--> Skip to main content

Medical Check Up Pelaut

MCU Pelaut dengan Biaya Terjangkau

Medical Check Up di BKKP Tanjung Priok

Bagi pelaut sekarang medical check diperlukan karena rata-rata perusahaan pelayaran menuntut untuk menjadi syarat masuk kerja, terlepas dari menjadi syarat masuk kerja, menurut saya Medical Check Up sangat di perlukan untuk kita sebagai pelaut agar tahu kondisi badan kita sebenarnya pada saat itu, benar benar siap kerja atau tidak.

Pengalaman terakhir melakukan medical check up di Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) Jakarta dan merupakan Balai Kesehatan Resmi di bawah naungan kementrian Perhubungan, jadi sudah pasti mengeluarkan/ menerbitkan sertifikat kesehatan standar Perhubungan.

Balai Kesehatan Kerja Pelayaran
Ada banyak tempat kesehatan seperti: Rumah sakit, Klinik dan Balai kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah indonesia yang bisa mengeluarkan Sertifikat Standar Perhubungan.

Untuk di sekitaran Jakarta paling banyak tempat MCU yang bisa kita pilih di antaranya: BKKP tanjung Priuk, RS Pelni Jakarta, RS Pelabuhan Jakarta, Klinik Amanah Medika Pura Tebet Raya, Puri Medika Medical Centre, RS Pertamina Jaya, Klinik Jakarta Marindo, RS sukmul Sisma Medika, KKP Kelas 1 Tg. Priok, Klinik Indosehat 2003, Insani Medical Centre Jakarta Timur, Rajawali Lestari Maritim Clinic Jakarta Pusat, Klinik Baruna, RS Bella Bekasi, Klinik Kokespel Jak-ut, Port Medical Centre, RS. Assa'adah Medical Centre Jak-sel.


Di antara tempat MCU diatas, saya pribadi memlih BKKP sebagai tempat Medical Check Up karena paling terdekat dan terjangkau kalau menurut penilianku. Alamat BKKP sendiri terletak di daerah Ancol yaitu di Jalan Raya Ancol Baru No.1 Tanjung priuk Jakarta Utara.


Sebelum kita melakukan Medical Check Up kita harus berpuasa dulu dan baiknya bila kita akan MCU sangat bagus bila waktunya di pagi hari dan waktu malam sebelum MCU kita berpuasa tidak usah makan dulu sampai pagi dan kita langsung menuju ke tempat MCU di pagi harinya tapi untuk minum air putih di bolehkan.



Persyaratan Medical Check Pelaut di BKKP

Dan tak kalah pentingnya sebelum medical check up kita harus mempersiapkan pesyaratan dokumen yang harus dibawa, adapun persayaratan yang harus dibawa sebelum MCU di BKKP diantaranya sebagai berikut (berdasarkan pengalaman pribadi):
  1. BST Asli dan fotocopy (1 Rangkap)
  2. KTP asli dan Fotocopy (1 Rangkap)
  3. Di haruskan puasa 10 jam sebelum medical check up)
Proses Medical check up di BKKP Tanjung Priuk berdasarkan pengalaman pribadi:
  1. Usahakan datang pagi ke BKKP dan masuk lewat pintu utama dan disitu ada tempat pendaftaran MCU.
  2. Isi absen kedatangan di tempat pendaftaran. 
  3. Serahkan berkas persayaratan. 
  4. Kemudain isi Buku Catatan Medis Pemeriksaan Pelaut dengan benar (isi data pelaut dan checklis rekam medis kita). 
  5. Jika Buku Catatan Medis sudah lengkap diisi nanti kita masuk ke dalam dan mulai melakukan pemeriksaan di antaranya :Fisik, Gigi, Mata, THT, EKG, Lab, Rontgent.

Sedikit Gambaran pemeriksaan MCU di BKKP :

Cek mata
  • cek melihat angka di buku (jarak dekat) 
  • cek melihat jarak jauh huruf di montor (jarak jauh), test mata kanan dan kiri bergantian.
Di Ruang laboratorium (Lab)
  • ambil darah
  • ambil urine
Ruang Radiology 
Melakukan rontgen
- Buka baju, scan tahan napas

Ruang periksa EKG

- CEK Jantung 
lepas baju dan logam yg nempel di badan seperti ikat pinggang, jam tangan dll. 
kaki tangan di jepit pake penjempit, dada ditempel pakek alat sperti bekam. 

THT

- masuk ruangan, pasang Semacam headphone merah dikiri dan biru di kanan, cek suara rendah & tinggi 

GIGI

cek seperti mau cabut gigi 

FISIK

- Tangan masuk ke alat di cek tekanan 
- Berbaring napas panjang saat dipasang stethoscope dan lepas. 
- Cek dan ukur tinggi dan berat badan


Biaya Medical Check Up Pelaut di BKKP

Setelah proses pemeriksaan selesai semua dapat Billing pembayaran sebesar 475 ribu lalu  bayar di bank terdekat.
Adapun ketentuan pembayaran tagihan MCU yang tertera di Billing Receipt sebagai berikut:
  1. Pembayaran hanya dapat di lakukan sebelum tanggal kadaluarsa. Jika tanggal kadaluarsa telah tercapai, billing receipt ini tidak berlaku lagi, dan anda diminta mengakses SIMPONI untuk melakukan pengisian data pembayaran kembali.
  2. Cara pembayaran dapat melalui berbagai macam payment channel seperti Over The Counter bank/ pos persepsi, ATM, Internet Banking dan EDC (sesuai dengan fasilitas yang dimiliki oleh bank/ pos persepsi).
  3. Bawalah bukti Pembuatan tagihan (Billing Receipt) ini ke tempat-tempat yang telah disebutkan diatas. Kode referensi untuk pembayaran adalah kode billing sesuai yang tertera di dokumen itu.
  4. Pastikan dokumenb ini atau hasil cetakannya dibawa apabila anda melakukan pembayaran.
  5. Pastikan bahwa data detail pembayaran dalam dokumen ini sama dengan data yg tertera/ tercantum ketika anda akan melakukan pembayaran. Apabila terjadi ketidak cocokkan data, teliti apakah kode billing yang anda masukkan sudah sesuai.
  6. Apabila pembayaran berhasil, anda akan menerima Tanda Bukti Setor atau struk dari Bank atau payment channel. Anda juga akan menerima Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang akan di kirim ke akun SIMPONI dan email anda.
  7. Simpanlah Tanda Bukti Setor/ BPN untuk di pergunakan sebagai mana mestinya.
dan setelah pembayaran berhasil kemudian bawa resi pembayaran dari bank kembali ke bkkp setelah makan siang. Setelah menyerahkan bukti pembayaran dari bank ke pegawai BKKP kita akan menerima kuitansi sebagai bukti untuk pengambilan sertifikat kesehatan nanti dan Surat Keterangan Pemeriksaan Medical Check Up. Di samping itu selain mendapat 2 bukti keterangan di atas, kita juga mendapat resep dokter karena ada beberapa hasil pemeriksaan yang sudah melewati batas normal tetapi masih bisa diterima.

Itulah pengalaman saya saat melakukan Medical Check Up di BKKP Tanjung Priok dan untuk pengambilan Sertifikat Kesehatan Standar Perhubungan akan bisa di ambil 3 hari kemudian atau lebih jika tidak ada halangan menurut info dari BKKP. 

Mudah mudah bermanfaat buat para pengunjung coretan pengalaman diatas, Salam pelaut Jaya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar