--> Skip to main content

Kisi-Kisi UKP Keselamatan Pelayaran

KESELAMATAN PELAYARAN UKP/UAD

SOAL : 1
jelaskan tindakan – tindakan tidak aman penyebab utama terjadinya kecelakaan kerja yakni:
a. Bekerja tanpa wewenang adalah:
Jika tidak terpaksa,atau dalam keadaan darurat setiap pekerja dilarang mengerjakan sesuatu yg bukan wewenangnya untuk melakukannya misalnya : menjalankan mesin bubut,mengelas,dan lain lain.
b.Gagal memberi peringatan :
Penempatan tanda – tanda peringatan yg tidak tepat atau terhalang sehingga mereka yg seharusnya mendapat peringatan tidak atau tidak mengetahuinya atau yg melihat rekannya bekerja pada resiko tertentu.
c. Tuliskanlah contoh tindakan tidak aman 
Tersebut :
-Memakai alat keselamatan yg tidak seharusnya atau memenuhi syarat
-Memekai alat yg rusak atau tidak dapat dipakai lagi
-Bekerja di areal yg pentilasi atau penerangannya kurang
-Bekerja di lingkungan atau areal yg tidak nyaman ( sesak,lembab,bising dll )
-Kemungkinan terjadinya bahaya kebakaran/ledakan.
-Kurangnya sarana tanda peringatan.
-Udara mengandung gas beracun debu atau uap.

SOAL : 2
Jelaskan tugas–tugas yg harus di pahami oleh setiap awak kapal untuk pencegahan dan pemadaman kebakaran adalah :
-Mengetahui tugas masing – masing dalam kejadian kebakaran.
-Mengetahui cara-cara dan atau tindakan pencegahan kebakaran.
-Mengetahui alat-alat pengaman atau pecegahan kebakaran seperti safety valves,relief valves,pipa ventilasi tangki-tangki bahan bakar dan balas,inert gas, sekring (fuse) dan pemutus arus(circuit Breaker).
-Mengetahui semua jenis alat pemadam api yg ada di kapal termasuk alat deteksi asap/kebakaran dan mengetahui lekasi dan perinsip kerjanya.
-Mengetahui lokasi penyimpanan dan terampil menggunakan alat pemadam kebakaran.
-Mengetahui tempat-tempat yg rawan kebakaran seperti dapur,kamar mesin,store cat,store bahan kimia dan tempat-tempat larangan merokok.
-Mengetahui jenis tindakan dan pekerjaan atau gerakan yg dapat menimbulkan api/kebakaran(las, membakar ketel, memasak, merokok dan lain-lain).
-Mengetahui bahan-bahan yg mudah terbakar.
-Mengetahui penyebab-penyebab kebakaran secara umum,dan mengetahui tanda-tanda atau gejala timbulnya api seperti asap temperature panas.
-Mengetahui tindakan yg harus di ambil jika melihat api atau kebakaran.
-Mengetahui lokasi dan cara menggunakan alarm dan tanda-tanda peringatan bahaya kebakaran.

SOAL : 3
Jelaskan hal pokok yg harus di lakukan saat bekerja di udara panas adalah :
-Kelembaban tinggi dan panas dapat menyebabkan kelelahan dan sengatan panas pernapasan adalah mekanisme pengontrol panas tubuh terbaik.jika bekerja di tempat demikian di anjurkan minum sedikitnya 4,5liter air dingin (bukan air es) sehari.
-jika bekerja diruang tertutup,harus ada fentilasi cukup, pakaian seringan dan setipis mungkin agar penguapan keringat menjadi banyak dan lancer
-Diaerah tropis, bekerja ditempat terbika dan kena sinar matahari terutama disiang hari,sedapat mungkin dihindari jika terpaksa gunakan pakaian yang melindungi kepala dan badan.
-Jika bekerja di tempat yang amat sangat panas atau kelembaban yang amat tinggi atau harus menggunakan alat pernafasan. - -Istirahatlah di tempat yg ada udara segar. 

SOAL : 4
Jelaskan tindakan yg harus di perhatikan untuk menghindari bahaya semburan balik dari dapur ketel adalah :
-Jangan sampai ada tumpahan minyak di lantai dapur ketel
-Temp.bahan bakar distel sesuai jenis bahan bakar yg di pakai
-Ruang dapur di bilas dulu dengan udara agar bebas dari gas-gas minyak.
-Hanya menggunakan pembakaran atau pemantik api yg di tentukan.
-Hati-hati sewaktu memasukkan api kedalam dapur ketel,jangan berdiri di lubang pembakaran untuk menghindari semburan balik
-Jika api tidak menyala sesudah bahan bakar di masukkan ke pembakar (brander) dapur harus di bilas lagi dgn udara sampai dapur benar-benar bersih dari gas minyak baru di lakukan usaha penyalaan lagi.
-Katup bahan bakar harus benar-benar di tutup rapat jika tidak digunakan.
-Hati-hati jika akan memperbaiki atau mengganti gelas penglihat sebaiknya ketel di matikan dulu dan katup-katupnya di tutup rapat.

SOAL : 5
Jelaskan prinsip-prinsip yg perlu di perhatikan dalam perijinan untuk melakukan pekerjaan yg aman adalah:
-Ijin hanya di berikan untuk pekerjaan yg relefan dan bukan untuk pekerjaan lain walaupun ada kaitannya dan harus di sebutkan jenis pekerjaannya secara tepat dan akurat.
-Waktu batas-batas dan tenggang waktunya di sebutkan dan tidak melebihi 24 jam.
-Pimpinan atau perwira yg menandatangani ijin tersebut harus ikut langsung mengawasi bekerjaan tersebut, setidak-tidaknya memberi tugas kepada orang lain untuk melakukan pengawasan langsung.
-Orang yg melaksanakan pekerjaan tersebut harus ikut menandatangani surat ijin tersebut sebagai bukti bahwa hal-hal yg tercantum di dalamnya sudah mengerti dan akan taat untuk melaksanakan apa yg di tetapkan dlm ijin tersebut.
-Sewaktu-waktu selama pekerjaan di laksanakan surat ijin menyimpang atau yg membahayakan jika pekerjaan di teruskan.
-Setelah selesai di laksanakan harus di buat laporan secara tertulis kepada yg bertanggung jawab dan surat ijin dapat di batalkan.

SOAL : 6
A)  jelaskan penyebab umum terjadinya tindakan tidak  aman (Unsafe acts) adalah:
-Bekerja tanpa wewenang
-Gagal memberi peringatan
-Bekerja dgn kecepatan yg salah
-Menyebabkan alat pelindung tidak berfungsi
-Bekerja tanpa alat keselamatan
-Menggunakan alat yg rusak
-Menggunakan alat secara tidak benar
-Melanggar peraturan keselamatan kerja
-Bergurau di tempat kerja
-Mabuk ngantuk dll.
B.)Jelaskan usaha yg di lakukan unsur manusia untuk memperbaiki tindakan tidak aman adalah
a. Dari segi kemampuan :
-Prinsip the night man in the night job sehinggga tugas dapat terlaksana dengan baik dan target tercapai.
-Uji keselamatan sebelum di terima sebagai pekerja.
-Uji keselamatan secara berkala (tahunan,bulanan dsbnya)
-Pemilihan jabatan dan posisi yg sesuai
-Pengamatan terhadap keterbatasan phisik
-Sistim pembinaan pekerja secara terus
menerus (pendidikan,pelatihan,jenjang karir dll)
b. Dari segi keamanan :
-Pemberian motivasi
-Pemberian contoh dari pimpinan/pengawas/pejabat terkait
-Komunikasi
-Low en forcoment dan program rewerd and awerd yang tepat dan adil
c. Dari segi mental :
-Timbul terutama akibat ketegangan kerja (Stress) sehingga emosi /marah akibat kelemahan mental. 

SOAL : 7
a)Jelaskan isi dari rancangan anti perompakan adalah:
-Adanya regu pengamat khusus yang dilengkapi dengan lampu sorot dan alat-alat deteksi lainnya.
-Daftar tindakan-tindakan respon demi awak kapal untuk mempertahankan diri,kapal dan muatannya.
-Bagaimana meminimalkan kemungkinan hilangnya muatan atau harta lain di kapal.
-Bagaimana menjaga keselamatan penumpang dan awak kapal.
-Bagaimana menjalankan presedur komunikasi radio dan sistim alarm.
-Membuat laporan sesudah atau selama terjadi serangan/perompakan.
b)Tuliskan tindaka-tindakan pencegahan yg di lakukan terhadap perompakan di kapal adalah :
-Selalu waspada dan mencurigai setiap orang atau kapal yg tidak dikenal yg berusaha mendekat
-Jaga terus menerus selama 24 jam sehari sampai dianggap aman.
-Memperkuat penjagaan dimalam hari.
-Menutup rapat jalan masuk ke kapal.
-Menyiagakan radio VHF dan menjalin kontak antara awak kpl serta antar kapal dengan kapan lain disekitarnya dan pihak otorita
-Menempatkan radio UHF jauh dari kamar nahkoda yg biasanya jadi sasaran utama perompak.
-Menyiapkan lampu untuk penerangan untuk dek dan sekitar kpl.
-Alat pemadam kebakaran di siapkan untuk mencega orang yg di curigai naik ke kpl.
-Mengurangi kemungkinan barang /alat kpl yg berharga hilang.
-Menyiapkan ruang khusus yg aman untuk awak kpl,terutama dimana jumlah perompak sangat banyak dan tidak mungkin dilawan,sebagai tempat berlindung dan bertahan.
-Jika pada akhirnya perompak berhasil naik ke kpl tidak di anjurkan untuk melawan mereka turuti saja apapun perintah mereka walaupun akan di perlakukan kasar demi menghindari korban jiwa.

