--> Skip to main content

Biaya Revalidasi Sertifikat Pelaut Di BP2IP Tangerang

Revalidasi sertifikat cop di PolTekPel Banten

Dulu saya pernah posting perihal revalidasi certificate of profeciency (COP) di BP2IP Tangerang dan kali ini saya akan berbagi lagi pengalaman revalidasi CoP di PolTekPel Banten nama sekarang dan sebelumnya BP2IP Tangerang.
Baca Juga: Revalidasi CoP di BP2IP Tangerang

Persiapan untuk mengurus revalidasi di PolTekPel Banten cukup mudah dan berikut yang harus dan perlu di Siapkan untuk persyaratan revalidasi sertfikat :
  • Akte lahir (fotocopy)
  • Sertifikat yang akan di revalidasi & fotocopy
  • Foto copy BST
  • Fotocopy EKTP
  • Fotocopy ijasah laut terakhir
  • Foto hitam putih 3x4 
  • Sertifikat Kesehatan
Bila persyaratan diatas sudah siap, lanjut meluncur ke PolTekPel Banten yang beralamat di Jl. Raya No.1, Karang Serang, Sukadiri, Tangerang, Banten.

Langkah-langkah proses revalidasi:
1. Tiba di tujuan (PolTekPel Banten) langsung menuju koperasi di gedung MV. ELNATH di lantai 2 dan melengkapi berkas dari mulai scan dokumen, foto hitam putih, fotocopy warna (biaya kurang lebih Rp. 112. 000, - untuk di uruskan kelengkapan berkas berikut stopmap & formulir revalidasi).
2. Isi formulir daftar periksa berkas dan formulir surat Keaslian Dokumen dan Kesanggupan mengikuti Diklat di Politeknik Pelayaran Banten (bermaterai).
3. Untuk persyaratan surat atau sertifikat kesehatan bisa menggunkan sertifikat kesehatan yang lama dan yg masih berlaku (MCU Perhubungan) walaupun bukan Keluaran PolTekPel Banten dengan syarat sertifikat kesehatan di Fotocopy dan minta pengesahan di poliklinik PolTekPel Banten (di stempel & tanda tangan dokter Poliklinik - gratis).
4. Berkas lengkap, lanjut serahkan berkas  di gedung pendaftaran loket 2 untuk di periksa kelengkapan persyaratan dan keaslian dokumen yang akan di revalidasi, bila sertfikat bukan keluaran PolTekPel Banten maka ada tambahan biaya Rp. 25.000,- per sertifikat untuk keabsahan sertfikat yang akan di revalidasi.
5. Untuk pembayaran keabsahan kembali ke koperasi yg di gedung MV. ELNATH.

6. Kwitansi pembayaran keabsahan fotocopy dan masukkan ke dalam kelengkapan berkas, setor lagi ke Loket 2 dan langkah berikutnya bayar biaya pendaftaran berikut biaya revalidasi dengan rincian sebagai berikut:
  • Biaya pendaftaran Rp. 100.000,-
  • Biaya Revalidasi per sertifikat Rp. 280.000,-
7. Lakukan pembayaran di Bank BTN dekat dengan Loket pendaftaran Jika sudah melakukan pembayaran biaya di atas lanjut untuk Minta surat keterangan revalidasi di loket 5 bila di perlukan karena sertifikat yang di revalidasi akan di tahan di PolTekPel Banten, ini berfungsi sebagai pengganti sertifikat jika kita lebih dulu onboard sebelum sertfikat revalidasi terbit fisiknya.

Bila kawan pelaut ingin mengurus revalidasi di PolTekPel Banten (BP2IP Tangerang), artikel singkat diatas bisa menjadi gambaran dan referensi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar