--> Skip to main content

Manajemen Perawatan

Manajemen Perawatan Kapal

1).Tugas direktur bagian teknik
Jawab:
✔️Menyusun program pengelolaan perawatan yg tertuju pada kondisi kapal yg senantiasa siap dioperasikan untuk menjamin terselenggaranya jadwal pelayaran.
✔️Menyusun jadwal perawatan sesuai dengan docking time untuk memenuhi persyaratan tehnik, klasifikasi kapal, keselamatan pelayaran, pencegahan polusi dsb,yg ditujukan pada optimalisasi operasional kapal.
✔️Menyusun data kondisi tehnik kapal dan data statistic kerusakan secara empiris yg tertuju pada kesiagaan crew kapal dan monitoring perawatan diatas kapal selama beroperasi.
✔️Membuat/mengendalikan anggaran biaya tetap kapal bidang tehnik.

2). Tujuan / Manfaat perawatan
Jawab :
➡️Untuk memperoleh pengoperasian kapal yg teratur / lancar dan meningkatkan keselamatan awak kapal dan peralatannya.
➡️Untuk membantu para perwira, menyiapkan perencanaan yg lebih mencapai sasaran yg telah ditentukan manager operasi
➡️Untuk mengatur biaya perawatan yg paling efisien dengan memperhatikan jenis pekerjaan yg paling mahal dan waktu yang paling lama.
➡️Untuk melaksanakan pekerjaan secara sistematis dan ekonomis.
➡️Untuk menjamin kesinambungan pekerjaan perawatan dengan mengetahui apa yg sudah / belum dikerjakan.
➡️Untuk memberikan informasi yg dibutuhkan bagi keperluan diklat.
➡️Dengan system yg baku maka siapapun awak kapalnya tidak menjadi masalah walaupun beberapa kali mengalami perubahan/mutasi.
➡️Sebagai informasi umpan balik yg akurat bagi kantor pusat dalam meningkatkan pelayanan.
➡️Untuk fasilitas kearsipan dan perencanaan perwatan
➡️Melalui perawatan, umur ekonomis kapal bertambah dan harga/nilai jual kapal bekas meningkat.

3).Data data yg diperlukan untuk menyusun planned maintenance
Jawab:
✔️Dari buku (instruction book) satu mesin dapat diketahui periode2 pemelihaaan ada yg 3bulan, 1tahun, 3tahunan dsb
✔️Dari kontinous survey list dpt diketahui kapn bagian kapal perlu dioverhaul /diperiksa
✔️Dari survey report, mungkin ada rekomendari biro klasifikasi atau ada saran inspektur keselamatan pelayaran.
✔️Dari catatn overhaul yg lalu atau buku catatan maintenance maupul log book mungkin ada hal hal yg perlu diperhatikan.

4).Peranan Owner’s Surveyor
Jawab.
✔️Ikut mengendaliakn dan mengawasi survey, repair dan maintenance yg diselenggarakan diatas kapal sehingga BTK cukup terkendali
✔️Memantau dan evaluasi penyelenggaraan PMS /planned maintenance system
✔️Memantau masa berlaku serifikat2 klass, serta sertifikat pemerintah dan DPNKK.
✔️Bila kapal docking selam docking harus mengawasi pelaksanaanya agar tidak menyimpang dari yg direncanakan termasuk biayanya.
✔️Memantau dan mengawasi pelaksanaan dari permintaan2 kapal mengenai survey, repair, maintenance, supply store dan spare part
✔️Melayani surveyor2 biro klasifikasi, BPNKK, underwriter surveyor, independent surveyor, waktu melaksanakan survey dikapal.
✔️Melaksanakan tugas2 lain dari direktur armada: didalam melaksanakan tugas2 tsb diatasharus seimbang dengan wewenang dan tanggung jawab masing2.

5).Inventory Control (diagram Gergaji)
Jawab :
Diagram Gergaji

Keterangan :
A = Jangka waktu pesan
B = Persediaan saat pesan
D = Saat pesan
E = Saat disuply
F = Delay time
G = Tenggang waktu disuply

6).Tugas kepala Armada
Jawab :
➡️Menyiapkan kapal untuk dioperasikan oleh manj.operasi/ usaha dgn lyak laut.Untuk itu maka manajer Armada bertugas mengawaaki kapal2nya oleh awak kapal yg mampu / ahli /terampil dan mematuhi persyaratan SCTW, menyelenggarakan perawatan kapal2nya termasuk docking / survey / sertifikasi, melengkapi kapal dgn perlengkapan / perbekalan termasuk spare part, mengadakan bunker serta mengatur dan mengurus keselamatan pelayaran, mematuhi perturan2 nasional maupun internasional termask sertifikanya.

7). Mengapa perlu Perawatan
Jawab.
Perawatan perlu adalah untuk :
➡️Untuk menjaga dan merawat kapal agar tidak sering mogok karena kerusakan kapal / mesin.
➡️Untuk memperlancar operasi kapal bertambah, selain untuk menutupi biaya perawatan
➡️Untuk meningkatkan hari operasi kapal dengan keuntungan yg besar untuk menutupi biaya perawatan yg sekecil mungkin, sehingga dapat memperpanjang umur ekonomis kapal, dan meningkatkan nilai bekas kapal sebagai sarana pengangkut muatan.

8). Pengertian dan yg diperhatikan dalam Planned Maintenance
Jawab :
➡️Planned maintenance (pemeliharaan berencana) adalah persiapan & penentuan sebelum pemeliharaan dilaksanakan
➡️Yang perlu diperhatikan dalam planned maintenance adalah :
a. Peralatan mana yg akan dipelihara
b. Metode/ cara melakuakn pekerjaan pemeliharaan dan berapa lamanya
c. Suku cadang, material, dan alat2 kerja yg dibutuhkan dan kapan harus tersedia
d. Jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yg dibutuhkan dan kapan harus disediakan.
e. Jumlah dan yg diperlukan dan kapan harus disediakan.
f. Kapan dan berapa lama pekerjaan2 dilakukan.

9). Perawatan Insidentil dan kerugian akibat Insidentil
Jawab :
Perawatan insidentil adalah: dibiarkan mesin / peralatan bekerja sampai rusak baru kemudian diperbaiki, hal ini akan menyebabkan beberapa kerugian.
Kerugian akibat Insidentil adalah :
a. 2 (dua) kerugian utama
⚫Timbulnya biaya repair, padahal sebelumnya tdk dianggarkan.
⚫Kapal delay, menyebabkan biaya operasi naik / biaya selama delay yg sebenarnya juga tidak dianggarkan
b. Kerugian kemungkinan hilangnya muatan dipelabuhan tersebut atau dipelabuhan berikutnya disebabkan delay
c. Jika spare part tdk tersedia kemungkinan perlu menunggu dan biaya lebih tinggi, apabila kalau spare part tsb perlu didatangkan pakai kapal terbang
d. Bila tidak direncanakan biasanya mengakibatkan kerusakan beruntun.

10). Peran Biro klasifikasi dalam perawatan
Jawab :
a.Clasification certificate berlaku untuk 4tahun artinya, dalam 4 tahun semua bagian kapal dan mesin harus sudah diperiksa agar dapat diberikan klasification certificate yg baru. Bila sudah 4tahun belum kapal diperiksa maka sertifikat diperpanjang 6 bulan atau paling lama1tahun,bila persyaraatan memenuhi diperpanjang terlebih dulu diperiksa dengan running test.
b. Bottom Survey (survey plat dasar kapal) dilaksanakan tiap 2,5tahun untuk kapal tua periodenya dipersingkat.
c. Survey Propeller shaft tiap 3tahun untuk bearingnya Lignum Vitae dan porosnya dibungkus pelapis Bronze, tiap 2tahun kalau porosnya tdk dilapisi bronze, tiap 4tahun yg bearingnya white metal dilumasi minyak pelumas
d. Survey Boiler (ketel uap Bantu) s/d usia 4tahun diperiksa kembali, usia 4 – 8 tahun diperiksa tiap 2 tahun dan usia diatas 8 tahun diperiksa tiap tahun.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar