Olah Gerak Dan Pengendalian kapal ant 2
1).Buktikan bahwa kapal berbaling2 GANDA yg baling2nya berputar keluar lebih mudah membelok dengan mesin dari pada yg baling2 berputar KEDALAM ?
Maju:
➡️Kapal hendak membelok ke kanan dengan mesin, besarnya resultante akan mendorong kapal ke kiri, pengaruh langsung baling2 searah dengan kopel mesin sehingga mudah untuk membelok.
Mundur:
✔️Kapal hendak membelok ke kanan dengan mesin, besar Resultance akan mendorong kapal ke kanan pengaruh langsung Baling2 berlawanan dengan kopel mesin sehingga sukar membelok.
2).Tahap2 cara berputar dialur sempit dengan kapal baling2 FPP & baling2 CPP baling2 putar kanan & apa sebab baling2 CPP sebaliknya baling2 berputar kiri serta keuntungan & kerugian
Keuntungan:
⚫Tidak mungkin habis
⚫Tdk ada putaran kritis
⚫Hemat bahan baker, hemat mesin bantu
⚫Tdk ada reverse gear
Kerugian:
⚪Kemungkinan tros masuk ke baling2 lebih besar
⚪Karena baling2 tetap arus ke daun kemudi
⚪terganggu oleh putaran baling2.
3).Pengaruh langsung/tidak langsung baling2, kapal dalam keadaan berhenti, kemudi tengah2 kemudian mesin di gerak MAJU / MUNDUR?
a).Kapal diam, kemudi tengah2 mesin di gerakkan MAJU.
Pengaruh langsung:
➡️Jika baling2 berputar maju,menimbulkan tekanan normal yg arahnya tegak lurus pd daun baling2 dimana bsrnya tergantung jrk dgn permukaan air, krn tekanan pd kedalam di dlm air makin bsr di atas air.
➡️Gaya NB > NA dengan adanya gaya melintang & membujur
➡️Dengan ada gaya melintang maka resultante ke arah kanan
➡️Pengaruh baling2 langsung: Maka dengan pengaruh gaya2 tsb maka bagian buritan ke kanan & haluan ke kiri
Pengaruh tidak langsung:
➡️Mesin maju arus baling2 di buang ke belakang dalam bentuk spiral & menyentuh bagian bawah kemudi sebelah kanan & mengakibatkan buritan ke kiri & haluan ke kanan.
Pengaruh langsung >< Pengaruh tidak langsung
b).Kapal diam, kemudi tengah2 mesin di gerakkan MUNDUR
Pengaruh langsung:
➡️Mesin mundur maka tekanan normal dibagian atas daun baling2 lbh kecil dr tekanan dibagian daun baling2 sisi bawah, sehinga gerakkan resultante ke kiri mk mengakibatkan buritan kekiri & haluan kekanan.
Perngaruh tidak langsung:
➡️Mesin mundur arus baling2 dilempar ke depan dlm bentuk spiral Yg menyentuh buritan bagian bawah sebelah kanan yg
➡️Mengakibatkan buritan kekiri & haluan kekanan.
Pengaruh langsung = Pengaruh tidak langsung
Baling2 FPP:
1.letakkan kemudi di kanan & mesin maju penuh
2.mesin stop kemudi tetap di kanan
3.kemudian mesin mundur penuh, kemudi diletakkan di tengah2
4.mesin mundur pelan, kemudi tetap di tengah2
5.mesin stop, kemudi diletakkan kekanan, mesin maju penuh.
6.kapal berbalik dr haluan semula (180 º)
Baling2 CPP:
1.letakkan kemudi dikiri & mesin maju penuh
2.mesin maju pelan kemudi tetap di kiri
3.robah kedudukan daun baling2 kekiri & putaran tetap kekanan
4.kapal akan mundur akibat pengaruh (3)
5.kedudukan baling2 kita rubah lagi & kemudi diletakkan dikiri & jumlah putaran diatur menurut keadaan, kapal akan diam & sesudah itu akan maju lagi.
6.kapal berbalik dari haluan semula (180º)
4).Sebutkan (2) jenis MOB (Man Over Board) yg kembali keposisi semula?
Keterangan:
1. cara Williamson turn.
✔️kemudi cikar kanan & mesin stand by
✔️kapal merubah haluan kira2 60 - 70º dr haluan semula balas kemudi cikar kiri & kecepatan Kapal disesuaikan kebutuhan.
✔️haluan kapal kebalikan dari haluan semula (180º), korban ada didepan haluan kapal.
2. cara Scharnow turn.
✔️misalkan haluan kapal 000º, & ada MOB disisi kanan
✔️kemudi cikar kanan & setelah haluan berobah 240º dari haluan semula, kemudi kiri cikar.
✔️Pada saat kpl berhenti berputar & kpl mulai berputar kekiri (ctt haluan berapa kpl mulai berobah haluan kekiri)
✔️lihat haluannya umpama menunjukkan 270º ,artinya beda sudutnya 30º angle (overshoot angle).
✔️setelah haluan berlawanan dgn haluan semula maka: (180º + 30º = ± 210º)
✔️kemudian kapal kanan cikar sampai haluan kapal tidak kekiri lagi,haluan dipertahankan, kapal olah gerak & korban ada didepan haluan.
5).Berikan alasan2 cara berlabuh secara VERTUIEN?
Berlabuh secara Vertuien ada 2 cara:
1. cara standing moor:
➡️let go jangkar depan, kapal mundur, area rantai ± 2 segel.
➡️let go jangkar belakang , hibob jangkar depan, area rantai belakang sampai rantai depan & belakang sama panjang
2. cara running moor
✔️let go jangkar belakang
✔️let go jangkar depan.
Alasan menggunakan system Vertuien adala:
✔️karena pergantian arus yg cukup besar ± 180º
✔️daerah berlabuh sangat sempit
✔️jika kapal berputar, ruang gerak kapal cukup untuk berputar
Kerugiannya:
✔️Rantai mudah terbelit
✔️berangkat memerlukan wkt yg lama
✔️jk hanyut jangkar blkg tdk berfungsi
✔️angin kencang sambungan rantai2 tegak lurus
6.Berikan dengan sketsa tahap2 cara merapat didermaga dengan lambung kiri & kanan dalam keadaan tanpa arus & angin ?
Kapal sandar kiri:
1.kapal diarahkan kedermaga dgn sudut kira-kira 1,5 surat dgn mesin maju pelan & jangkar kanan stand by
2.mesin stop, kemudian mesin mundur maka haluan kekanan & buritan kekiri sehingga kapal melintang dengan dermaga.
3.kirim spring depan supaya dpt menahan sisa laju yg ada, kirim tali blkg & kpl merapat di dermaga dgn aman.
Kapal sandar kanan:
1.kapal diarahkan dengan sudut kecil terhadap dermaga & jangkar stand by.
2.kemudi disimpangkan kekiri dengan mesin maju penuh sejenak (one kick) sehingga buritan membuat sudut dengan dermaga & mesin stop, kemudian mundur & kecepatan Kapal berkurang serta posisi kapal menjadi sejajar dengan dermaga.
3.kirim tali buritan sehingga dapat digunakan untuk mengendalikan putaran kekanan yg berlebihan.