--> Skip to main content

NERACA PANAS

NERACA PANAS

Neraca panas merupakan tabel presentase dari panas yang dirubah menjadi kerja berguna dan panas yang tidak berguna
Uraiannya sebagai berikut :

Suhu yang dihasilkan dari pembakaran dalam silinder adalah 1200 °c s/d 1600 °c
Radiasi panas banyakdiserap dinding silinder
Harus diberikan pendinginan secara terus menerus
Jika tidak dilakukan maka akan terjadi pembakaran pada minyak pelumas dan bb kehilangan kekuatan.

Grafik neraca panas motor diesel dan turbin uap

Contoh :
NeracaPanasdarisuatu motor diesel 2 takdenganpengabutantekan :
a.Panasikut air pendingin…20 %
b.Panasikut gas buang……..31 %
c.Panasperubahanmenjadiusahadalampembilasan……5 %
d.Panasdirubahmenjadiusahagesekan….3 %
e.Panasseluruhnyadaripembakaranbahan-bakar……100 %
Neraca Panas motor diesel
Neraca Panas Turbin Uap dengan ketel

MOTOR TEKANAN MENENGAH
1. Awalnyapada motor initekananakhirkompresinyadibuat ± 7 kgf / cm².
2.Pengabutan bahan bakarnya sangat sedikit dan cepat
3. Suhu pembakaran sangat rendah
4.Akhirnya jumlah bahan bakar tidak terpenuhi

DENGAN DEMIKIAN DIBUATLAH PERALATAN YG DAPAT:
•Menguapkan minyak yg disemprotkan
•Pembakaran terhadap kabutan minyak sangat cepat
•Menggunakan kepala pijar
    
Diagram Tekanandan Volume Motor tekanan menengah
Diagram motor dengan tekanan menengah

Diagram di atas merupakan gambaran dari gerakan piston dan pembakaran dalam silinder motor

LANGKAH KEATAS ( KE TMA )
- XY, merupakan garis atmosfer
- Selama kompresi udara naik sampai 7 kgf/Cm2. (padatitik F)
- Sebelum TMA terjadi penyemprotan bb sehingga terjadi pembakaran yg belum sempurna.
- Piston terus bergerak ke TMA sehingga terjadi percampuran yang sempurna antara bb dengan udara yg panas dan terjadilah pembakaran yang lebih sempurna. (padatitik A) dengan tekanan 18 kgf /cm².
- Motor ini merupakan jenis motor explosi

LANGKAH KEBAWAH ( KE TMB )
- Gas melakukan Expansi (langkahkerja titik B)
- Piston membuka lubang pembuangan sampai (titik D)
- Pintu pemasukan dan pembilasan terbuka
- Terjadilah pembilasan udara
- Tekanan turun sampai 3 s/d 2 kgf/cm².

JENIS MOTOR TEKANAN MENENGAH
Motor dengan tekanan menengah Kromhot

Motor Kromhout dengan garis tengah silinder 300 mm, dan panjang langkah piston 310 mm. Putaran 350/menit, menghasilkan 40 tke, tekanan rata-rata efektifadalah 2.32 kgf/cm². dan kecepatan piston rata-rata adalah 3.6 m/det, tekanan akhir kompresi 18 kgf/cm², tekanan pembakaran tertinggi 24 kgf/cm², pemakaian bahan bakar pada pembebanan penuh adalah 265 gf setiap tke/jam.


PENYALAAN DAN PEMBAKARAN PADA MOTOR DIESEL
1.Penyalaan pada motor diesel tergantung pada panasnya udara pembakaran yg telah dikompresikan
2.Tekanan akhir kompresi paling rendah harus 28 kgf/cm², atau sedikit lebih tinggi ± 33 kgf/cm².
3.Suhu yang dapat dicapai sebesar 490 °C dan 530 °C
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar