SOAL Jawab TEORI MEMUAT
1a. cara menghitung ULLAGE muatan minyak dimasing2 tangki :
➡️ dengan cara mengukur tinggi permukaan minyak
sampai batas sounding pipe, lalu ketinggian tangki
ditambah pipa sounding dikurangi tinggi dari
permukaan minyak sampai mulut pipa sounding tsb.
b. Gunanya dokumen NOTICE OF READINESS (NOR) dan TANKER TIME SHEETS ;
NOR gunanya : Surat pemberitahuan / pernyataan bahwa kapal tiba dipelabuhan muat bongkar dan kapal telah siap melaksanakan / melakukakan muat
bongkar sesuai yg diorder
Tanker time sheet gunanya ; sebagai surat yg menerangkan perincian waktu untuk melaksanakan pemuatan/pembongkaran muatan yg ditanda tangani oleh agen dan nahkoda [merupakan kelengkapan dokumen muatan]
c.Pompa stripper dipakai untuk membongkar/menghisap sisa muatan minyak yg sudah tidak dapat diisap olleh cargo pump.
3. dikapal memuat biji2an curah (grain) harus di jaga pengaruh free surface, jika muatan bergeser
a. jelaskan kaitannya free surface ini dengan ‘sudut runtuh’ muatan curah.
Sudut runtuh yg besar akan menimbulkan free surface yg besar ,yg akan berpengaruh terhadap stabilitas kapal .
b. terangkan bagaimana cara mengatasinya
pada saat malakukan pemadatan muatan curah senantiasa melakukan pembagian muatan keseluruh palkah2 secara merata tidak terjadi penumpukan berbentuk gunung yg dapat mengakibatkan terjadinya free surface saat kapal berlayar.
4. pada lengkungan stabilitas sebuah kapal terdapat kemiringan tertentu, dimana air laut akan masuk kegeladak. Terangkan resikonya pada:
a. kapal pengangkut kayu gelondongan (log carrier) yg memuat kayu diatas geladak
⚪mengurangi stablitas kapal, dimana titik G akan naik, nilai GM berkuarang /kecil sehingga kapal bersifat langsar
⚪muatan kayu dapt menyerap air s/d 25% dari berat kayu semula, sehingga terjadi penambahan berat/bobot muatannya
b. kapal pengangkut peti kemas di geladak
➡️ dengan adanya seiling area, mempengaruhi stablitas kapal serta kecepatan kapal akan berkurang
➡️ membatasi ruang gerak ABK untuk bekerja di geladak
5. Sebuah kapal semi container berada dipelabuhan eropa akan memuat 2 unit Heavy Lift (H/L) cargo sebuah kapal pesiar seberat @ 80 ton, yg diangkat dgn floating crane dan ditempatkan melintang diatas hatch cover palka 2 pada bay 9 muatan tsb akan di bongkar dipelabuhan tg priuk mengunakan H/L boom kapal swl 80 ton
a. terangkan persiapan yg harus dikerjakan dikapal sehubungan dg penempatan H/L cargo dibay 9 memkai dunagge, lashing, shoring
jawab
➡️ Check kondisi/kemampuan daripada geladak
➡️ Geladak ditopang balok-balok kuat untuk menambah daya /kekuatan d/p geladak
➡️ Pada bagian geladak dipasangi balok2 [dunnage]
➡️ Heavy lift cargo dilashing sedimikian rupa agar tdk terjadi pengeseran diatas geladak.
b. jelaskan cara menghitung daya tahan geladaknya jika pada hacth cover bay 9 tsb mampu menahan beban peti kemas 6 unit melintang kapal dan 3 tier susun tegak
cara menghitung kekuatan deck [DLC] adalah ;
DLC atau C = t ton/m3
1,4
t = tinggi geladak antara
6.a. Tuliskan aturan2 umum untuk pemadatan yg baik?
⚪keselamatan kapal dan awak kapal.
⚪keselamatan muatan.
⚪Muat/bongkar secara cepat,sistimatis, aman.
⚪Pemeliharaan selama pelayaran.
⚪Checklist, hatch book & mate log book.
b. Faktor2 apa saja yg mempengaruhi pemadatan atau pemuatan?
⚫Muatan dapat dikapalkan sedini mungkin.
⚫Capacity plan.
⚫Rencana pemadatan sementara (tentative stowage plan).
⚫Rencana akhir pemadatan (final stowage plan).
7.a. Apa yg dimaksud dg pengaturan cargo itu dan apa pula yg dimaksud dg option cargo?
Option cargo adalah muatan yg belum ditentukan dengan pasti pelabuhan tujuannya.
b. Apa tindakan saudara sbg mualim I bila menerima muatan dlm bungkusan atau karung yg dalam keadaan rusak?
Tetap menerima muatan tsb dan segera di buatkan “ cargo exeption “ yaituh berita acara yg menyatakan bahwa barang tsb diterima sudah dalam keadaan rusak. Kekurangan isi atau kehilangan isi diluar tanggung jawab kapal.
8.a. Apa yg dimaksud dg Letter of Idemnity itu & apa gunanya?
Letter of Idemnity adalah sebuah surat pernyataan yg dibuat oleh pemilik muatan yang mengakui adanya kerusakan muatan yang dimuatnya dan agar hal itu tidak ditulis di dalam konosement.
Gunanya : agar pemilik muatan bisa memperoleh konesement bersih (clean bill of lading).
b. Peranginan dalam ruangan muat itu sesungguhnya untuk tujuan apa saja?
✔️Sirkulasi udara yang tetap dalam palka.
✔️Mengontrol titik embun dalam palka.
✔️Menghindari terjadinya keringat palka/muatan, kelembaban (karat, busuk, dll) uap air.
9. Kapal anda akan muat batu bara curah (coal in bulk). Jelaskan persiapan2 yg harus anda lakukan, khususnya mempersiapkan palkanya
✔️Palka dan twen deck di sapu bersih seluruhnya dari atas ke bawah.
✔️Susun dunnage (terap) disingkirkan dan disimpan yg masih bisa dipakai dan yg rusak di buang .
✔️Got2nya dibersihkan dan pompa lensa di coba
✔️Lobang2 got yg berada di twen deck harus ditutup dengan terpal.
✔️Pipa2 penutup got harus ditutup dgn terpal kemudian ditutup lagi dgn papan serta pelat bilah kayu hingga betul2 kedap batu bara.
10. Apa yg dimaksud INERT GAS itu & apa pula yg dimaksud dengan INERT GAS SYSTEM itu?
Inert Gas adalah suatu gas, seperti Nitrogen (N2), karbon dioksida (CO2) atau suatu campuran gas2 seperti gas hasil pembakaran (flue gas), yg mengandung tidak cukup oksigen (O2) untuk menghasilkan pembakaran dari hidrokarbon.
Inert Gas System adalah suatu system untuk menurunkan kadar oksigen pada saat dan setelah bongkar muatan minyak sehingga kemungkinan terjadinya ledakan berkurang, inert gas (gas lembam) biasanya didapat dari gas bekas dari ketel uap yg mengandung kadar oksigen kurang dari 5% dipompakan ke dalam tangki dan tidak boleh lebih dari 8%.
11. Sebutkan syarat2 mendapatkan sertifikat muatan kayu, kapal harus memenuhi ketentuan2 :
a.BANGUNAN KAPAL :
-Harus mempunyai fore castle minimum 7 % dari LOA.
-Mempunyai double bottom minimum 50 % x LOA dari depan serta dilengkapi sebuah sekat membujur.
-Memiliki kubu2 (stanction0 dengan ketinggian minimum 1 m yg diperkuat sebagian atas dan bawahnya dg jarak antara kedua kubu adalah 2 m, serta dilengkapi dg railing setinggi kubu2.
b.PEMUATAN ON DECK :
-Tidak mengganggu stabilitas kapal.
