena gesekan mekanis [Ni-Ne=Tenaga Gesek]
5. Maksud dari Air Fuel Ratio pd suatu motor diesel...........;
- Bahan Bakar : udara misalnya 1:15 Artinya Untuk pembakaran sempurna 1kg bhn-bkr perlu 15kg udara.
6.Motor diesl di lengkapi T/C,fungsi alat ini adalah....................;
-Mendapatkan udara dgn tekanan 1 atsmosfir guna di masukkan ke dalam cyl baik untuk pembilasan [2 tak ] atau juga di kompresikan.
7.Mengapa udara ini di dinginkan melalui pend. udara karena...........;
- Untuk mendapatkan kecepatan udara yg lebih tinggi,sehingga dengan volume yg sama di peroleh berat udara yg lebih besar sehingga terjadi pembilasan yg lebih sempurna.
8.Pembilasan yaitu; Udara bersih masuk ke dlm cyl untuk mendorong exh gas keluar cyl sekaligus mengisi udara dlm cyl u/di kompresi juga berfungsi mendinginkan dinding cyl.
9.B&W :BURMESTER & WAINE =Motor diesel.
B&W : BABCOCK & WILCOCK =Ketel uap.
B&W : BAYER MOTOR WORKEN = Motor sedan/Bensin.
10.Motor diesel 4 TAK adalah : Motor diesel yg setiap 4 langkah torak atau 2 putaran poros engkol akan di hasilkan 1 usaha/tenaga untuk memutar poros engkol.
Langkah2 pd motor diesel 4 tak :
1.Langkah pemasukan udara
2.Langkah kompresi udara / compresi
3 .Langkah usaha / expansion.
4.Langkah buang / exhaust.
Timming diagram 4 TAK di lengkapi T/C
Mulai terbuka
|
Berakhir/tertutup
| ||
1.
2. 3. |
Lubang gas buang
Lubang udara bilas Pengabutan bhn bkr |
55˚engkol sebelum TMB
45˚engkol sebelum TMB 10˚engkol sebelum TMA |
55˚engkol stlh TMB
45˚engkol stlh TMA 10˚engkol stlh TMA |
11.Motor diesel 2 TAK adalah.......;
Motor diesel yg setiap 2 langkah torak atau 1 putaran poros engkol akan di hasilkan 1 usaha / tenaga untuk memutar poros engkol.
Langkah2 pd motor 2 tak........;
1.Langkah pembilasn dilanjutkan kompresi.
2.Langkah usaha / kompresi.
Type sys pembilasan antara lain :
a.Pembilasan melintang /Cross scavenging atau direct scavenging.
b.Pembilasan memutar /Loop scavenging.
c.Pembilasan membalik /Reverse scavenging.
d.Pembilasan memanjang /Uniflow scavenging.
Pembilasn memanjang di anggap yg terbaik dgn alasan...........;
a.Udara pembilasn bergerak 1x langkah torak.Sedangkan type yg lain 2x langkah torak.
b Udara pembilasn bergerak/mengalir dr bwh ke atas, sehingga pembilasan mencapai lebih dari 90% karena tdk adanya sudut2 mati.
c.bhn bkr lebih hemat,karena diameter-daya sama langkah torak dpt di kurangi=RPM kecil,berarti slip baling2 juga kecil.
System yg menunjang kerja motor diesel................;
1.Sys. minyak lumas =Lubricating system.
2.Sys. air tawar pendingin =FW cool system.
3.Sys. bahan bakar =Fuel Oil system.
4.Sys. udara penjalan =Air Starting system.
Timing diagram motor diesel 2 TAK pembilasan melintang di lengkapi dngn T/C
Mulai terbuka
|
Berakhir/tertutup
| ||
1.
2.
3.
|
Lubang gas buang
Lubang udara bilas
Pengabutan bh bk
|
55˚engkol sebelum TMB
45˚engkol sebelumTMB
10˚engkol sebelum TMA
|
55˚engkol sesudah TMB
45˚engkol sesudah TMA
10˚engkol sesudah TMA
|