SOAL : 8
Jelaskan element terpenting keberhasilan diatas kapal :
JAWAB :
- Klasifikasi kegiatan pelayaran
- Pengenalan bahaya dan resiko terhadap orang
- Memutuskan apakah resikonya masih dapat di tolerir
- Persiapan tindakan pencegahan (jika perlu)
- Tinjauan ulang rancangan tindakan yang akan diambil.

SOAL : 9
Jelaskan hal pokok  yg harus di perhatikan pada saat bekerja pada ketinggian yg berbahaya adalah :
-Pekerja di bawah umur 18 dan/atau berpengalaman kurang dari 12 bulan, sebaiknya tidak di beri pekerjaan di ketinggian kecuali di temani dan di bawah pengawasan ketat.
-Mereka yg bekerja di ketinggian (di atas 2 meter harus menggunakan sabuk pengaman dan tali penyelamat).
-Jika tidak dlm keadaan darurat tidak di benarkan bekerja bergantung di lambung kapal.
-Sebelum bekerja di samping suling kapal, sumber tenaga suling harus di matikan dulu dan di berikan tanda peringatan di anjungan dan di kamr mesin dan sedapat mungkin mengurangi emunisi gas uap dllnya.
-Sebelum bekerja di dekat cerobong harus memberitahu masinis jaga.
-Jika bekerja di dekat antenna radio,harus di informasikan ke pengguna radio dan di beri tanda peringatan.
-Di kamar radio jika bekerja di sekitar scanner radio,radarnya harus di isolasi dulu.
-Pekerjaan di ketinggian di sekitar muatan sebaiknya di hindari kecuali jika sangat penting dan harus ekstra hati-hati dan mengurangi resiko sebaik mungkin.
-Setelah pekerjaan-pekarjaan seperti di sebutkan di atas selesai ,orang/pengawas yg berkaitan di beritahu dan tanda-tanda peringatan di singkirkan.
-Peralatan kerja harus di simpan di tempat aman dan di jaga jangan sampai jatuh dan menimpah orang di bawahnya.

SOAL : 10
A).Jelaskan prosedur memasuki ruangan tertutup adalah:
a. Orang yg berkompeten harus menilai risiko terhadap ruangan tersebut dan menunjuk seorang perwira yg bertanggung jawab untuk melaksanakan pekerjaan yg akan di lakukan.
b.Harus di cari potensi bahaya yg mungkin akan muncul.
c.Ruangan di siapkan dan di amankan agar tidak ada yg rusak.
d.Udara di dalam ruangan di tes kandungannya.
e.Aturan “ijin untuk bekerja “ harus di berlakukan.
f.Di buat prosedur sebelum dan selama memasuki ruangan di maksud.
B).Tuliskan dan jelaskan jenis-jenis bahaya dalam ruang tertutup adalah :
a. Kekurangan oksigen.
-Jika tangki kosong atau ruangan tertutup lain sudah di tutup beberapa lama,maka kandungan oksigennya akan berkurang yg di sebabkan antara lain oleh :
-Timbulnya karat (reaksi antara besi dan oksigen)
-Bahan kimia yg dapat menyerap oksigen.
-Hidrogen yg timbul akibat katodik pelindung di tangki muatan yg di gunakan untuk balas atau oksigen ygterdorong akibat gas lembam yg di masukkan ke tangki atau ruangan.
b. Muatan minyak beracun
Gas hidrokarbon mudah terbakar sekali gus beracun dan muncul dlm tangki bahan bakar dan muatan yg berisi minyak mentah atau hasil produknya.Gas ini juga dapat timbul di ruang pompa dan koperdam
c.Zat-zat beracun
Berikut adalah beberapa sat yg di angggap berbahaya:
-Muatan yg di bawa kpl pengangkut kimia atau gas sebagian besar beracun
-Selalu ada kemungkinan bocor dapa drum atau kemasan bahan kimia dari muatan berbahaya yg dapat terjadi akibat salah penanganan/penempatan atau rusak akibat cuaca buruk.
-Kandungan-kandungan gas lembam(inert gas)seperti CO,SO2.NO dll.sangat berbahaya.
-Campuran minyak sayur dan binatang atau kotoran orang dengan air laut akan membuat lepasnya lindungan sulfide yg sangat beracun.
-Pembersihan dgn bahan kimia pengecatan atau perbaikan lapisan tangki dapat melibatkan bebasnya uap/gas yg melarut
d. Zat yg mudah terbakar dan lain –lain.
-Uap/gas yg mudah terbakar akan selalu ada di dalam tangki muatan atau tangki lain yg berisi minyak bersih atau muatan kimia dan gas.
-Perlu di ingat bahwa walaupun biasanya udara yg tercemar masuk melalui pernapasan sebagai zat kimia dapat terisap melalui kulit.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar