--> Skip to main content

Cek Online Medical Check Up Pelaut 2019

Cek Sertifikat Kesehatan Pelaut di Online

Meneruskan artikel sebelumnya Medical Check Up Pelaut, kali ini mengulas ulang cara cek Medical Check Up online yang dulu pernah saya posting: Cek Online Medical Check Up Pelaut, untuk cek MCU / Sertifikat Kesehatan Pelaut Online kali ini sedikit berbeda jika yang terdahulu yang kita input nomor Sertifikat BST tapi kalo untuk sekarang cukup dengan 10 digit kode pelaut yang kita punya.

Untuk cek online MCU Pelaut terbaru tidak terlalu berbeda jauh dengan yang terdahulu untuk step-stepnya:
1. Buka browser lalu masuk ke website bkkp.dephub.go.id atau jika dari blog ini bisa klik menu di (3 strip) di kanan atas, akan muncul navigasi menu dan pilih Cek Sertifikat Kesehatan seperti gambar screenshot di bawah ini :


    Buka menu pilih cek sertifikat kesehtan
    2. setelah klik menu Cek Sertifikat Kesehatan nanti akan di alihkan ke bkkp.dephub.go.id dan di beranda website pilih kotak isian dan masukkan 10 digit kode pelaut kita dan jangan lupa untuk checklist / centang I'm not a robot :
      Masukkan 10 digit kode pelaut dan klik i'm not a robot
    3. Bila sudah input 10 digit kode pelaut dan centang I'm not a robot lanjut klik Cek Sertifikasi (Warna merah), jika kode palaut sudah benar dan telah melakukan MCU di RS / Klinik terdaftar maka akan muncul profil status Sertifikat Kesehatan kita yang terbaru berikut data kita, RS/ Klinik, tanggal pemeriksaan MCU, dan tanggal kadaluarsanya. Gambar di bawah contoh tampilan status sertifikat kesehatan :
      Profil Status sertifikat kesehatan 
    Selain sekedar untuk mengetahui status online sertifikat kesehatan online, bisa juga untuk mengetahui apakah MCU sudah terbit dengan cek online terlebih dahulu setelah sebelumnya telah melakukan MCU di RS / Klinik terdaftar dan bila sudah online kita bisa cek atau mengambil sertifikat di RS/ Klinik dimana kita Check Up.

    Cetakan sertifikat kesehatan pelaut yang terbaru berbeda dengan yang terdahulu, penampakan sertifikat kesehatan pelaut di bawah ini adalah yang terbaru:
    Sertifikat Kesehatan Pelaut Standar Perhubungan
    Sertifikat dalam mode potrait tidak lagi landscape seperti sertifikat yang lama dan di fisik sertifikat tertulis "Sertifikat ini di terbitkan oleh Administrator Maritim dan memenuhi pemeriksaan kesehatan pelaut sesuai dengan ketentuan STCW 1978 beserta amandemennya dan MLC 2006".

    Perbedaan lainnya dari sertfikat lama dengan yang terbaru yaitu di keluaran yang terbaru sudah menggunakan barcode sama seperti sertifikat pelaut lainnya yang terbaru (CoC, CoE dan CoP).

    Dasar dari pembaruan sertifikat pelaut terbaru juga dengan adanya Peraturan Menteri yang terbaru yaitu PM 40 tahun 2019 tentang Pemeriksaan Kesehatan Pelaut, jika ingin mengetahui lebih dalam tentang PM 40 tahun 2019 bisa di searching di google dengan kata kunci PM 40 tahun 2019.

    Demikian tips sederhana cara terbaru cek online MCU pelaut, jika info ini bermanfaat silahkan share dan terimakasih.


    -Salam Pelaut Jaya-
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar