--> Skip to main content

REFRESHING DIKLAT OIL TANKER (3)

EMERGENCY PROCEDURES

Sebelumnya : Refreshing Diklat Oil Tanker (2)
DEFENISI - DEFENISI
PROSEDUR :
TATA CARA ATAU PEDOMAN KERJA YANG  HARUS DIIKUTI DALAM MELAKSANAKAN SUATU KEGIATAN AGAR MENDAPAT HASIL YG BAIK

KEADAAN  DARURAT :
KEADAAN YANG LAIN DARI KEADAAN  NORMAL YANG MEMPUNYAI  KECENDERUNGAN ATAU POTENSI YANG  MEMBAHAYAKAN BAGI KESELAMATAN  MANUSIA, HARTA BENDA MAUPUN  LINGKUNGAN.

PROSEDUR  KEADAAN  DARURAT :
TATA CARA /PEDOMAN KERJA DALAM  MENANGGULANGI SUATU KEADAAN  DARURAT DENGAN MAKSUD UNTUK MENCEGAH /MENGURANGI KERUGIAN  SEMAKIN  BESAR.

MANFAAT DIBUATNYA OKD (ORGANISASI KEADAAN DARURAT) 
✔️TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TIDAK  TERLALU BERAT, KARENA DIPIKUL  BERSAMA SERTA BERBEDA-BEDA.
✔️TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB TERTULIS  DENGAN JELAS SEHINGGA DAPAT  MENGURANGI TINDAKAN-TINDAKAN  YANG KURANG DISIPLIN.
✔️HANYA ADA SATU KOMANDO, SEHINGGA  PERINTAH / INSTRUKSI  AKAN TERARAH,  TERATUR DAN TERHINDAR DARI SIMPANG SIUR.
✔️TERHINDAR DARI HAMBATAN HIRARKI  FORMAL YANG SELALU ADA DALAM  PERUSAHAAN.
✔️ADANYA ORGANISASI KEDADAAN  DARURAT, MAKA SEMUA INDIVIDU  MERASA SALING TERKAIT.

JENIS KEAADAN DARURAT
1.TUBRUKAN
2.KEBAKARAN / LEDAKAN
3.KEBOCORAN / TENGGELAM
4.ORANG  JATUH  KE LAUT
5.PIPA BOCOR / PECAH
6.PENCEMARAN

TINDAKAN
BILA SESEORANG MENEMUKAN KEADAAN DARURAT :
->BUNYIKAN TANDA BAHAYA
LAPORKAN KE ATASAN SESUAI PROSEDUR
->MENYIAPKAN ORGANISASI
->YANG DI LOKASI BILA MEMUNGKINKAN  SEGERA AMBIL TINDAKAN  PENGENDALIAN.

TINGKAT KEBERHASILAN
TINDAKAN AWAL
PERENCANAAN
ALARM BAHAYA/DARURAT
PERALATAN & DENAH
PEMELIHARAAN PERALATAN
LATIHAN.

KEBAKARAN / FIRE
1.SIRINE BAHAYA DIBUNYIKAN  (INTERNAL DAN EKSTERNAL).
2.REGU-REGU PEMADAM KEBAKARAN  YANG  BERSANGKUTAN SIAP DAN  MENGETAHUI LOKASI KEBAKARAN.
3.VENTILASI, PINTU-PINTU KEBAKARAN  OTOMATIS, PINTU-PINTU KEDAP AIR  DITUTUP.
4.LAMPU-LAMPU DI DEK DINYALAKAN.
5.NAKHODA DIBERI TAHU
6.KAMAR MESIN DIBERI TAHU
7.POSISI KAPAL TERSEDIA DI KAMAR  RADIO DAN DIPERBAHARUI BILA ADA  PERUBAHAN.

TINDAKAN UMUM MENGHADAPI KEBAKARAN
JANGAN PANIK, RILEKS UNTUK BERPIKIR :
✔️BAGAIMANA API HARUS DIPADAMKAN
✔️BAGAIMANA MENCEGAH MENYEBARNYA  API  ?
✔️BAGAIMANA MENGURANGI / MENGHILANGKAN SUMBER PANAS  / BAHAN BAKAR ?
✔️APA  BAHAYA TERBESAR DARI  KEBAKARAN INI  ?
✔️BAGAIMANA MENGISOLASI API?

ISOLASI KEBAKARAN DENGAN COOLING  SEKITARNYA
✔️SINGKIRKAN MATERIAL YANG MUDAH  TERBAKAR
✔️BILA MUNGKIN TANGKI YANG  BERDEKATAN DIISI DENGAN IGS, CO-2
ATAU STEAM SERTA TUTUP SEMUA  VENTILASI.

➡️DAPATKAN DILAKUKAN DENGAN CARA  COOLING, SMOTHERING, STARVATION,  BREAKING CHAIN REACTION ATAU  KOMBINASI DARI CARA-CARA TERSEBUT.

➡️CEGAH PENYALAAN KEMBALI (PLASH  BACK)
YAKINKAN AREA KEBAKARAN TELAH  DIDINGINKAN DENGAN SEMPURNA, HAL  INI MUNGKIN MEMAKAN WAKTU  BEBERAPA JAM.

TINDAKAN UMUM ATAS TUMPAHAN  MINYAK
->UMUMKAN AGAR CREW MENEMPATI  POSISINYA MASING-MASING
->LAPORKAN KE BADAN YANG  BERTANGGUNG JAWAB ATAS  KESELAMATAN MARITIM DAN PIHAK-PIHAK TERKAIT
->JIKA  PERLU MINTA BANTUAN JASA  PERUSAHAAN PENGOLAHAN TUMPAHAN  MINYAK DI LAUT.
->GUNAKAN SARANA YANG ADA DI KAPAL UNTUK MENCEGAH PENCEMARAN YANG  LEBIH LUAS.

Refreshing diklat Oil Tanker 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar