--> Skip to main content

Rancangan Pelayaran 4

Rancangan Pelayaran soal jawab

1).Dalam pelayaran kapal akan merubah haluan dari ke 45ºjika suar yg terletak di pulau A dibaring tepat dilambung kanan pada jarak 5 mill
a.Jelaskan kapan merubah haluan (WOP) tunjukkan dgn gambar

Sebelum tiba di WP kemudi disimpangkan ke kanan & disesuaikan dengan kecepatan , dan panjang kapal agar kapal tetap berada di haluan
b.Jika lalu lintas ramai tindakan berjaga2 yg harus dilakukan:
-Pengamatan keliling
-Kecepatan aman
-mesin siap untuk olah gerak
-kemudi otomatis dipindahkan ke manual
-Adakan komunikasi antar kapal melalui VHF
-Radar dalam keadaan ON

2).Untuk keselamatan kapal waktu melayari alur sempit, perlu dilakukan Parallel index Tracking dengan bantuan radar
a. Parallel index
-adalah suatu metode yg digunakan untuk memeriksa secara terus menerus diradar dari pergerakan kapal yg mengikuti track/lintasan yg telah direncanakan navigator, garis lintasan dibuat dengan bantuan dari suatu benda darat melintang kearah haluan dengan jarak tertentu.
-Atau merupakan suatu cara yg akan menentukan suatu metode di radar untuk memeriksa apakah kapal berada pada haluan yg aman untuk melewati objek/benda tetap (yang berada dihaluan yg akan dilewati pada jarak yg di inginkan).
b. cara pembuatan parallel index  dengan memonitor. Dibuat/tarik suatu index melalui echo di radar dari suatu objek tetap yg menyinggung lingkaran jarak variable(VRM). Yg besarnya sama dengan jarak yg diinginkan.
c. Tunjukan dengan gambar.
Dibuat/tarik suatu index melalui echo di radar dari suatu objek tetap yg menyinggung lingkaran jarak variable(VRM). Yg besarnya sama dengan jarak yg diinginkan.

d. parallel index tidak menentukan posisi fix. Cara ini tidak akan mengganti atau meniadakan perlunya penentuan posisi secara fix di peta interval waktu yg teratur.

3).a. Automatic Identification System (AIS) alat yg digunakan untuk mendeteksi kapal lain secara otomatis diamana kapal lain tsb harus mempunyai AIS (dalam keadaan ON)
Data yg didapat :
-Nama & call sign (MMSI)
-Posisi (Lintang/bujur)
-Haluan/kecepatan/jarak (max range 24 mill)
-Ship particular & jenis kapal
 b. Leading Lights (ketika masuk/ keluar perairan) Garis penuntun yg sering ditunjukan dipeta2 yg merupakan garis track untuk diikuti, & untuk memastikan bahwa kapal telah bebas dari bahaya dengan mengamati penuntun dalam satu garis. Maka navigator dapat menjamin bahwa kapal berada dalam track yg direncanakan.
c. Wind Rose (dalam pilot chart) Suatu symbol pada pilot chart yg menunjukan arah & kekuatan angin. Dimana merupakan suatu pedoman yg terdapat dalam peta petunjuk (terdiri dari 12 lembaran lepas yg masing2 untuk tiap bulan) yg umumnya memberikan data2 cuaca tiap bulan tsb yg dibuat berdasarkan data2 tahunan sebelumnya.

4).Ketika sedang berlayar ditengah laut malam hari dengan HS = 090º tiba2 tepat dihaluan nampak sebuah pelampung suar Qk Fl.
a. Tanda pelampung suar ini adalah cardinal utara sesuai dengan iramanya Qk Fl (cerlang cepat) dengan cerlang 50 – 60 / menit
b. Tindakan yg perlu dilakukan adalah melewati sisi utara dari tanda cardinal tsb dengan meletakannya disisi lambung kanan.

5).Terangkan dengan singkat pengertian data didlm NTM berikut ini
a. * P (preliminary)
suatu perubahan atau koreksi terhadap peta dimana koreksi tersebut sifatnya sedang dilaksanakan / berlangsung & tetap, misalnya: pengembangan suatu pelabuhan, penempatan atau   pemisahan pipa/kabel bawah laut.
b. * T ( temporary ) : 
suatu koreksi terhadap peta dimana sifat koreksi tsb adalah sementara, misalnya : daerah latihan perang, penempatan buoy2 pembatas dari suatu reklamasi, & operasi pengerukan (biasanya ditulis dg pensil)
c. Navigational Warning adalah berisi peringatan2 navigasi penting bagi kapal yg berlayar pada daerah/wilayah, dimana peringatan navigasi dipancarkan melalui:
- stasiun radio pantai
- inmarsat C
- Navtex
Manfaatnya :
Kita dapat mengetahui bahaya2 bagi kapal bila melewati daerah yg berbahaya bagi kapal, misalnya :
- suar padam
- lampu buoy padam pada alur sempit
- adanya kerangka kapal.

6).Sebagai navigator, anda diminta menyiapkan peta2 laut & publikasi, untuk pelayaran Indonesia-Eropa melalui terusan Suez:
a. Cara menetapkan peta laut yg akan digunakan:
-Dapat mencarinya dalam Catalog Chart dimana Terdapat nomor2 peta BA sesuai dengan route yg Akan dilalui.
-Peta diurut dari tempat tolak sampai tempat tujuan
-Peta yg akan digunakan sudah dikoreksi 
-Sampai NTM yang terakhir.
b. Jika dalam pelayaran tsb akan singgah dijibouty & malta bagaimana cara anda mendapatkan data pelabuhan tsb:
-Kita dapat mendaptkanya di guide to port entry juga di saiing direction/kepanduan bahari.
-Untuk mendapatkan keterangan mengenai pasang surut dapat dilihat di Admiraty tide table.

7).Kapal akan berlayar dari cape town ke new york dengan lingkaran besar(great circle) 
a. Jelaskan Cara anda mengukur jarak dipeta proyeksi gnomonic antara 2 tempat tsb:
Kita dapat menggunakan rumus: Cos a =cos(lt 1- lt 2) – CosLt 1 x CosLt2 x Sin V Δ Bujur.
b. Terangkan mengapa lengkungan lingkaran besar selalu menghadap ke katulistiwa.
-Karena lingkaran besar membelah bumi menjadi 2 bagian yg sama besar yaitu U & S
-Pada Khatulistiwa jauh = Simp
-1ºΔ bu = 1º ltg
c  .Buktikan bahwa berlayar dgn lingkaran besar akan memperoleh jarak terpendek.


Dalam Δ bola  ABC ∩ AC+∩BC>∩AB
Dalam Δ bola  ADC & CEB
                       AD + DC > AC
                       CE  + EB > CB
∩AD+∩DC+∩CE+∩EB= >∩AC+∩CB
 Jadi juga  >∩AB

                   
Artikel sebelumnya : Rancangan Pelayaran 3               
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar