Perawatan Dan Perbaikan Soal Jawab ATT 3
1. Gambarkan dengan sket pemeriksaan pengukuran piston?
Jawab :
Sket pemeriksaan pengukuran piston.
Gambar hasil pengukuran di atas memperlihatkan bahwa piston no.1 masih dalam kondisi baik, ukuran a – a’ dan b – b’ besaran nilainya seimbang. Perhatikan hasil pengukuran pada piston no.3 terlihat nilai diameter b – b’ pada bagian tengah piston lebih kecil (320 mm – 1,8 mm = 318,2 mm) dibandingkan diamter Piston no.1 bagian atas / bawah = 319,2 mm. Kondisi piston no.3 tersebut sudah termakan gesekan silinder liner rusak akibat terlambat pengantian piston.
2.Sebutkan komponen komponen main air kompresor 2 ( Dua ) tingkat tekanan dan jelaskan bagaimana system perawatan dan perbaikannya.
Jawab :
Perawatan komponen main kompresor 2 tingkat tekanan (Low pressure / High pressure)
a.Periksa / kalibrasi manometer tekanan rendah dan tekanan tinggi (Low pressure/High pressure)
b.Perawatan perbaikan (Overhaul) sesuai jam kerja (Running hours) ataupun sesuai kondisi, lakukan penggantian : Piston ring, Metal jalan, Metal duduk, dan ganti minyak pelumas secara periodik, sehingga menghasilkan kompresi udara yang tinggi.
c.Perawatan dan perbaikan pada low pressure dan high pressure valve , di skeur dengan “Fine lapping” pastikan semua klep – klep dalam keadaan baik,kedap/tidak bocor, masih tebal cooper gasket, spring valve, sehingga hasil udara kompresi yang tinggi tida terbuang percuma.
d.Bersihkan air cooler pada low pressure dan high pressure secara periodik.
e.Perawatan pada safety valve, regulator/ reducer valve, inlet & outlet valve dan semua katup – katup udara secara periodik.
f.Lakukan cerat udara sebelum dan sesudah menjalankan kompresor, untuk pembuangan sisa – sisa udara dan air kondensat.
g.Periksa secara periodik “Moving contact” yang terdapat didalam magnet contactor.
h.Kompresor udara yang digerakkan electro motor harus juga dilaksanakan perorating terhadap electro motor dan swich box.
3.Gambarkan dengan sket sebuah ketel pipa air (Water tube Steam boiler) dan sebutkan apendesi ketel tersebut dan fungsinya.
Jawab :
Sket ketel uap pipa air (Water tube steam boiler)
Apendasi keteluap pipa air :
a.Katup uap utama (Main steam valve)
b.Katup tekanan uap lanjut (Superheater staem valve)
c.Katup keamanan (safety valve) 2 set
d.Katup cerat udara (air drain valve)
e.Katup kontrol tekanan uap (pressure steam control valve)
f.Katub pengisian air ketel (feed water inlet valve)
g.Katup tekanan sirkulasi air ketel (water circulating discharge valve)
h.Katup isap sirkulasi air ketel (water circulating suction valve)
i.Katup buang permukaan air ketel (surface blow down valve)
j.Katup buang dasar air ketel (bottom blow down valve)
k.Katup kontrol permukaan air ketel (Gauge glas valve) 2 set
l.Katup – katup pengisian tekanan bahan kimia (Chemikal injection valve)
4.Gambarkan dengan sket sebuah ketel uap pipa api ( ketel SCOT ) dan sebutkan apendasi – apendasi ketel tersebut.
Jawab :
Sket ketel uap pipa api (Fire tube steam boiler)
Apendasi ketel uap api :
a.Katup uap utama (Main steam valve)
b.Katup tekanan uap lanjut (Superheater steam valve)
c.Katup keamanan (safety valve) 2 set
d.Katup cerat udara (Air drain valve)
e.Katup kontrol tekanan uap (Pressure steam control valve)
f.Katu pengisian air ketel (feed water inlet valve)
g.Katup isap sirkulasi air ketel (water circulating suction valve)
h.Katup buang permukaan air ketel (Surface blow down valve)
i.Katup buang dasar air ketel ( bottom down valve)
j.Katup kontrl permukaan air ketel (Gauge glass valves) 2 set.
5.Jelaskan bagaimana system perawatan scavingin Cooler pada sisi air laut dan sisi udara bilas.
Jawab :
- Pada sisi air laut pipa – pipa capiler pada cooler di sogok dengan rotan sampai kondisi bersih dan Zinc anode diganti sebagaimana funsi anode mencegah terjadinya karosi,packing cover diganti baru.
- Pada sisi udara bilas, direndam dengan chemikal (Bahan kimia ACC – 9) kemudian di sirkulasi disemprot air tawar.
Baca juga : Perawatan dan Perbaikan Mesin Soal Jawab
Baca juga : Perawatan dan Perbaikan Mesin kapal Soal Jawab
Sket pemeriksaan pengukuran piston.
Jawab :
Sket ketel uap pipa air (Water tube steam boiler)
Apendasi keteluap pipa air :
a.Katup uap utama (Main steam valve)
b.Katup tekanan uap lanjut (Superheater staem valve)
c.Katup keamanan (safety valve) 2 set
d.Katup cerat udara (air drain valve)
e.Katup kontrol tekanan uap (pressure steam control valve)
f.Katub pengisian air ketel (feed water inlet valve)
g.Katup tekanan sirkulasi air ketel (water circulating discharge valve)
h.Katup isap sirkulasi air ketel (water circulating suction valve)
i.Katup buang permukaan air ketel (surface blow down valve)
j.Katup buang dasar air ketel (bottom blow down valve)
k.Katup kontrol permukaan air ketel (Gauge glas valve) 2 set
l.Katup – katup pengisian tekanan bahan kimia (Chemikal injection valve)
4.Gambarkan dengan sket sebuah ketel uap pipa api ( ketel SCOT ) dan sebutkan apendasi – apendasi ketel tersebut.
Jawab :