--> Skip to main content

Perawatan dan perbaikan

Perawatan dan Perbaikan Mesin

1).Sebuah motor 2 tak dengan 6 silinder,hasil deflection yang diambil daftar dibawah ini.Dial gauge reading dalam 1/100mm:
                          nomor silinder
I.Poros engkol  1   2   3   4   5   6
  x                     0   0   0   0   0   0
  p                     5   2   6  -8  -3   1
  t                     10  3  12-14 -8 -4
  s                     5   3   6    -8 -6  3
  y                     2   2  -2    0   0 -2

II. b= (x+y)/2   ..  ...   ...   ...  ..  ....
III. Vertical mis aligment (t-b)  ...  ...  ...  ...  ...  ...
IV. Horizontal mis aligment (p-s) ...  ...  ...  ... ...  ...
V. 
a. Harap diisi kolom II, III, IV ?
b. Berdasarkan data-data tersebut diatas, diminta anda menganalisa bantalan duduk yang mana terletak terlalu tinggi atau terlalu rendah dari garis sumbu standard dengan penjelasannya secukupnya?
jawab:
b.
Data diatas menunjukkan bahwa main bearing No. 5 terlalu tinggi dari garis sumbu standard.

2)a.Apa tujuannya kita mengukur megger test ,misalnya generatior AC?
b.Bagaimana cara anda mengukur megger test tersebut?
c.Apabila hasil megger test terlalu rendah /tidak memenuhi persyaratan,uraikan bagaimana caranya menaikkan harga megger test?
Jawab :
a.Tujuan kita mengukur megger test, misalnya generator AC untuk adanya hubungan antara lilitan medan magnet dengan ground atau masa.

b.Cara mengukur megger test yaitu dengan menggnakan alat yang disebut megger tester.
Megger test di stel pada ukuran yang dikehendaki misalnya 10 m ohm atau 1 m ohm.
Kabel positif pada megger test disambungkan terhadap salah satu ujung dari lilitan medan magnet dan kabel negative disambungkan ke badan generator. Bila jarum megger test tidak bergerak ke kanan berarti tidak ada kebocoran medan magnet berarti tidak ada hubungan singkat antara lilitan medan magnet dng ground, berarti generator dalam keadaan baik, bila jarum pd megger test bergerak ke kanan menunjuk angka nol, berarti ada hubungan antara lilitan medan magnet dengan ground, atau biasa disebut dng kontak badan dan ini harus dihindarkan.

c.Bila hasil megger test terlalu rendah / tidak memenuhi persyaratan harga megger test harus dinaikkan yaitu dng cara :
- Membersihkan kotoran-kotoran yg ada disekitar stator dan rotor daripada generator tsb dengan memakai electric  cleaner. Setelah kering kotoran-kotoran tadi disemprot dengan udara bertekanan (blow up) setelah selesai diblow up kembali dimegger test, maka hasilnya akan naik atau memenhi persyaratan.


3).Dalam merawat ketel uap kapal pada saat sertifikasi ketel  uap mati,anda harus mengadakan test terhadap ketel uap anda yaitu :
a)Test dalam keadaan dingin
b)Test dalam keadaan panas
Jelaskan secara rinci cara anda melaksanakan test dalam keadaan dingin ketel uap masih kerja dengan tekanan kerja yang diizinkan 20 kg/cm². Dan setelah selesai test keadaan dingin hasilnya baik ketel uap Tidak pecah (meledak).
Jelaskan pula secara rinci cara anda membakar pertama ketel uap setelah test dingin sampai test keadaan panas. Dengan tekanan berapakah anda mengetest keadaan dingin dan dengan tekanan berapakah anda mengetest keadaan panas?
Jawab :
a.Cara melaksanakan test dalam keadaan dingin adalah :
Ketel diisi dengan air sanpai full selanjutnya dengan pompa tangan dilakukan tekanan atau dikempa. Tekanan dinaikkan secara pelan-pelan sampai tekanan kempa yang telah ditentukan.
Besarnya tekanan kempa dilihat dari gambar konstruksi,pada prinsipnya adalah:
P kempa > P kerja
P kempa = 1,2 x P kerja.
Pengujian kempa ini dimaksudkan untuk menguji kelaikan konstruksi.Selama pengujian ini tidak boleh terjadi perubahan bentuk.

b.Cara melakukan test dalam keadaan panas adalah : Ketel dalam keadaan operasi, semua katup uap keluar ditutup,kecuali katup untuk pompa pengisiaan air ketel.Bila bekerja dengan baik maka katup keamanan harus membuka setelah melewati batas tekanan kerja ketel.Tekanan katup tidak boleh melebihi 15%dari tekanan kerja dengan katup keamanan terbuka.Pengujian ini untuk mengetahui apakah saluran pemasukan dan pengeluaran dari katup keamanan cukup luas/besar untuk mengalirkan uap yang ,maksimal.
Keadaan katup keamanan selama pengujian:
•Ppegas > Puap : Katup menutup
•Ppegas = Puap : Katup melayang
•Ppegas uap naik katup terangkat
•Ppegas < Puap : Katup terangkat



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar