Soal Jawab Memuat
1.a Terangkan apa gunanya peranginan (Ventilasi)?
✔️ Sirkulasi udara yang tetap dalam palka.
✔️ Mengontrol titik embun dalam palka.
✔️ Menghindari terjadinya keringat palka / muatan, kelembaban (karat, busuk, dll) uap air.
✔️ Sirkulasi udara yang tetap dalam palka.
✔️ Mengontrol titik embun dalam palka.
✔️ Menghindari terjadinya keringat palka / muatan, kelembaban (karat, busuk, dll) uap air.
b. Jelaskan ada berapa macam ventilasi yang anda ketahui dan sebutkan perbedaannya?
1.Ventilasi alam
2. Ventilasi mekanis (mecanical ventilation)
Perbedaanya:
✔️ Ventilasi alam deflektornya digerakkan langsung dengan udara,sedangkan ventilasi mekanis deflektornya dipasang alat-alat mekanis (kipas) yg digerakkan dgn listrik.
✔️ Ventilasi alam deflektornya digerakkan langsung dengan udara,sedangkan ventilasi mekanis deflektornya dipasang alat-alat mekanis (kipas) yg digerakkan dgn listrik.
2.a. Apa yg dimaksud dengan bagan pemadatan (stowage plan)?
Stowage plan adalah suatu gambar / denah suatu rencana pemuatan dikapal.
b. Jelaskan perbedaan antara Tentative Stowage Plan dengan Final Stowage Plan?
- Tentative Stowage Plan : stowage plan yg disusun sesuai cargo booking list atau muatan yg terdaftar utk dimuat di kpl.
- Final stowage plan : stowage yg disusun setelah muatan dimuat di kpl sesuai dgn skala yg sebenarnya jelas dgn pel.tujuan, jumlah muatan, jenis muatan, berat & merkah muatan bila ada.
c. Siapakah yg bertanggung jawab merencanakan pemuatan diatas kpl.
Nakhoda sebagai penanggung jawab yg tugasnya di delegasikan kepada Mualim I
3.a.Sebutkan Macam-macam alat muat yg anda ketahui!
- Boom / derricks /cranes (gen.cgo), wire , hook/tacke, cargo bock, gentry crane (container), loading arms ( tanker) , Cargo hose ( tanker/curah ) dll
b. Sebutkan Macam-macam alat Bantu bongkar muat berikut dgn gbr sederhana.
- Sling, net/jaring, grabs, conveyor, dll
4.a.Sebutkan keuntungan dan kerugian pemuatan dengan container di bandingkan dengan kapal – kapal konvesianal
KEUNTUNGAN
✔️Muat dan bongkar dapat dilakukan dg cepat,aman dan ekonomis.
✔️Biaya stevedoring kecil (buruh sedikit).
✔️Pelayanan mudah karena muat dan bongkar dilakukan oleh beberapa orang saja.
✔️Mengurangi resiko kerusakan dan pencurian muatan berharga.
✔️Asuransi menjadi lebih murah / polisnya kecil.
✔️Door to door service operation.
KERUGIAN
✔️Investasi besar (kapal, container yard, gentry crane dan container)
✔️Memerlukan lapangan penumpukan peti kemas yg luas.
✔️Jalan2, jembatan harus sesuai dengan berat dan panjangnya container.
✔️Memerlukan modal trasportasi yg standard serta jumlah peti kemas yg banyak.
✔️Memerlukan SDM yg terampil.
b. Sebutkan sarat2 sebuah peti kemas menurut ISO
✔️Mempunyai sifat tetap, cukup kuat untuk dipergunakan berkali – kali.
✔️Dirancang khusus agar memenuhi syarat2 pengangkutan barang, dg lebih dari satu kali angkutan, tanpa perlu membongkar isinya.
✔️Dilengkapi dengan peralatan yg memungkinkan ready handling terutama dari cara angkutan satu ke cara angkutan lainnya.
✔️Mempunyai ruangan dalam (Internal volume) satu (1) m³ (35,8 kaki kubik) lebih.
5.a. Jelaskan apa yg anda ketahui dengan IMDG Code sesuai dgn SOLAS
1. IMDG code
International Maritime Dangerous Good’s code adalah aturan mengenai muatan barang berbahaya menurut SOLAS 74 chapter VII yang dikeluarkan oleh IMO.
2..IBC code
International Bulk Chemical code adalah peraturan international untuk konstruksi dan perlengkapan kapal-kapal yang membawa chemical dalam bentuk curah, IBC code di tetapkan oleh MSC (Maritime Saferty Committee organization)
3..INF code
International Code for the Safe Carrier of Packaged Irradiated Nuclear Fuel (INF), Plutonium and High revel Radioactive wastes on board ships.
Peraturan-peraturan yang harus di penuhi oleh kapal-kapal yang mengangkut bahan-bahan yang beradiasi tinggi dan limbah-limbah radio aktif diatas kapal. INF code ditetapkan oleh MSC diatur dalam chaper VII SOLAS 74
b. Hal2 yang diatur dalam IMDG code
⚪prosedur pemuatan
⚪klasifikasi muatan berbahaya
⚪pengemasan muatan
⚪pemberian label/merkah
⚪dokumen2 muatan berbahaya
⚪syarat2 pemadatan muatan berbahaya
6a.Dalam cargo handling operation LNG/LPG kita mengenal drying.Jelaskan pengertian tersebut.
Drying (pengeringan) adalah proses pengeringan untuk mengeluarkan kelembaban dari tanki muat, saluran ppa2 dan lain lain dengan tujuan menurunkan titik embun serta mencegah terbentuknya es drying dapat dilakukan dengan beberapa cara, tetapi cara yg paling umum adalah dengan menggunakan pengering udara.
b. Gambarkan schematic diagram air drying operation
7. Kapal muat di Jaya Pura tujuan Kobe melaui Singapore. Di Singpore dimuat 800 ts muatan dan mengisi FO &FW secukupnya. Pada saat tolak dr Jaya Pura. Dikapal ada 310 ton FO & FW 80 ton. Data kapal; Summer DWT 9000 ts, Summer draft 8,2 meter, TPC = 17 ton. D.C FO = 20ts & FW 4 ton. Dikapal harus ada cadangan untk 3 hari. FO & FW. Data Pel; Jaya pura –Sin 10 hari di daerah tropic, Sin – Kobe 13 hari terdiri : 3 hari di tropic, 7 hari di summer, dan 3 hari di winter.
Hitung :
-Berapa FO & FW yg dimuat di Singapore
-Berapa ton muatan yg dapat di muat di JayaPura
Jawab:
a)FO :
Jayapura – Sin-> 10 x 20 = 200 ts
Sin – Kobe -> 13 x 20 = 260 ts
Cadangan -> 3 x 20 = 60 ts +
Total Kebutuhan = 520 ts
Sisa dikapal = 310 ts -
FO yg harus didisi di Sin = 210 ts
FW :
Jayapura – Sin-> 10 x 4 = 40 ts
Sin – Kobe -> 13 x 4 = 52 ts
Cadangan -> 3 x 4 = 12 ts +
Total Kebutuhan = 102 ts
Sisa dikapal = 80 ts -
FO yg harus diisi di Sin = 24 ts
FO & FW yg dimuat di Singapore :
FO = 210 ts
FW = 24 ts