-Tidak menghalangi pendangan dari anjungan.
-Tidak menutupi lobang2 air (sounding pipe).
-Tidak mengganggu kerja ABK kapal.
-Menentukan batas tinggi muatan on deck.
12. Tinggi minimum muatan geladak/tinggi muatan kayu on deck
1. Kapal panjang ≤ 75 meter Tmin 75 = 1,75 meter
2. Kapal panjang > 125 meter Tmin 125 = 2,25 meter
3. Kapal panjang antara 75 M dan 125 M
Tmin 75 M > 125 M = interpolasi antara 1,75 meter dan 2,25 meter.
13. Keuntungan dan kerugian pemuatan on deck muata kayu
Keuntungan :
-menambah keselelamatan kapal terhadap gelombang/ombak.
-Menambah daya apung cadangan.
Kerugian :
-mengurangi GM kapal (stabilitas kapal)
-menambah tenaga/biaya extra utk penanganan muatan (lashing)
-terdapat hambatan (sailing area)
14. Bila pelayaran dilakukan dalam musim winter didaerah winter season maka tinggi maximum muatan geladak adalah :
Tmax = 1/3 x lebar kapal
15. Plimsol mark kapal muatan kayu
LW ke LS = 1/36 x LS
LT ke LS = 1/48 x LS
Bila L ≤ 100 m LWNA terletak pada W draftnya
Bila L > 100 m LWNA terletak pada WNA draftnya
16.a. Apakah kepanjangan API Gravity itu dan apa artinya :
API : AMERICAN PETROLEUM INSTITUTE
Skala berat jenis didasarkan atas 60ºF dan di konveksikan dg berat jenis .
cara menghitung kekuatan deck [DLC] adalah ;
DLC atau C = t ton/m3
1,4
t = tinggi geladak antara
6.a. Tuliskan aturan2 umum untuk pemadatan yg baik?
⚪keselamatan kapal dan awak kapal.
⚪keselamatan muatan.
⚪Muat/bongkar secara cepat,sistimatis, aman.
⚪Pemeliharaan selama pelayaran.
⚪Checklist, hatch book & mate log book.
b. Faktor2 apa saja yg mempengaruhi pemadatan atau pemuatan?
⚫Muatan dapat dikapalkan sedini mungkin.
⚫Capacity plan.
⚫Rencana pemadatan sementara (tentative stowage plan).
⚫Rencana akhir pemadatan (final stowage plan).
7.a. Apa yg dimaksud dg pengaturan cargo itu dan apa pula yg dimaksud dg option cargo?
Option cargo adalah muatan yg belum ditentukan dengan pasti pelabuhan tujuannya.
b. Apa tindakan saudara sbg mualim I bila menerima muatan dlm bungkusan atau karung yg dalam keadaan rusak?
Tetap menerima muatan tsb dan segera di buatkan “ cargo exeption “ yaituh berita acara yg menyatakan bahwa barang tsb diterima sudah dalam keadaan rusak. Kekurangan isi atau kehilangan isi diluar tanggung jawab kapal.
8.a. Apa yg dimaksud dg Letter of Idemnity itu & apa gunanya?
Letter of Idemnity adalah sebuah surat pernyataan yg dibuat oleh pemilik muatan yang mengakui adanya kerusakan muatan yang dimuatnya dan agar hal itu tidak ditulis di dalam konosement.
Gunanya : agar pemilik muatan bisa memperoleh konesement bersih (clean bill of lading).
b. Peranginan dalam ruangan muat itu sesungguhnya untuk tujuan apa saja?
✔️Sirkulasi udara yang tetap dalam palka.
✔️Mengontrol titik embun dalam palka.
✔️Menghindari terjadinya keringat palka/muatan, kelembaban (karat, busuk, dll) uap air.
9. Kapal anda akan muat batu bara curah (coal in bulk). Jelaskan persiapan2 yg harus anda lakukan, khususnya mempersiapkan palkanya
✔️Palka dan twen deck di sapu bersih seluruhnya dari atas ke bawah.
✔️Susun dunnage (terap) disingkirkan dan disimpan yg masih bisa dipakai dan yg rusak di buang .
✔️Got2nya dibersihkan dan pompa lensa di coba
✔️Lobang2 got yg berada di twen deck harus ditutup dengan terpal.
✔️Pipa2 penutup got harus ditutup dgn terpal kemudian ditutup lagi dgn papan serta pelat bilah kayu hingga betul2 kedap batu bara.
10. Apa yg dimaksud INERT GAS itu & apa pula yg dimaksud dengan INERT GAS SYSTEM itu?
Inert Gas adalah suatu gas, seperti Nitrogen (N2), karbon dioksida (CO2) atau suatu campuran gas2 seperti gas hasil pembakaran (flue gas), yg mengandung tidak cukup oksigen (O2) untuk menghasilkan pembakaran dari hidrokarbon.
Inert Gas System adalah suatu system untuk menurunkan kadar oksigen pada saat dan setelah bongkar muatan minyak sehingga kemungkinan terjadinya ledakan berkurang, inert gas (gas lembam) biasanya didapat dari gas bekas dari ketel uap yg mengandung kadar oksigen kurang dari 5% dipompakan ke dalam tangki dan tidak boleh lebih dari 8%.
11. Sebutkan syarat2 mendapatkan sertifikat muatan kayu, kapal harus memenuhi ketentuan2 :
a.BANGUNAN KAPAL :
-Harus mempunyai fore castle minimum 7 % dari LOA.
-Mempunyai double bottom minimum 50 % x LOA dari depan serta dilengkapi sebuah sekat membujur.
-Memiliki kubu2 (stanction0 dengan ketinggian minimum 1 m yg diperkuat sebagian atas dan bawahnya dg jarak antara kedua kubu adalah 2 m, serta dilengkapi dg railing setinggi kubu2.
b.PEMUATAN ON DECK :
-Tidak mengganggu stabilitas kapal.
-Tidak menghalangi pendangan dari anjungan.
-Tidak menutupi lobang2 air (sounding pipe).
-Tidak mengganggu kerja ABK kapal.
-Menentukan batas tinggi muatan on deck.
12. Tinggi minimum muatan geladak/tinggi muatan kayu on deck
1. Kapal panjang ≤ 75 meter Tmin 75 = 1,75 meter
2. Kapal panjang > 125 meter Tmin 125 = 2,25 meter
3. Kapal panjang antara 75 M dan 125 M
Tmin 75 M > 125 M = interpolasi antara 1,75 meter dan 2,25 meter.
13. Keuntungan dan kerugian pemuatan on deck muata kayu
Keuntungan :
-menambah keselelamatan kapal terhadap gelombang/ombak.
-Menambah daya apung cadangan.
Kerugian :
-mengurangi GM kapal (stabilitas kapal)
-menambah tenaga/biaya extra utk penanganan muatan (lashing)
-terdapat hambatan (sailing area)
14. Bila pelayaran dilakukan dalam musim winter didaerah winter season maka tinggi maximum muatan geladak adalah :
Tmax = 1/3 x lebar kapal
15. Plimsol mark kapal muatan kayu
LW ke LS = 1/36 x LS
LT ke LS = 1/48 x LS
Bila L ≤ 100 m LWNA terletak pada W draftnya
Bila L > 100 m LWNA terletak pada WNA draftnya
16.a. Apakah kepanjangan API Gravity itu dan apa artinya :
API : AMERICAN PETROLEUM INSTITUTE
Skala berat jenis didasarkan atas 60ºF dan di konveksikan dg berat jenis .