Rancangan Pelayaran soal jawab
1).Data2 apakah yangg dapat anda peroleh pada buku/ publikasi berikut ini:
a. Ocean passage for the world,
-Keterangan2 & perhatian yang berhubungan dengan Route2 pelayaran di laut (Route samudera) Bagi Kapal sesuai dengan kekuatan mesin kapal tsb yg dapat dikategorikan:
➡️High power vessel: kecepatan ≥14 knots
➡️Medium power vessel: kecepatan > dari 11< 14 knot
➡️Low power vessel: Kec < 11 knots.
Yang dianjurkan route2 pelayaran samudra pada Musim tertentu. Peta angin, arus, dr berbagai Tempat di dunia.
b. Pilot chart
memberikan data2 cuaca terdiri dari 12 lembar yang masing2 untuk tiap bulan, keterangan2 yg terdapat pada pilot chart.
-Isobar untuk bulan yg bersangkutan
-Isogonic
-Isoterm
-Arah & kekuatan angina
-Persentasi hujan
-Arah & kec arus
-Pembagian daerah cuaca.
c. Admiralty tide table
-perkiraan air pasang & surut untuk standard port
-Tidal stream table
-Non harmonic data
-Harmonic Constan
-Harmonic constant for tidal stream.
d. Navigational Warning.
Berisi peringatan2 navigasi penting bagi kapal yg berlayar pd daerah/wilayah dimana peringatan navigasi dipancarkan melalui :
-Stasiun Radio Pantai
-Inmarsat –C ( EGC )
-Navtex
Manfaatnya, kita dapat mengetahui bahaya2 bagi kapal bila melewati daerah yg berbahaya, misal :
- Suar Padam
- Bouy padam pada alur sempit
- adanya kerangka kapal dan lain-lain
e. sailing direction a/ Berisi petunjuk2 bagi kapal apabila memasuki wilayah/daerah pelayaran.
2).Ada kemungkinan kapal membatalkan rancangan pelayaran(aborts) mengapa demikian:
-Kerusakan mesin
-Instrumen navigasi rusak
-Cuaca buruk dlm perairan sempit atau
-memasuki TSS
-Situasi diyakini apabila berlayar terus akan Berbahaya.
3).Yang dimaksud dengan SQUAT adalah; penyebab dari penurunan yg sejajar & penambahan draft yg besarnya tergantung dari bentuk kapal, kecepatan, kedalaman alur & lebar alur.
Hal2 yg harus diperhatikan nakhoda & perwira kapal adalah ;
-Besarnya penambahan sarat yang terjadi.
-Mengurangi kecepatan.
-kondisi kapal seperti; bentuk kapal, kecepatan kapal, kedalaman & lebar alur pelayaran
Rumus2 untuk menghitung besarnya squat;
- Channel 2 Cb x V2
100 (meter)
- Open water 2 Cb x V2
100 (meter)
Cb = Coefisien block
V = Kecepatan kpl
4).Dalam system pelampungan I.A.L.A
a.Bahaya terpencil adalah; suatu tanda yg didirikan atau dilabuhkan diatas sebuah bahaya terpencil yg mempunyai perairan yg dapat dilayari.
-Tanda puncak 2 bola bersusun tegak
-Warna; hitam dengan satu atau lebih jalur
-Merah lebar mendatar.
-Bentuk; menara atau batang Suar; warna putih,
-Lama;cerlang dalam kelompok Gp.Fl.(2)
b. System ini menggunakan 5 macam tanda yg bisa dipakai secara gabungan yaitu;
✔️Tanda lateral; dipakai dlm hubunganya dengan arah pelayaran convensional. Umumnya untuk membatasi alur2 yg baik yaitu sisi lambung kiri & kanan dari jalur yg harus diikuti.
✔️Tanda Kardinal; dipakai dalam hubungannya dengan kompas pelaut yg mana menunjukkan alur pelayaran yg aman.
✔️Tanda bahaya terpencil; menunjukkan suatu tanda yg didirikan diatas sebuah bahaya terpencil yang mempunyai perairan yang aman/ dapat dilayari disekelilingnya.
✔️Tanda peraiaran aman; menunjukkan disitu terdapat perairan aman disekelilingnya ( mis; tanda2 pemisah ).
✔️Tanda2 bahaya khusus; menunjukkan/ menyatakan daerah didalam dokmen nautis.
5).a.Sebutkan beberapa tahap secara berurutan dalam menyusun rancangan pelayaran?
1.Tahap persiapan : Kumpulkan data tentang : Kapal, alat Bantu navigasi, alat Bantu komunikasi, mesin, informasi tentang navigasi & informasi tentang route.
2.Tahap pemilihan route : dengan mempertimbangkan factor dari dalam & luar kapal akan dipilih : Ocean atau coastal navigasi
3.Tahap perencanaan navigasi :
✔️Ocean Navigation, Informasi utama yg perlu diperhatikan:
-Ocean passage for the world
-Routering chart
-Tidal stream atlase
-Meteorological & Oceanografi
-data, wheater & ice forcast
-Loadline chart
✔️Coastal Navigasi, informasi utama yg perlu diperhatikan adalah :
- Peta yg up to date
- Sailing direction & pilot book
- Tide table
- List of light
- Sistem penentuan yg akurat
- Alat Bantu penentuan yg ckp
- Sistem pelaporan ke otoritas setempat
4.Tahap pelaksanaan & monitoring :
-Periksa selalu agar posisi tetap berada di garis haluan
-Perhatikan pengaruh arus & angin
-Waspadai bahaya navigasi di sekitar garis haluan
-Perhatikan minimum UKC
-Selalu berjalan dgn safe speed
-Perhitungkan pertambahan sarat akibat Squat list
-Jika perlu pergunakan metode parallel index
-Perhatikan bridge note book
-Perhatikan master order
-Jika ada penyimpangan dr rencana, catat & beritahukan anggota bridge team
b.Tahap2 diatas yg mana yg melakukan kegiatan analisa route & apa tujuannya
-Tahap pemilihan route tujuannya utk memperkecil adanya resiko
-tubrukan antara kapal di daerah yg padat lalu lintasnya
-Menjaga agar kpl menjauhi lingkungan laut yg sensitive
-Untuk memperkecil resiko kandas di daerah perairan dangkal
-Mempertimbangkan factor2 dr dlm & luar kpl yg akan dipilih yaitu ocean navigation & coastal navigation
c.Salah satu stage (tindakan/langkah) dlm menyusun rancangan pelayaran (passage planning):
Apraisal, kegiatan yg dilakukan oleh navigator dalam hal ini adalah:
-memilih peta & catalog peta
-memilih terbitan navigasi
-koreksi terhadap peta & terbitan navigasi menjadi up to date, jika perlu pesan peta atau terbitan navigasi yg baru.
-Mempertimbangkan keadaan kpl
-Menyiapkan informasi yg dipandang perlu dijadikan advice & recomendasi pada route yg dipilih
-Mempertimbangkan cuaca dalam route yg dilewati
-Mempersiapkan utk pelabuhan tiba.
d.stages lainya yg menyusul stages appraisal lainnya:
-planning stages
-exution stages
-monitoring stages
e.Dalam proses navigasi ada beberapa tipe / fase navigasi yg akan dialami navigator
Sebutkan tipe / fase navigasi itu
1.Ocean navigation serta informasi yg di perlukan
-Ocean passage for the world.
-Routine chart.
-Tide stream / atlase.
-Meteorogical and oceanographic and ice forecast.
-Load line chart.
-System penentuan posisi.
2. Coastal navigation serta informasi yg diperlukan :
-Peta yg up to date.
-Sailing direction and pilot books
-Tide table .
-List of light.
-System penentuan posisi yg akurat.
-Alat Bantu penentuan posisi yg cukup.
-System pelaporan ke otoritas setempat.
f.Kwalitas & kwantitas persyaratan navigasi apa yg membedakan masing2 type / fase diatas
1. Berlayar di coastal navigation :
-Menggunakan peta dgn skala besar.
-Perhatikan minimum UKC.
-Selalu berlayar dgn safe speed.
-Perhitungkan pertambahan sarat akibat squat
-Jika perlu pergunakan methode parallel I index
2. Berlayar di ocean navigation :
-Menggunakan peta dgn skala kecil.
-Perhatikan lintang tinggi yg akan dilalui vertex
-Pelajari peta2 arus sesuai musimnya.
-Perhatikan daerah2 yg dilalui es.
g.Jelaskan apa yg dimaksud dgn kwalitas & kwantitas persyaratan navigati itu.
-Kwalitas ialah mutu dari tiap2 mark alat2 navigasi atau navigasi equpt.yg digunakan dikpl dimana satu sama lain berbeda2.
-Kwantitas adalah jumlah dari alat2 navigasi yg akan dipergunakan di kapal.
h.Sebutkan beberapa aspek (paling sedikit 10) yg satu sama lain saling berpengaruh yg hrs dipertimbangkan dlm analisa route, Untuk memilih route yg tepat.
-Besarnya persingkatan
-Arus dan alur yg akan dilalui.
-Angin dan prosentasi badai
-Ketebalan kabut
-Batas2 yg dilalui gunung2 es.
-Peralatan Navigasi Yg tersedia.
-Stabilitas kapal.
-Capasitas BBM dan air tawar.
-Peta2 great circle yg di lalui.
-Pilot chart/routing chart.
6).NAVIGASI COASTAL WATERS :
a.Tentukan nilai computed visibility suar Gp. F1 (3) W 15 sec 100m 24M, dimana kpl anda yg mempunyai tinggi 9 mtr diatas air. Jelaskan jawaban anda dgn perhitungan.
Jarak geografis (d) = 2.08 (√H+√h)
= 2.08 ( √ 9 + √ 100 )
= 2.08 ( 3 + 10 )
= 2.08 x 13 = 27.04 mil
Jarak geografis : 27.04 mil.
Jarak dipeta : 24.0 mil
Dikatakan strong light/penerangan yg kuat dimana jarak geografis > jarak dipeta (27.04 > 24).
b.Jelaskan arti tingkatan tersebut disertai gambar prilaku suar tsb !
Suar Gp.FL (3) W 15sec 100m 24M artinya Grup suar memiliki cerlang putih sebanyak 3 x dlm interval 15 detik. Suar tsb memiliki ketinggia konstruksi 100mtr dr permukaan laut serta jarak tanpak lampoon suar pd cuaca cerah adalah 24 mil.
Sebelumnya : Rancangan Pelayaran 4